Aplikasi Kompres File untuk PC atau Laptop

10+ Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop Gratis dan Mudah Digunakan

Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop – Salah satu masalah yang sering kita hadapi saat menggunakan komputer/laptop ialah yang berkaitan dengan ruang penyimpanan. Salah satu langkah untuk mengatasinya ialah mengkompres file yang kapasitasnya besar.

Selain untuk menghemat ruang penyimpanan, fungsi lain mengkompres file ialah untuk mempermudah ketika melampirkan file lewat email sehingga waktu pengirimannya cepat. Sehingga bisa dikatakan mengkompres file dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

Untuk mengkompres file, dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi kompres. Nah, dibawah ini akan diijelaskan 10 jenis aplikasi untuk mengkompres file yang bisa kamu gunakan di komputer/laptop:

Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop

1. 7-Zip

7Zip - Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop

Aplikasi untuk mengkompres file yang pertama ialah 7-Zip. aplikasi yang sangat kompetibel yang cocok untuk semua jenis Windows. Aplikasi yang support dengan sistem operasi  32 bit dan 64 bit. Terlebih lagi aplikasi ini merupaka software open source. Sehingga kamu tidak perlu melakukan pembayaran untuk memasang aplikasinya bahkan untuk PC perusahaan (komputer komersial).

7-Zip support akan format:

  • Packing atau unpacking: 7z, XZ, ZIP, GZIP, BZIP2, TAR dan WIM
  • Unpacking only: AR, ARJ, CHM, CAB, CramFS, CPIO, DMG, FAT, EXT, GPT, HFS, ISO, IHEX,  LZH, LZMA, MSI, MBR, NTFS, NSIS, QCOW2, RPM, RAR, SquashFS, UEFI, UDF, VHD, VMDK, VDI, XAR, WIM, dan Z.

Khusus untuk format ZIP dan GZIP, aplikasi ini menyediakan rasio kompresi 2-10% yang lebih baik dibandingkan rasio yang ditawarkan oleh PKZip dan WinZip. Enkripsi AES-256 memiliki kemampuan yang kuat dalam format ZIP dan 7z. Kemampuan untuk mengekstraksi sendiri pada format 7z. Plugin bagi Manajer FAR. Memiliki integrasi Windows Shell.

Kelebihan aplikasi ini merupakan file manager yang kuat untuk melakukan dekompresi dan kompresi (rasio untuk kompresi dalam format 7z yaitu kompresi LZMA & LZMA2). Selain itu, support akan 87 bahasa yang beragam.

2. PeaZIP

Aplikasi Kompres File untuk PC

Merupakan utililas pengarsipan yang dapat digunakan secara free, terbuka untuk mengekstrak arsip ZIP, RAR, TAR. Aplikasi ini termasuk teknologi Open Source oleh proyek p7zip, FreeArc, 7-Zip, PEA dan PAQ. Alternatif untuk lintas-Platform dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan untuk WinZip, WinRar dan aplikasi pengelola arsip untuk tujuan umum, ekstrak 180 lebih format arsip (001, ACE (*), 7Z, ARJ, ARC, CAB, BZ2, GZ, DMG, LHA, ISO, PEA, PAQ, RAR, UDF, WIM, XZ, TAR, ZIP, ZIPX dan lain sebagainya), sebagai alat pembuka atau ekstraktor.

PeaZIP merupakan software yang dirilis oleh Open Source LGPLv3, aplikai yang secara gratis untuk menggunaan apapun baik pribadi maupun profesional, dan semua paket PeaZip dapat didownload dengan aman serta tidak mengandung iklan ataupun sesuatu yang membahayakan PC.

Khusus paket portabel Windows dan Linux tidak memerlukan instalasi: hanya perlu mengekstrak dan menggunakan aplikasi. Dapat melakukan kompresi tinggi.

3. Hamster Free Zip Archiver

Hamster Free Zip Archiver - Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop

Aplikasi yang secara kompetibel untuk semua jenis Windows serta open source dan free bagi pengguna secara komersial. Aplikasi yang support akan berbagai jenis format file seperti RAR, 7ZIP, ZIP, WAR, TGZ, ISO, HGZ, C2D, WIM, NRG, LHA, XZ, UPX, CDI dan sebagainya.

Aplikasi ini mempunyai opsi untuk searching file sebagia perlindungan tambahan. Selain itu juga tersedia dengan antarmuka yang berwarna dilengkapi dengan tools yang mudah untuk digunakan. Aplikasi yang satu ini juga support enkripsi file yang sistem operasinya 128 bit.

Masih banyak lagi kelebihan yang dimilikinya yaitu dalam hal drag dan drop file yaitu dan, dari, ke Windows Explore sehingga memungkinkan untuk melakukan kompres file dengan waktu yang singkat (beberapa detik). Kemampuan mengkompres file dapat mengurangi ukuran daru file hingga 5-10%.

4. IZArc

Aplikasi Kompres File untuk Laptop

Merupakan utilitas untuk k0mpres file yang support akan berbagai jenis format yaitu: A, ARC, 7-ZIP, Z, ZIP, ARJ, B64, BIN, BZ2, BH, BZA, CAB, C2D, CDI, CPIO, ENC, DEB, GCA, GZA, GZ, HA, ISO, IMG, JAR, LIB, LHA, LZH, MBF, MIM, MDF, NRG, PDI, PK3, PAK, RAR, RPM, TAZ, TZ, TBZ, TAR, TGZ, UUE, WAR, XXE, XPI, YZ1, ZOO. Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan kata sandi serta dapat mengakses benyak fitur dengan tools yang canggih.

Memungkinkan untuk membuat dan mengekstrak arsip di Windows Explorer, membuat arsip yang mengekstrak sendiri, dapat mmeperbaiki arsip yang rusak, mengubah format arsip dan tersedia multi bahasa built-in. Aplikasi ini bisa membuka file foto CD seperti BIN, NRG, CDI, dan ISO sehingga memungkin juga dapat mengkonversi bentuk file jenis tersebut.

IZArc support akan enkripsi AES 256-bit sehingga data tetap aman. Aplikasi ini mengklaim 100% bebas akan virus dan merupakan utilitas arsip paling engkap yang tersedia untuk saat ini

5. ZIPGenius

ZipGenius

ZipGenius merupakan aplikais untuk kompres file  bagi Windows secara gratis baik ntuk penggunaan komersial. Aplikasi ini kompatibel bagi semua jenis Windows. Support akan berbagai jenis format file seperti: 7ZIP, ZIP, ISO, RAR, TAR, WAR, NRG, CDI, HGZ dan lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi untuuk mengubah foto CD manjadi file ISO dan sebaliknya. Selian itu support akan enkripsi file 128 bit. Enkripsi yang digunakan sebagai pelindung bagi akses file yang tergolong tidak sah ialah CZIP.

6. B1 Archiver

B1 Archiver

Aplikasi ini kompatibel untuk Windows, Linux, MAC, dan android. B1 Aechiver dapat digunakan secara gratis bagi penggunaan komersial dan pribadi. Sebagai aplikasi kompres file tentunya support akan berbagai jenis format file. Aplikasi yang bebas dari adware dan malware. Selain itu hadir dengan antarmuka yang mudah digunakan dan menarik.

7. Zip It

Zip It - Aplikasi Kompres File untuk PC / Laptop

Zip It merupakan aplikasi untuk kompres file dan folder yang cukup populer. Hadir dengan software yang ringan dengan tampilan yang user friendly serta grafis yang cukup menarik. Aplikasi ini support untuk enkripsi file serta self extracting Zip. Zip It bisa diintegrasi ke shell Windows sehingga support drag and drop serta akses ke fungsi Zip pun berlangsung cepat melalui Windows Explorer.

8. Winzip

Aplikasi Kompres File untuk PC atau Laptop Terbaik

Utilitas kompesi bagi Windows yang cukup populer. Software yang disukai banyak pengguna untuk melindungi, mengelolas dan membagikan file dengan mudah dan cepat. Menawarkan berbagai fitur yakni:

  • Membuka Zip untuk semua jenis format file
  • Dapat mengurangi ukuran lampiran email
  • Melindungi file dengan enkripsi tingkat banking
  • Mengakses dan mengelola di PC, cloud dan jaringan
  • Terhubung ke Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lainnya

9. WinRAR

WinRAR

WinRAR merupakan aplikasi yang sangat populer untuk mengkompresi file. Aplikasi yang dapat menghemat ruang penyimpanan serta waktu kerja dan biaya transmisi. Support akan berbagi format file seperti: ZIP, CAB, RAR, LZH, TAR, ARJ, 7-Zip, GZip, ISO, BZIP2, UUE, Z.

Aplikasi yang begitu cocok bagi file multimedia dan secara otomatis dapat memilih dan mengenali metode kompresi terbaiknya. Enkripsi dengan password 256 bit. Lisensi WinRAR dapat berlaku ke semua bahasa dan platform yang ada.

10. Power Archiver

Power Archiver

Software yang terakhir untuk kompresi file ialah Power Archiver. Aplikasi yang tersedia untuk MAC dan untuk 2 jendela. Cocok untuk 32 dan 64 bit. Dengan software ini kita bisa mengunci file dan folder malalui password manager.

Aplikasi untuk mengkompres, enkripsi, pertukaran dan mencadangkan data. Mempunyai kemampuan menajemen file yang cepat dan mendukung berbagai jenis format seperti ZIPX, 7Z, ZIP, RAR, PA, ISO (60+ format) serta bisa memperkuat kompresi.

A woman who struggles to live happily with her family without others knowing her social status

Leave a Reply

Send this to a friend