3 Cara Backup Aplikasi Android dengan Sangat Mudah, Yuk Dicoba!

Backup merupakan suatu hal penting bagi pengguna android. Bagaimana tidak? Setiap orang pasti memiliki data-data penting pada ponselnya. Dengan melakukan backup, maka kita akan meminimalisir terjadinya kehilangan data seperti foto, SMS, kontak  bahkan alikasi sekalipun.

Nah, pernah suatu waktu jika Anda tidak ingin kehilangan data yang ada pada media sosial seperti LINE, tentu di dalam Line akan banyak data penting atau chat yang mempunyai kenangan tersendiri bagi penerimanya. Oleh karena itum backup aplikasi ini sangat penting. Mau tau caranya? Yuk simak penjelasan cara backup aplikasi Android berikut ini.

3 Cara Backup Aplikasi Android

1. Aplikasi Apk Backup and Restore

Berikut cara menggunakan aplikasi Apk Backup and Restore pada Android.

1. Download dan install aplikasi Apk Backup and Restore pada Android Anda. Izinkan seluruh akses yang ada untuk masuk ke perangkat Anda. Klik Allow.

cara backup aplikasi Android

2. Pada tab Backup, pilih aplikasi yang ingin Anda backup. Klik aplikasi tersebut sehingga muncul beberapa opsi. Pilih backup.2-backup

3. Tunggu hingga proses backup selesai.3-tunggu

4. Jika Anda ingin menginstall kembali, klik tab Restore. Kemudian, pilih aplikasi yang akan diinstall kembali. Akan muncul beberapa opsi seperti gambar dibawah ini. Klik Restore.

cara backup aplikasi Android - klik tab Restore

2. Super Backup & Restore

Berikut cara menggunakan aplikasi Super Backup & Restore pada Android.

1. Buka aplikasi tersebut dan pilih tab Apps untuk backup aplikasi.

apps

2. Pada tab installed terdapat aplikasi apa saja yang pernah Anda install. Kemudian, pilih salah satu aplikasi yang ingin di backup. Centang checkbox disamping aplikasi tersebut. Lalu, klik tombol backup yang berada di paling bawah aplikasi tersebut.

1-pilih app-backup

3. Nantinya aplikasi yang sudah di backup akan masuk ke tab archived. Untuk restore aplikasi tersebut, Anda bisa klik checkbox pada aplikasi tersebut, kemudian akan muncul beberapa perintah. Silahkan klik install.

cara backup aplikasi Android

4. Anda juga bisa backup pesan, caranya seperti ini.

  • Klik icon SMS yang berada di menu home.

sms

  • Klik Allow, untuk mengizinkan Super Backup mengirim dan melihat pesan.

allow sms

  • Untuk backup seluruh SMS, klik Backup All. Jika ingin backup hanya beberapa percakapan, Anda bisa klik backup conversations. Pesan yang terlalu penting, Anda bisa juga mengamankannya di cloud.

6-backup sms

Begitu juga jika Anda ingin backup seluruh kontak yang ada di ponsel.

3. App / SMS / Contact – Backup & Restore

Berikut cara menggunakan aplikasi App / SMS / Contact – Backup & Restore pada Android.

1. Pada bagian apps, Anda akan melihat seluruh aplikasi yang telah di installl sebelumnya.

1-apps

2. Pilih aplikasi yang akan di backup dengan klik checkbox hingga berubah menjadi ceklis.  Kemudian, pilih Anda ingin menyimpannya backup di memori ponsel atau Google Drive. Klik Backup.

2-centang aplikasi-backup3. Nantinya, aplikasi yang telah di backup akan tersimpan pada tab archived. Kemudian, klik restore.

3-restore

4. Pada tab Google Drive, Anda juga bisa menyimpan filenya disini. Klik add account, untuk menambahkan akun google Anda.

4-gdrive-pilih akun

5. Pilih akun google yang akan Anda gunakan.

5-klik akun

6. Klik allow, untuk mengizinkan App Backup & Restore untuk mengakses Google Drive.

6-allow

7. Nah, dengan begitu aplikasi tadi bisa Anda simpan di Google Drive.

7-simpan di gdrive

8. Anda juga bisa menyimpan data personal seperti, kontak, panggilan dan SMS. Klik tanda panah kebawah yang berada di atas. Pilih tab personal, kemudian klik backup.

8-backup personal

9. Anda juga bisa mengirim aplikasi dengan mengklik menu toogle yang berada di sudut kiri atas. Kemudian, pilih send.

10-send

10.  Setelahnya, Anda akan diarahkan ke tempat aplikasi yang pernah di install. Kemudian, centang aplikasi yang akan dikirim, lalu klik tombol send. Perhatikan gambar di bawah ini.

9-centang-kirim

 

11. Begitu juga jika ingin menerima aplikasi dari ponsel lain. Anda bisa klik pada bagian receive.

11-receive

Sama halnya seperti SHAREit, untuk menggunakan fitur send-receive, kedua ponsel harus mempunyai aplikasi SHAREit terlebih dahulu. Dengan begitu mengirim dan menerima file akan menjadi lebih mudah.

Nah, begitulah cara backup aplikasi Android dengan mudah. Sekarang Anda tidakperlu khawatir jikalau data atau aplikasi kalian begitu penting, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi di atas. Jika data yang begitu penting seperti dokumen, Anda juga bisa mem-backup data tersebut via Google Drive. Dengan begitu data Anda bisa aman dan tidak takut lagi jika sewaktu-waktu smartphone Anda bermasalah. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply