Tutorial Cara Rename Banyak File dan Folder Sekaligus di Android

Bagaimana Cara Rename Banyak File dan Folder Sekaligus di Android? Bisakah kita Mengubah Nama File dan Folder Sekaligus di Android? jawabannya tentu bisa. Yang pasti kamu membutuhkan aplikasi file manajer untuk hal yang satu ini.

Dan biasanya aplikasi ini telah ada sebagai aplikasi utama di sebuah perangkat Android. Namun apabila kamu tidak mendapati aplikasi ini, kamu bisa menggunakan apliaksi ES File Explore untuk memudahkan anda dalam melakukan atau merubah nama file, folder atau bahkan ekstensi file. Berikut langkah – langkah nya :

Cara Rename Banyak File Sekaligus di Android

1. Pertama, download dan install aplikasi Es File Explore di Hp Android kamu menggunakan Google Play Store.

2. Jika aplikas Es File Explore sudah terinstall di perangkat Hp Android kamu, buka aplikasi tersebut. Seperti contoh pada gambar.

Cara Rename Banyak File Sekaligus di Android

3. Kemudian pilih letak penyimpanan file yang ingin di ubah namanya.

4. Kemudian pilih file yang ingin ubah nama filenya sekaligus, degan cara sentuh lama pada salah satu file kemudian sentuh file-file lainnya. Dan sentuh/pilih menu Rename/Namai Ulang yang terletak di bagian bawah samping menu Hapus. Seperti contoh pada gambar.

Cara Rename Banyak File Sekaligus di Android

 

5. Kemudian beri nama baru pada file yang akan di ubah namanya. Ada dua jenis penamaan pada ES File Explore, pertama (nama baru + nomor), kedua (nama baru+ nama lama). Kemudian klik OK Seperti contoh pada gambar, disini saya mencontohkan membuat nama baru file dengan (nama baru + nomor).

beri nama baru pada file

6. Nah selesai, sekarang lihat pada file yang tadi kamu ubah namanya. Sudah berubah kan? Lihat contoh pada gambar.

Cara Rename Banyak File Sekaligus di Android

 

Rename Banyak Folder Sekaligus di Android

Cara Rename Folder di Es File Explore itu tidak beda nya dengan rename file, caranya sama. Tetapi agar lebih jelas saya tetap memberi tahu satu persatu langkah-langkah nya.

1. Pertama, download dan install aplikasi Es File Explore di Hp Android kamu menggunakan Google Play Store.

2. Jika aplikasi Es File Explore sudah terinstall di perangkat Hp Android kamu, buka aplikasi tersebut. Seperti contoh pada gambar.

buka aplikasi es file explore

3. Kemudian pilih letak penyimpanan folder yang ingin di ubah namanya.

4. Kemudian pilih folder yang ingin ubah nama filenya sekaligus, degan cara sentuh lama pada salah satu folder kemudian sentuh folder lainnya. Dan sentuh/pilih menu Rename/Namai Ulang yang terletak di bagian bawah samping menu Hapus. Seperti contoh pada gambar.

ubah nama foder

5. Kemudian beri nama baru pada folder yang akan di ubah namanya. Ada dua jenis penamaan pada ES File Explore, pertama (nama baru + nomor), kedua (nama baru+ nama lama). Kemudian klik OK Seperti contoh pada gambar, disini saya mencontohkan membuat nama baru folder dengan (nama baru + nomor).

beri nama baru folder

6. Kemudian pilih letak penyimpanan untuk folder baru, sentuh/pilih Pilih. Seperti contoh pada gambar.

pilih penyimpanan folder

7. Terakhir, pilih/sentuh Pilih yang berada pada bagian bawah kanan, seperti contoh pada gambar.

senth Pilih

Penjelasan dari maksud 2 jenis penamaan pada ES File Explore.

Opsi Penamaan 1: Kamu dapat memasukan nama baru dan nomor awal. Misalnya, jika kamu meletakan nama baru sebagai gambar lalu kamu Start Number, maka file kamu secara otomatis akan diubah namanya menjadi gambar1, gambar2 dan seterusnya.

Opsi Penamaan 2: Kamu dapat memasukan nama baru yang akan ditambahkan sebagai awalan untuk nama file asli. Misalnya, jika kamu meletakan nama baru sebagai gambar dan nama file teman-teman adalah pic1 dan pic2. File kamu akan diganti namanya menjadi gambarpic1 dan gambarpic2.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah langkah-langakah bagaimana cara Rename File dan Folder Sekaligus di Android menggunakan aplikasi ES File Explore. Semoga artikel ini bermamfaat bagi teman-teman semua. Selamat Mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply