Begini Cara Mengcopy file PDF ke Word yang Terkunci Tanpa Ribet

Pernah nggak sih kamu nemuin file PDF yang isinya nggak bisa di-copy? Dan jadi bingung karna file tesebut tidak bisa digunakan.

PDF merupakan sebuah format dokumen yang dibuat pada tahun 1993 oleh Adobe Systems. Format jenis PDF biasanya digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, citra, huruf, dan grafik vektor dua dimensi.

Namun sayang, tulisan dan kalimat yang terdapat pada file pdf sering kali tidak bisa di copy-paste untuk tujuan edukasi, pekerjaan, analisa, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan sebagian besar pembuat file pdf ingin mematenkan hak cipta mereka agar tidak bisa ditiru orang lain.

Cara Mengcopy File PDF ke Word yang Terkunci

PDF (Portable Document Format) adalah salah satu format dokumen yang biasanya hanya dapat dibuka menggunakan media Adobe Reader, browser, atau software sejenis lainnya. Format PDF pun banyak digunakan oleh instansi perusahaan sebagai salah satu format dokumen elektronik, dan juga kerap digunakan untuk mengemas buku menjadi ebook.

Kelebihan dari file pdf sendiri adalah dari segi tampilan yang dinamis serta banyak fitur lain yang menunjang dan memudahkan pekerjaan penggunannya. Berikut cara untuk membuka kunci ataupun agar file PDF bisa di copy:

Cara 1 Menggunakan Unlock-pdf

Unlock-pdf adalah salah satu situs untuk membuka file PDF yang terkunci dengan cara online, caranya sangat mudah.

1. Pertama buka situs unlock-pdf.com

2. Kemudian klik Choose File, untuk mengupload file pdf yang terkunci. Lihat contoh pada gambar. cara copy file pdf yang terkunci

3. Kemudian pilih file yang ingin kamu buka kuncinya. Lihat contoh pada gambar. cara copy file pdf yang terkunci

4. Lalu klik Unlock File. Lihat contoh pada gambar. cara copy file pdf yang terkunci

5. Maka secara otomatis file PDF yang tadi ingin kamu buka kuncinya akan terdownload. Tunggu download-annya selesai maka file yang tadi tidak bisa dicopy sekarang sudah bisa di copy.

Cara 2 Menggunakan Mozilla Firefox

Cara ini tidak perlu repot-repot lagi mengupload seperti yang dilakukan di atas. Hanya membuka file yang terkunci (secured) dengan menggunakan Mozilla Firefox, nanti file akan berbentuk .docx di firefox. Di saat itu isi dari dkoumen dapat di copy dengan baik.

1. Pertama, klik kana pada file PDF yang terkunci. Kemudian pilih Open With lalu pilih Firefox. Lihat contoh pada gambar. Cara Mengcopy file PDF ke Word yang Terkunci

2. Maka fle tersebut akan terbuka di Mozilla.

3. Kemudian drag isi file lalu klik kanan kemudian Copy. Lihat contoh pada gambar. cara copy file pdf yang terkunci

Jika kamu tidak ingin mengcopy isi file PDF di Mozilla Firefox, kamu juga dapat menyimpan file PDF tersebut dengan cara menggunakan PrimoPDF. Caranya:

1. Install dulu software PrimoPDF. 

2. Setelah software PrimoPDF terinstall, buka kembali Mozilla Firefox.

3. Kemudian klik ikon Print kemudian pilih PrimoPDF, lalu klik OK. Lihat contoh pada gambar. cara copy file pdf yang terkunci

4. Tunggu beberapa saat hingga sampai PrimoPDF muncul.

5. Kemudian klik eBook dan klik Create PDF. Lihat contoh pada gambar. Cara Mengcopy file PDF ke Word yang Terkunci

Jadi begitulah cara untuk membuka file PDF yang terkunci atau terproteksi ataupun cara agar file PDF yang terkunci bisa di copy. Setelah membuka kunci dari PDF, sekarang kamu bisa mengcopy-paste, print dan sebagainya.

Dengan cara ini kamu bisa menghemat waktu ketika sedang membuat makalah, skripsi, dan sebagainya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengatasi masalah jika kamu mendapatkan file PDF yang terkunci atau tidak bisa dicopy. Selamat mencoba dan Terima Kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend