10 Cara Mengetahui Xiaomi Asli atau Palsu yang Paling Akurat

Xiaomi adalah brand smartphone paling laris dari sejak awal kemunculannya. Perusahaan elektronik swasta milik Tiongkok ini berkantor pusat di Beijing dan berdedikasi tinggi untuk menciptakan pengalaman pengguna menggunakan smartphone dari segala aspek.

Produk ini sangat populer di kalangan anak muda, karena smartphone ini memiliki spesifikasi yang tinggi tetapi dengan harga yang miring. Mengapa bisa begitu ? karena Xiaomi berprinsip memiliki keuntungan sedikit tetapi hasil penjualannya yang banyak.

Dengan keuntungan yang sedikit ini, tidak lantas membuat Xiaomi menjadi rugi. Karena sedikit demi sedikit jika produk yang terjual banyak maka Xiaomi akan memiliki untung yang sangat besar.

Metode ini cukup berhasil, karena banyak orang yang menggunakan produk Xiaomi pada saat ini. Maka dari itu, Xiaomi memiliki fans yang cukup banyak di Indonesia.

Cara Mengetahui Xiaomi Asli atau Palsu

Seiring dengan kepopuleran yang di berhasil diraih oleh Xiaomi, maka semakin banyak pula oknum-oknum pembuat smartphone Xiaomi KW atau palsu. Hal ini sangat merugikan masyarakat karena sering terkecoh dengan hadirnya Xiaomi KW.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, dibawah ini ada beberapa cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu :

1. Cek IMEI pada Xiaomi

begini cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu

Image : Smeaker

Cara pertama yang wajib kamu coba untuk mengetahui Xiaomi palsu atau asli yaitu dengan mengecek IMEI yang terdapat pada smartphone Xiaomi. Banyak cara untuk mengecek IMEI pada handphone Xiaomi.

Tetapi disini saya akan menunjukkan cara yang paling sederhana yaitu dengan mengetikkan *#06# pada keyboard kamu.  Jika sudah maka muncul IMEI pada smartphone Xiaomi anda.

Perlu diingat, jika smartphone Xiaomi anda mendukung dual Sim Card, maka IMEI yang muncul pada Xiaomi juga ganda. Jika tidak muncul sama sekali, bisa jadi smartphone Xiaomi kam itu palsu.

2. Mengetes Kode Rahasia Xiaomi

kode rahasia

Image : bincangandroid

Xiaomi memiliki kode rahasia untuk smartphonenya yang berguna untuk mengecek keaslian dari smartphone Xiaomi sekaligus untuk mengecek kerusakan yang ada pada smartphone tersebut. Kamu cukup menekan dial *#*#64663#*#* pada menu telepon.

3. Cek Melalui Situs Mi Verification

Mi verification

Image : MIUI

Cara paling mudah untuk mengecek smartphone Xiaomi asli atau palsu yaitu dengan cara mengeceknya melalui situs Mi Verification. Kamu dapat mengakses situs tersebut dengan menggunakan browser yang ada di PC ataupun perangkat mobile.

Sebelumnya kamu harus mendownload file aplikasi yang ada di website tersebut. Lalu kamu install agar kamu dapat mengecek keaslian dari smartphone Xiaomi milikmu. Setelah itu kamu bisa kembali lagi ke Mi Verification. Dan sebaiknya kamu menggunakan PC atau laptop.

Lalu kamu dapat menscan QR code yang ada di website tersebut. Setelah itu, situs tersebut akan menampikan informasi mengenai keaslian smartphone Xiaomi-mu. Cukup mudah, bukan ?

4. Perhatikan Google PlayStore Terlebih Dahulu

playstore

Image : techcrunch

PlayStore merupakan layanan digital milik Google yang melingkupi beberapa produk seperti musik/lagu, permainan, buku, aplikasi, maupun cloud. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi android yang bernama PlayStore.

Baca Juga: Cara Download Play Store yang Terhapus / Tidak Terpasang

Kamu juga dapat mengetahui keaslian dari sebuah produk Xiaomi dengan membuka PlayStore, karena pada PlayStore di smartphone Xiaomi palsu tidak dapat berfungsi atau tidak dapat dibuka. Tidak seperti smartphone Xiaomi asli yang dapat berfungsi dan digunakan.

5. Cek Baterai Xiaomi

cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu untuk pemula

Image : tokopedia

Cara selanjutnya yaitu kamu dapat mengecek baterai pada smartphone XIaomi. Biasanya baterai yang tampak berwarna oranye pada baterai Xiaomi biasanya smartphone tersebut asli.

Itu disebabkan karena smartphone Xiaomi memang menggunakan warna beserta desain baterai yang menjadi ciri khas mereka. Sebaliknya, apabila baterai pada smartphone Xiaomi-mu berwarna lain, kemungkinan besar perangkat smartphone tersebut fake atau palsu.

Dan juga, kamu harus mengecek kapasitas baterai yang tertera pada smartphone tersebut dan dengan informasi yang di dapat dari internet. Jika cocok maka kamu tidak perlu meragukan keaslian dari Xiaomi kamu.

6. Mengecek pada Mi Recovery

mi recovery

Image : Androlinx

Kamu dapat mengakses Mi Recovery  dengan smartphone Xiaomi, cara ini dapat juga untuk mengetahui apakah Xiaomi kamu asli atau fake. Caranya sangat mudah yaitu :

  • Kamu dapat melakukan akses Mi Recovery pada saat handphone kamu mati.
  • Kemudian kamu harus menekan volume up dan power pada saat yang bersamaan.
  • Pastikan saat kamu sedang mengakses menu ini akan muncul tampilan kelinci Mi yang tengah mengoperasikan mascot robot Android. Dan setelah itu akan muncul pilihan bahasa seperti Inggris dan China.

Nah, jika ketika kamu mengakses Mi Recovery tidak melewati proses pilihan bahasa, kamu perlu meragukan keaslian dari smartphone Xiaomi-mu.

7. Cek Garansi Pada Smartphone Xiaomi

Garansi

Image : elpas story

Kehadiran garansi pada sebuah handphone menjadi hal yang sangat penting, karena dengan adanya garansi, pengguna bisa mendapatkan gantinya jika ternyata handphone tersebut terjadi masalah yang berasal dari pabrik.

Begitu juga dengan Xiaomi, Xiaomi asli akan memberikan kamu garansi minimal 1 tahun untuk meyakinkan konsumen mereka ketika membeli produk-produk mereka. Lain hal dengan Xiaomi palsu, biasanya mereka memberikan garansi yang cukup cepat (dibawah satu tahun).

8. Cek ROM MIUI

cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu

Image : file magz

Cara lainnya untuk mengetahui Xiaomi asli yaitu dengan mengecek versi system operasi. Dan biasanya smartphone Xiaomi menggunakan MIUI. MIUI sendiri memiliki kepanjangan Mobile Internet User Interface, tetapi di Indonesia sering disebut dengan Xiaomi User Interface.

MIUI ini juga dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok yaitu Xiaomi untuk melengkapi User Interface dari system android yang ada di produk mereka. Dengan mengecek MIUI kamu bisa menilai apakah Xiaomi tersebut asli atau palsu.

Baca Juga: 5 Cara Screenshot di HP Xiaomi dengan Mudah

Caranya sangat mudah, yaitu jika Xiaomi kamu tidak mendapatkan MIUI yang versi stabil atau MIUI yang dipakai masih versi beta, maka Xiaomi tersebut dicurigai sebagai Xiaomi palsu.

Untuk mengeceknya kamu bisa masuk ke Setting lalu klik About Phone, dan lihatlah versi MIUI yang ada di handphonemu.

9. Perhatikan Kapasitas RAM

Kapasitas RAM

Image : technobuffalo

Dikarenakan Xiaomi yang sekarang memiliki banyak penggemar dan mereka lebih mengutamakan kualitas dari produknya, kamu dapat melihat palsu atau tidaknya Xiaomi dari kapasitas RAM-nya.

Kapasitan RAM dari Xiaomi saat ini sangatlah bertambah pesat, contohnya saja Xiaomi saat ini telah mendukung RAM berkapasitas 6 GB. Dan kapasitas RAM terkecil dari Xiaomi adalah 1 GB, itu pun tipe Xiaomi yang lama.

Jadi jika kamu menemukan handphone Xiaomi yang memiliki kapasitas RAM dibawah dari spesifikasi handphone tersebut, dapat dipastikan handphone tersebut palsu.

10. Cek Fisik Dari Xiaomi

cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu

Image : Gadgetren

Yang terakhir yaitu kamu dapat mengecek fisik dari handphone Xiaomi-mu, hal ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu melihat bagian belakang dari casing Xiaomi saja.

Pada Xiaomi asli akan menampilkan sertifikasi replacement, kode keamanan dan garansi dari Xiaomi. Sedangkan pada Xiaomi palsu bagian belakangnya akan terlihat blur.

Dan dengan tidak adanya sertifikasi dan kode keamanan dari Xiaomi maka handphone tersebut juga merupakan handphone palsu. Itulah 10 cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu. Dan semoga artikel cara mengetahui Xiaomi asli atau palsu ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu, ya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend