Pengertian Input dan Output pada Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Ketika belajar mengenai komputer pasti kita akan bertemu dengan istilah input output pada komputer, istilah ini mengacu pada proses yang terjadi pada mikroprosesor dimana biasanya secara akademis istilah input output lebih di kenal dengan I/O. Namun sudahkah anda benar-benar mengetahui tentang input output?, Pada kesempatan kali ini akan membahas dan mengulas secara lengkap mengenai pengertian input dan output pada komputer.

Secara umum kita bisa mengetahui apa saja perangkat input output pada komputer, beberapa perangkat tersebut yang sering kita jumpai antara lain seperti keyboard, mouse, monitor, scanner, touchpad, joystick, printer dan lain sebagainya. Perangkat yang di sebutkan tadi tidak akan berjalan tanpa adanya sebuah komponen komputer yang di sematkan sebuah program untuk mengatur jalanya input dan output dengan multitasking tanpa terjadinya tabrakan atau crash. Berikut di bawah ini pengertian input dan output pada komputer.

Pengertian Input dan Output

Pada pembahasan kali ini kita mengacu pada dua kata yaitu input dan output. Dua kata tersebut memiliki fungsi yang sama namun berbeda maknanya, fungsinya sama-sama jalur data, sedangkan maknanya adalah jika input bertujuan untuk jalur masuknya data, dan output adalah jalur untuk keluarnya data, untuk lebih lengkapnya mengenai input dan output dapat anda baca pada pembahasan di bawah ini:

Pengertian Input di Komputer

Input pada komputer adalah sebuah proses di mana perangkat tambahan akan terhubung melalui port yang tersedia kemudian akan mentransfer data dari luar untuk masuk dan di olah mikroprosesor yang nantinya akan di tampilkan pada perangkat output. Pada proses dari input ke ouput ada sebuah proses utama dimana data yang masuk akan di olah secara digital sehingga akan memudahkan kita sebagai pengguna komputer untuk menggunakan data tersebut.

Pengertian Input dan Output

Pengertian Input dan Output pada Komputer

Secara umum fungsi dari input akan berhubungan dengan perangkat inputnya, sehingga sebelum masuk ke fungsi input pada prosesor akan harus ada perangkat input yang berguna untuk mengambil data dari luar komputer, data tersebut bisa berupa dokumen, data grafis, maupun data audio video. Perangkat untuk mengambil data tersebut seperti scanner, kamera, microfon dan lain sebaginya.

Pengertian Output di Komputer

Output adalah sebuah proses dimana perangkat output akan menampilkan data yang telah di oleh secara digital oleh mikroprosesor, data tersebut di ambil dari perangkat input yang pertama mangambil data. Proses output tersebut seperti monitor yang menampilkan grafik user interface, printer yang mencetak sebuah dokumen atau data script lainnya.

Pengertian Input dan Output

Pengertian Input dan Output pada Komputer

Sama seperti input, output juga membutuhkan perangkat output untuk mengambil data sebelum di proses pada prosesor, perangkat output berguna untuk menampilkan data ke pengguna yang berupa tampilan gambar, suara, maupun hasil cetakan dokumen. Perangkat untuk menampilkan data tersebut antara lain seperti monitor, speaker, printer dan lain sebagainya.

Perangkat Input dan Output

Seperti yang sudah di sebutkan pada pembahasan di atas, bahwa proses input dan output tidak akan lepas dengan yang namanya perangkat input dan output itu sendiri. Karena proses pengambilan data harus menggunakan bantuan perangkat tambahan. Berikut di bawah ini adalah berbagai macam perangkat input dan output di sertai dengan cara fungsi dan cara kerjanya.

1. Mouse

Perangkat mouse adalahs sebuah perangkat masukan yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan dari tangan pengguna komputer untuk mengendalikan pointer yang ada di layar, mouse terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah track ball dan kedua adalah mouse optic, dahulu track ball sangat populer di kalangan pengguna komputer, namun sekarang yang lebih banyak di gunakan oleh pengguna komputer adalah jenis mouse optic, karena lebih responsive.

2. Touchpad

Fungsi touchpad sebenarnya sama seperti fungsi dari mouse komputer, yaitu untuk mendeteksi pergerakan tangan atau jari untuk menjalankan atau mengendalikan pointer yang ada di layar monitor. Namun yang membuat touchpad berbeda dengan mouse adalah perangkatnya atau detektornya. Jika mouse mendeteksi pergerakan jari atau tangan dengan menggunakan track ball atau optic, maka touchpad mendeteksi pergerakan menggunakan bidang sentuhan, touchpad biasanya tersedia pada laptop komputer.

3. Keyboard

Perangkat masukan lainya adalah keyboard yang berfungsi untuk media input data untuk menjalankan berbagai macam fungsi pada komputer, keyboard tertanam algoritma dan fugnsi sederhana yang mampu menyusun fungsi-fungsi yang lebih rumit ketika kumpulan teks tersusun. Saat ini untuk koneksi keyboard terdiri dari dua jenis, yaitu keyboard kabel dan nirkabel atau yang menggunakan jaringan bluetooth. Namun jika anda pernah melihat sebuah komputer yang hanya terdiri dari layar sentuh saja, maka di sana ada sebuah keyboard yang berbentuk virtual, namun memiliki fungsi yang sama.

4. Monitor

Jika pada pembahasan perangkat sebelumnya adalah perangkat input, maka kali ini adalah perangkat output, yaitu monitor. Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan data baik berupa teks, gambar, maupun video. Konsep monitor dahulu hanya bisa menampilkan data DOS karena sistem operasi yang ada baru mengenal DOS. Namun sekarang sudah ada konsep GUI dimana pengguna lebih di mudahkan dalam mengoperasikan komputernya, karena fungsi dan pengolahan data di tampilkan dengan gambar.

Nah itulah berbagai macam penjelasan mengenai pengertian input dan output pada komputer dan berbagai macam perangkat input dan output. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa membedakan apa yang di maksud dengan proses input dan output serta contoh dari perangkat input dan output. Sehingga anda menjadi lebih paham bagaimana cara kerja dari berbagai macam perangkat yang terhubung pada komputer anda.

Leave a Reply

Send this to a friend