Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop

10+ Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop dengan Kinerja yang Ampuh

Para pengguna komputer atau laptop sangat membutuhkan yang namanya antivirus. Antivirus yang digunakan harus kuat untuk menghadapi serangan malware, sehingga komputer/laptop tetap efiesien dan keamanannya tidak diretas.

Antivirus versi Pro atau berbayar memang lebih memiliki banyak fitur yang bagus untuk melindungi kemanan komputer, pembaharuan perangkat lunak, memantau firewall dan lain sebagainya. Namun tentuya lebih banyak orang menyukai aplikasi antivirus yang gratis, tanpa harus membayar biaya lebih.

Berikut ini ada 10 aplikasi antivius untuk PC yang bisa kamu terapkan di komputermu:

Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop

1. Kaspersky Free Antivirus

Kaspersky Free - Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop

Aplikasi atau software antivirus pertama yang direkomendasikan ialah Kaspersky yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Software ini tidak mengiklankan secara terbuka jika memiliki antivirus yang free. Akan tetapi kamu dapat menginstallnya dengan mengklik link dibawah ini. Software ini merupkan buatan Rusia dan telah banyak digunakan oleh penggunanya, hadir dengan antarmuka yang mudah untuk digunakan.

Selain itu ringan sehingga tidak memberatkan perangkat dan kinerjanya. Kaspersky memberikan perlindungan terhadpat malware yang kuat. Akan tetapi, Kaspersky versi gratisnya memiliki lebih sedikit fitur dibandingan versi Pro. Namun kamu tidak perlu khawatir untuk keamanan perangkat bisa diatasi oleh software ini, karena memiliki kemampuan yang kuat.

2. Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free edition

Antivirus ini dikeluarkan oleh perusahaan dari Rumania. Antivirus yang kedua ini juga mirip dengan Kaspersky, karena hanya menawarkan pelindungan untuk keamanan dasar, untuk perlindungan malware, namun sedikit lebih rentan akan deteksi malware positif (yang palsu). Scanning atau pemindaiannya lebih ringan dibandingkan Kaspersky, namun tetap memiliki fitur yang sedikit. Pemindaian tidak bisa dijadwalkan.

Fitur yang dimiliki oleh Bitdefender ialah:

  • On-demand Virus Scanning, yakni untuk memusnahkan berbagai jenis virus (malware, trojan, ransomware, dan sebagainya).
  • Anti-phishing Feature, yakni untuk melindungi akun online
  • Anti-fraud, yakni untuk mengawasi atau memonitoring situs yang dikunjungi
  • Behavioral Detection, yakni untuk memonitor aplikasi

3. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus - Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop

Software yang satu juga populer dikalangan pengunanya karena kemampuannya untuk menyembuhkan PC dari serangan hacker terhadap berbagai malware. Akan tetapi antivirus yang satu ini sedikit kalah dengan 2 software diatas. Avast memiliki berbagai jenis fitur seperti

  • CyberCapture, yaki untuk cleaning atau membersihkan terhadap ancaman
  • WiFi Inspector, yakni untuk keamanan jaringan WIFI
  • Smart Scan, yakni mendeteksi akan ancaman keamanan
  • Behaviour Shield, yakni sebagai pengawas aplikasi
  • Game Mode, yakni untuk mengatur notifikasi
  • Dapat mengelola password manager sebagai fitur keamanan akun

Akan tetapi Avast memberikan akses terbatas terhadap layanan VPN, dan dapat menyebabkan sedikit beban terhadap sistem walaupun dilengkapi dengan perlidungan real time dan scanning yang lengkap.

4. AVG Free Antivirus

Aplikasi Antivirus untuk PC dan Laptop

Software yang satu ini terus berkembang dengan berbagai macam fiturnya seperti Web Protection untuk melindungi dan memantai aktivitas browsing dan ada fitur Real time Security untuk keamanan.

AVG menawarkan energi untuk mendeteksi malware yang baik. Mempunyai sistem kinerja yang ringan. Akan tetapi fitur yang disediakan lebih sedikit dalam versi free dibandingkan fitur pada versi pro. Berbagai penyesuaian AVG tersedia dan file shredder yang tersedia. Akan tetapi AVG dinyatakan berat untuk terapkan di perangkat.

5. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus

Avira merupakan salah satu antivirus tertua yang telah ada pada atahun 1986. Software ini terkenal karena performanya yang solid dan user interface yang menarik sehingga banyak digunakan sebagai antivirus di PC/laptop.

Fitur yang disediakan oleh Avira free antivirus ialah:

  • Browser Tracking Blocker, yakni untuk mengawasi kegiatan saat browsing
  • Protection Cloud, yakni untuk menganalisa file
  • PUA Shield, yakni untuk menangkal aplikasi yang berbahaya atau yang rawan akan virus

Avira telah dikalahkan oleh Kaspersky dan Bitdefender dalam kategori antivirus terbaik dalam beberapa tahun terakhir ini. Dalam hal untuk melindungi malware kinerjanya berada di level yang sedang dibandingkan aplikasi antivirus terbaik. Untuk fitur yang kinerja sistemnya bagus hanya ada pada versi berbayar. Namun Avira mempunyai pilihan kustomisasi untuk diunggulkan.

6. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus - Aplikasi Antivirus untuk PC / Laptop

Panda free antivirus merupakan salah satu dari berabagai jenis antivirus yang ringan untuk digunakan di PC atau laptop. Walaupun ringan, fitur yang disediakan oleh software ini bukan berarti ringan. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini ialah USB Protection untuk memonitoring perangkat USB dan Real-time Security untuk menjaga keamanan perangkat.

Untuk perlindungan malware belum pasti bagaimana performanya. Akan tetapi software ini juga unggul dalam hal kustomisasi dan juga user interface yang menarik. Namun terdapat iklan konstan dalam produk ini. Software ini dapat memberikan layanan terhadap perlindungan yang sangat responsif untuk melawan virus karena adanya cloud-scanning server sehinga kamu tidak membutuhkan update, karena kamu selalu mempunyai database antivirus terbaru setiap saat.

7. Smadav Antivirus

Smadav 2020

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang sangat populer digunakan oleh masyarakat indonesia pada umumnya di komputer atau laptop mereka. Dan kamu harus bangga karena developer Smadav Antiivirus ialah orang Indonesia. Software yang satu ini juga ringan dan memiliki kinerja yang bagus untuk menangkal virus yang berbahaya.

Fitur yang paling dominan dari aplikasi ini ialah menghilangkan virus shortcut yang terdapat dari flashdisk. Selain itu aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Akan tetapi software ini mempunyai kekurangan yaitu harus dilengkapi dengan tandem antivirus yang lain.

8. Adaware Antivirus

Aplikasi Antivirus untuk PC dan Laptop Terbaik

Adaware antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik yang hadie setelah melewati berbagai proses rebranding. Aplikasi ini hadir dengan fiturnya seperti Download protection, PC protection dan berbagai fitur lain sebagai perangkat lunak antivirus yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Walaupun sebenarnya tersedia versi adaware antivirus yang berbayar dengan fitur ekstra yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Selain itu perangkat lunak ini menjamin akan keamanan data komputermu secra real-time.

9. Microsoft Windows Defender

windows defender

Software ini tentunya dangat tidak asing lagi kan untuk kamu, karena perangkat lunak yang satu ini adalah antivirus bawaan dari Microsoft. Walaupun sebagai perangkat bawaan, kinerja yang dihasilkan tidak kalah dengan antivirus yang lain dalam hal perlindungan malware.

Namun memiliki sistem kinerja kecil dilengkapi dengan fitur pendukung antivirus. Aplikasi ini juga mampu mengontrol perlindungan untuk kegiatan browsing walaupun aplikasinya gratis. Aplikasi ini merupakan solusi terbaik bagi kamu yang suka akan Windows Defender sebagai antivirus utama di PC atau laptop. Sesungguhnya software ini tidak perlu di instal.

10. Malwarebytes

Aplikasi Antivirus untuk PC dan Laptop

Merupakan perangkat lunak (software) anti-malware untuk Windows, android, macOS dan iOs. Software ini dapat menghapus dan menemukan malware. Software ini di rilis pada tahun 2006 oleh developer Malwarebytes Corporation. Sofware ini mampu melacak dan melakukan scanning berdasarkan kebiasaan dari penggunanya.

Malwarebytes tersedia dalam versi yang berbayar. Aplikasi ini mempunyai fungsi utama yaitu umtuk menghapus malware sehingga dapat dikatakan bahwa software ini tidak mampu melindungi komputer dari infeksi yang terdapat di perangkat.

Sehingga software ini lebih tepatnya dijadikan sebagai tandem antivirus saja agar kinerjanya lebih tepat dan maksimal khususnya bagi Windows Defender. Kekurangan dari Malwarebytes ialah hanya ditujukan untuk bisnis (perusahaan) bukan untuk perorangan.

Leave a Reply

Send this to a friend