• Our Partners:

Cara Mengatasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error

2 Cara Mengatasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error

Pernah mengalami Ms. Word tidak bisa menyimpan file? Biasanya anda akan menerima pesan yang bertuliskan Word cannot complete the save due to a file permission error. Padahal pada waktu itu anda sedang mengerjakan dokumen yang penting harus segera anda simpan untuk anda cetak. Namun sayangnya malah Word tidak bisa menyimpannya. Bisa anda baayangkan ketika hal ini terjadi pada diri anda.

Anda sudah mengetik banyak-banyak, sementara anda tidak bisa menyimpannya. Padahal file tersebut harus segera anda pindahkan ke flashdisk untuk anda print. Pasti permasalahan ini akan membuat anda atau siapapun yang mengalaminya akan sangat frustasi.

Anda tidak mungkin harus mengetik dari awal karena anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya. Kalau pun anda bisa, mungkin hasilnya tidak akan sebaik pengerjaan pertama karena sekarang anda harus mengerjakannya dalam kondisi yang terburu-buru.

Cara Mengatasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error

Berikut dua langkah untuk cara mengatasi Word cannot complete the save due to a file permission error dengan mudah dan berhasil.

Step 1 : Masuk ke Safe Mode Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke Safe Mode. Hal ini untuk mengecek apakah Microsoft Word dapat berjalan normal ketika masuk ke Safe Mode.

Jika iya, maka ada suatu hal yang menyebabkan Microsoft Word anda memunculkan notifikasi “Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error”. Dan yang paling sering menyebabkan hal tersebut adalah Add-ins yang terinstall pada Microsoft Word anda.

Step 2 : Disable Semua Add-ins pada Microsoft Word

1. Buka Microsoft Word anda kemudian klik File.

Klik File

2. Setelah itu anda masuk ke menu Options.

Mengatasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error 2

3. Selanjutnya pilih Add-ins.

Disable Semua Add-in

4. Menghapus Add-ins dilakukan satu per satu. Pilih Add-ins yang diinginkan (nomor 1) selanjutnya pilih Disable Items (nomor 2) lalu klik Go (nomor 3). Untuk sementara saja, hapus semua Add-ins. Terakhir pilih OK.

Mengatasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error 4

5. Jika sudah, coba kembali Microsoft Word anda. Coba dicek apakah notifikasi Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error sudah hilang atau belum.

Penyebab Word Cannot Complete The Save Due To A File Permission Error

Pesan Word cannot complete the save due to a file permission error ini pasti muncul bukan tanpa sebab. Untuk penyebabnya sendiri sebenarnya cukup banyak dan setiap pengguna Microsoft Word pasti mengalami atau merasakan permasalahan karena penyebab yang berbeda. Akan tetapi, secara umum permasalahan ini dikarenakan pengguna Ms. Word tidak mempunyai hak administrasi untuk menyimpan file tersebut.

Mungkin anda sekarang bertanya, mengapa kita yang merupakan pemilik dari komputer atau laptop tersebut malah tidak mempunyai hak sebagai admin? Jawabannya adalah karena sistem ingin melindungi perangkat anda dari aplikasi maupun program tertentu yang kemungkinan bisa menimbulkan masalah terhadap perangkat anda tersebut. Beberapa permasalahan yang bisa menyerang perangkat anda seperti virus atau malware.

Ketika anda tidak mempunyai hak sebagai administrasi, maka virus atau malware tersebut tidak dapat masuk dan menyerang sistem. Jadi, program-program berbahaya tersebut hanya bisa membaca namun tidak dapat menulis maupun mengedit sistem yang ada di dalam perangkat ini. Dengan kata lain, perangkat anda akan aman dari permasalahan yang bisa merugikan anda. Selain itu, ada beberapa permaslahan lainnya yang mengakibatkan Ms. Word anda tidak bisa menyimpan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Tempat Penyimpanan Error

Penyebab Ms. Word anda tidak bisa digunakan untuk menyimpan file adalah karena tempat atau media penyimpanan yang error. Mungkin pada waktu anda hendak menyimpan file, media penyimpanan seperti flashdisk tidak tertancap secara sempurna.

Bisa juga flashdisk tertancap namun tiba-tiba tidak terdeteksi oleh sistem operasi anda. Jadi, ketika anda hendak menyimpannya maka sudah pasti file tersebut tidak bisa anda simpan ke dalam flashdisk.

2. File Terkena Virus

Penyebab yang kedua sehingga mengakibatkan file tidak bisa disimpan adalah karena file tersebut sudah terkena virus. Sebelum anda menyimpannya, ternyata virus sudah menginfeksi file tersebut yang membuat anda tidak bisa menyimpannya.

Bisa juga tempat penyimpanan yang hendak anda pilih ternyata sudah terinfeksi virus. Jadi solusinya coba anda scan dengan antivirus terpercaya pada tempat penyimpanan atau anda juga bisa menyimpan di drive yang lainnnya.

3. Kapasitas Drive Penuh

File yang tidak bisa disimpan juga bisa karena tempat penyimpanannya sudah penuh. Anda bisa mengecek sendiri Drive tempat penyimpanan file apakah kapasitasnya sudah penuh atau belum. Jika sudah, maka bisa dipastikan filenya memang tidak bisa disimpan sehingga solusinya adalah dengan menyimpan di drive lain yang kapasitasnya belum penuh.

Leave a Reply

Send this to a friend