2 Cara Convert PDF ke Word dengan Mudah dan Cepat, Tanpa Bantuan Aplikasi!

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format file yang diciptakan oleh Adobe System, Inc. File jenis ini sangat populer dan biasanya berbentuk ebook karena mudah di akses dengan berbagai aplikasi gratis.

PDF itu sering digunakan untuk membuat document agar tulisan yang ada di dalamnya tidak berantakan. Berbeda dengan file berjenis Word, yang isinya akan berantakan bila dibuka dengan Microsoft Word dengan versi yang beda. Anda cuku menggunakan PDF Reader untuk membuka file PDF tersebut.

Tentu kamu pernah mendownload suatu dokumen PDF, tapi kamu tidak bisa copy-paste isi pdf tersebut. Kamu juga bingung bagaimana mengotak-atik isi file pdf tersebut karena PDF sangat berbeda dengan Word yang bisa di edit kapanpun kita ingin.

2 Cara Convert File PDF ke Word

Nah, Anda pasti bingung bagaimana cara convert file PDF ke Word. Memangnya bisa? Sangat bisa! Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah file PDF menjadi Word, yaitu dengan menggunakan tool online dan software.

1. Menggunakan Tool Online

Cara pertama untuk convert sebuah pdf bisa menggunakan Tool Online. Berikut cara menggunakan beserta gambarnya.

1. Buka iLovePDF melalui browser kalian. Klik disini untuk mengakses tool online tersebut.

2. Setelah halaman iLovePDF terbuka, pilih menu PDF to WORD. Perhatikan gambar di bawah ini.cara convert file PDF ke Word

3. Kemudian, masukkan file pdf yang dengan cara klik Select PDF file atau drop pdf ke dalam halaman tersebut.

2-select file

4. Pilih file PDF yang akan di convert, kemudian klik Open.3-open

5. Setelah file tersebut berhasil di upload, jangan lupa klik Convert to Word pada bagian bawah halaman tersebut.cara convert file PDF ke Word dengan cepat

6. Tunggu hingga convert tersebut selesai. Jika sudah, Anda akan disuruh download file Word yang telah di konversi. 5-download

7. Selesai! Anda bisa melihat hasil unduhannya di folder Downloads pada laptop Anda. File PDF tadi telah berubah menjadi dokumen Word.

6-hasil

2. Menggunakan Software

1. Download dan install aplikasi UniPdf. Klik disini.

2. Buka aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, drag and drop file pdf ke dalam aplikasi tersebut.

1-drag file

3. Kemudian, pilih type file yang akan di convert. Karena kita akan convert pdf ke word, maka kita pilih Word. Klik Convert.

cara convert PDF ke Word

4. Setelahnya, pilih lokasi tempat menyimpan file tersebut dengan cara klik custom lalu select. Jangan lupa klik OK.

3-custom-ok

5. Tunggu hingga proses convert selesai. Setelah selesai, muncul pop-up dialog yang akan meminta Anda untuk membuka file tersebut atau lokasi file tersebut. Jika ingin melihat lokasi file tersebut. Klik Open output file.

4-open output file

6. Selesai! Anda bisa melihat file tersebut telah berubah menjadi Word.

cara convert file PDF ke Word

Bagaimana, mudah bukan? Begitulah cara convert file PDF ke Word. Sekarang Anda bisa mencobanya sendiri di laptop masing-masing. Jika Anda ingin menghemat memori laptop, disarakankan untuk memakai tool online yang bisa di akses di browser.

Anda tidak harus mendownload dan install software tersebut karena tool tersebut sudah cukup memadai untuk Anda melakukan konversi file. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend