Pengertian Touchpad Beserta Fungsi dan Cara Kerja Touchpad pada Laptop

Touchpad pada laptop merupakan perangkat yang tidak akan terpisah, karena secara fungsional Touchpad menjadi bagian penting dari perangkat laptop, tanpa adanya Touchpad laptop akan sedikit sulit untuk digunakan, walaupun masih bisa menggunakan mouse. Apalagi bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Touchpad ketika menggunakan laptop, pasti akan sedikit risih ketika menggunakan mouse. Secara fungsional sebenarnya Touchpad sama dengan mouse, hanya saja bentuk dan cara kerjanya sedikit berbeda.

pengertian Touchpad

Touchpad bisa di bilang sebagai pengganti mouse yang saat ini telah banyak di gunakan oleh pengguna komputer, terutama laptop, tapi bukan berarti selain laptop tidak menggunakan Touchpad, banyak juga komputer biasa yang menggunakan Touchpad, seperti Touchpad portable yang menggunakan Touchpad kabel, biasanya Touchpad seperti ini digunakan oleh pengguna yang bekerja untuk bidang-bidang tertentu, seperti penulis, desainer dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini adalah pengertian Touchpad.

Pengertian Touchpad

Touchpad adalah sebuah perangkat keras yang masuk dalam kategori perangkat input, Touchpad terdiri dari papan dengan permukaan yang dilapisi dengan sensor khusus yang mampu untuk mendeteksi gerakan jari, gerakan jari ini nantinya akan direkam oleh sensor pada Touchpad untuk di terjemahkan menjadi bahasa perintah khusus untuk menjalankan fungsi yang menjalankan pointer pada layar komputer atau laptop. Touchpad secara fungsi digunakan untuk menggantikan fungsi mouse yang membutuhkan space atau ruang gerak yang kecil, khusus untuk anda yang memiliki ruang gerak sedikit.

pengertian Touchpad adalah

Touchpad memberikan bantuan secara khusus bagi pengguna komputer yang menggunakan fungsi mouse secara berlebihan. Karena Touchpad memiliki ruang atau papan yang tergolong cocok untuk gerakan jari, maka kadang orang yang terbiasa menggunakan Touchpad akan kesulitan untuk menggunakan mouse, demikian juga sebaliknya, orang atau pengguna komputer yang terbiasa menggunakan mouse maka ketika pertama kali menggunakan Touchpad akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah mengetahui pengertian Touchpad, berikut di bawah ini adalah fungsi dari Touchpad.

Fungsi Touchpad

Jika berbicara mengenai fungsi dari Touchpad sendiri tidak akan terlepas dari yang namanya mouse, karena fungsi dari Touchpad sama dengan mouse yaitu untuk mengendalikan pointer yang tampil di layar monitor, namun kemunculan dari Touchpad tidak terlepas dari ide luar biasa untuk menciptakan komputer portable yang bisa di bawa berpindah tempat, apalagi saat ini komputer tergolong barang yang besar dan memiliki bobot yang cukup berat jika di bandingkan dengan komputer jaman sekarang.

fungsi Touchpad

Ide kemunculan Touchpad di prakarsai oleh Alan Kay dari Xeroc untuk menciptakan komputer yang bisa di pindah-pindahkan tanpa bergantung dengan yang namanya energi tetap, artinya ada sebuah perangkat penyimpanan daya yang bisa menjamin keberlangsungan penggunaan dari komputer, kemunculan ide ini terjadi pada tahun 1970, sejak saat ini ide ini terus dikembangkan untuk memunculkan berbagai macam teknologi yang berkaitan dengan komputer portable, terutama ide untuk menggantikan fungsi dan kerja dari mouse.

Cara Kerja Touchpad

Walaupun Touchpad memiliki fungsi yang sama seperti fungsi dari mouse yaitu untuk menggerakan pointer yang tampil di layar, namun cara kerja dari Touchpad berbeda dengan perangkat mouse. Cara kerja dari Touchpad sendiri bergantung pada sekumpulan matrik yang tersusun pada papan kota Touchpad pada lapisan kedua yang berfungsi untuk mendetaksi gerakan pada permukaan jari. Sensor matrik ini di pisahkan dengan isolator yang menyebabkan bentuk terpisah seperti Grid, Pergerakan jari akan di deteksi dengan aliran listrik yang mengalir.

Ibarat percikan aliran listrik dari pergerakan jari itu akan di terjemahkan menjadi kode-kode fungsi yang bisa di baca oleh sistem komputer dan di proses oleh perangkat processor untuk di terjemahkan dan di tampilkan lagi pada layar monitor dalam bentuk pergerakan pointer pada layar monitor komputer, secara teknis, pergerakan ini mencakup rumus yang sangat rumit dan kompleks, namun karena perangkat proses pada komputer bergerak sangat cepat, maka pergerakan pointer pada layar komputer seperti senada dengan pergerakan jari pada permukaan Touchpad.

cara kerja Touchpad

Jenis Touchpad secara umum terbagi menjadi dua bentuk pada laptop yang ada di pasaran, yang pertama adalah Touchpad yang terhubung langsung dengan tombol klik kanan dan klik kiri, kemudian yang kedua adalah jenis Touchpad yang memiliki bentuk terpisah dengan tombol klik kanan dan klik kiri, jika anda sedang mencari laptop yang nyaman untuk digunakan, sebaiknya untuk membeli jenis laptop yang menawarkan Touchpad dengan tombol klik kanan dan klik kiri yang terpisah, karena itu akan memudahkan anda ketika menggunakan laptop atau menggerakan pointer.

Karena jika anda membeli Touchpad yang terhubung langsung dengan tombol klik kanan dan klik kiri, akan menyusahkan anda ketika menggunakan tombol tersebut, tidak ada pemisah antara keduanya, sehingga akan sangat sulit bagi anda yang menggunakan komputer jenis laptop untuk kebutuhan desain dan kebutuhan teknis lainya. Jika anda salah membeli Touchpad bisa-bisa anda harus membeli mouse sebagai pengganti Touchpad, sayang bangetkan jika harus menggunakan mouse, padahal di laptop sudah tersedia perangkat yang bisa digunakan untuk menggerakan pointer, tapi hanya karena kurang nyaman, anda harus menggunakan mouse.

pengertian Touchpad dan fungsi Touchpad

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Touchpad, semoga dengan adanya artikel yang membahas tentang Touchpad anda bisa mengetahui bagaimana Touchpad ditemukan, dan bagaimana cara kerja dari Touchpad. Selain itu anda juga bisa mengetahui Touchpad jenis apa yang harus anda pilih ketika akan membeli laptop baru, karena kenyamanan dari Touchpad akan mempengaruhi mood anda ketika menggunakan laptop, jangan sampai mood anda jelek hanya karena Touchpad yang tidak nyaman untuk di gunakan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend