Bagaimana Cara Backup SMS di Android? Yuk Disimak Tutorialnya!

Kini hampir semua jenis data pada smartphone/android dapat kita backup ke cloud. Namun data seperti pesan teks tetap hilang bila kita melakukan factory reset. Jika pesan di aplikasi chatting bisa di-backup dengan mudah, pesan SMS sebetulnya juga bisa demikian.

Kamu pasti ingin menyimpan/backup pesan teks ataupun SMS pada ponsel android kamu, selain karena pilihan keamanan atau jika anda memiliki pesan rahasia. Dan juga kamu ingin membersihkan pesan teks yang bisa mencapai ratusan, tapi kamu tidak ingin menghapusnya. Nah, jika kamu pengguna Android yang mengalami permasalahan tersebut, dan ingin memiliki backup dari pesan teks atau SMS, Atikel ini sangat cocok untuk kamu baca.

Pada artike kali ini saya akan menjelaskan tutorial mengenai Cara Backup SMS ke Google Drive di Android. Nantinya SMS yang tersimpan di Google drive juga bisa di restore kembali ke smartphone.

Di Android sendiri sudah banyak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan backup dan menyimpan SMS. Namun untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan aplikasi sederhana yang bernama SMS Backup & Restore yang mana bisa kamu unduh secara gratis di Google Play.

Cara Backup SMS di Android

Banyak aplikasi mobile, tips mau pun trik yang bertebaran di dunia maya tentang cara untuk melakukan backup pada SMS dan panggilan telepon untuk platform Android.

Mulai dari yang dilakukan secara manual dengan susah payah oleh kita sendiri, hingga menggunakan aplikasi-aplikasi mobile. Nah disini saya merekomendasikan menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore dari Carbonit. Berikut langkah-langakh mem-backup SMS menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore.

Aplikasi SMS Backup & Restore adalah aplikasi yang sangat populer yang dikembangkan oleh Carbonite. Langkah Untuk Mem-backup SMS di Android menggunakan Aplikasi Backup & Restore.

1. Pertama, download dan install aplikasi SMS Backup & Restore dari Carbonite lewat Google Play Store di Hp Android kamu.

2. Setelah aplikasi SMS Backup & Restore sudah terinstall di perangkat Hp Android kamu, buka aplikasi tersebut. Seperti contoh pada gambar.

Cara Backup SMS di Android

3. Setelah membuka aplikasi SMS Backup & Restore, pilih/sentuh menu opsi yang bersimbol garis 3 berada pada atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

pilih menu opsi

4. Kemudia di menu opsi pilih Back Up Now, seperti contoh pada gambar.

Cara Backup SMS di Android

5. Kemudia pilih Backup Location, lokasi backup SMS kamu dimana, disini saya memilih Google Drive sebagai tempat penyimpanan backup SMS saya. Kemudian sentuh Back Up, seperti contoh pada gambar.

sentuh Back up

6. Kemudian tunggu hingga proses Backup selesai, seperti contoh pada gambar.

proses backup sms

7. Nah jika proses backup selesai maka, sms sudah ter backup di Google Drive kamu.

Cara Backup SMS di Android

8. Kamupun bisa melakukan restore dengan tool pada aplikasi mobile yang sama jika file tersebut tetap berada di memori. Dengan cara pilih/sentuh menu opsi yang bersimbol garis tiga berada pada kiri atas, lalu pilih Restore. Seperti contoh pada gambar.

pilih menu restore

9. Kemudian sentuh Restore, seperti contoh pada gambar.

sentuh restore

10. Jika muncul seperti gambar di bawah, sentuh OK dan Ya. Seperti contoh pada gambar.

sentuh ok sentuh ya

11. Kemudian Tunggu hingga proses Restoring selesai, seperti contoh pada gambar.

proses restore

12. Jika tampilan Restore Completed muncul, maka SMS sudah selesai di restore. Dan sentuh Close Seperti contoh pada gambar.

restore completed

Selesai, Mudah bukan? Meski pengguna smartphone atau android sudah beralih ke aplikasi chattingpesan teks alias SMS, ternyata masih dianggap penting. Tak sedikit yang menilai kehadiran SMS masih membantu komunikasi pengguna dalam kegiatan sehari-hari. Demikianlah cara backup SMS di Android ke Google Drive. Selamat mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply