• Our Partners:

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

25+ Contoh Kalimat Majemuk Campuran yang Perlu Diketahui

Sesuai dengan namanya, kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu kalimat tunggal atau klausa. Kalimat tunggal sendiri adalah kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat, yaitu satu subjek dan satu predikat. Jadi bisa kita simpulkan bahwa kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu subjek dan satu predikat.

Kalimat majemuk ini terdiri dari empat macam, yakni kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk ratapan, dan kalimat majemuk campuran.

Dan yang akan kita bahas kali ini adalah kalimat majemuk campuran, mulai dari ciri-cirinya sampai dengan contoh kalimat majemuk campuran. Jadi, simak terus ya.

Ciri-ciri Kalimat Majemuk Campuran

Contoh Kalimat Majemuk Campuran dan Ciri-Cirinya

Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk gabungan dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.  Untuk memahami kalimat majemuk campuran, terlebih dulu kamu perlu memahami dua kalimat majemuk penyusunnya.

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang kedudukan klausa-klausa di dalamnya bersifat setara. Kesetaraan yang dimaksud di sini adalah masing-masing klausa masih dapat berdiri sendiri menjadi suatu kalimat tanpa adanya klausa yang lain.

Sebagai contoh, “Aku mencuci baju dan adik menjemur pakaian.” Perhatikan bahwa kalimat tersebut tersusun atas dua klausa, yaitu “Aku mencuci baju” dan “adik menjemur pakaian.” Klausa-klausa tersebut dapat berdiri sendiri menjadi satu kalimat, sehingga satu klausa tidak bergantung pada klausa yang lainnya.

Baca juga : Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat Majemuk Bertingkat

Berbeda dengan kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat memiliki klausa-klausa yang kedudukannya tidak setara. Kedudukan satu klausa akan lebih tinggi dari klausa yang lain. Oleh karena ketidaksetaraan ini, dalam kalimat majemuk bertingkat dikenal  yang namanya induk kalimat dan anak kalimat.

Induk kalimat adalah inti pesan dari kalimat, yang mana kalimat ini masih dapat berdiri sendiri tanpa adanya anak kalimat. Sedangkan anak kalimat merupakan perluasan induk kalimat yang keberadaannya bergantung dengan induk kalimat. Anak kalimat biasanya diberikan untuk memberikan keterangan tambahan dari induk kalimatnya.

Sebagai contoh,  “aku rajin belajar supaya aku dapat lulus ujian.” Kalimat tersebut terdiri dari dua klausa yang tidak setara. Induk kalimat di sini adalah “Aku rajin belajar,” sedangkan anak kalimatnya adalah “aku dapat lulus ujian.”

Klausa pertama dijadikan sebagai induk kalimat karena mengandung pesan utama yang ingin disampaikan. Klausa ini masih dapat berdiri sendiri menjadi suatu kalimat tanpa adanya klausa lainnya. Sedangkan klausa kedua merupakan keterangan tujuan dari induk kalimat. Apabila klausa ini menjadi suatu kalimat, maka pesannya akan berubah.

Baca juga : Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks

Baik kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat setidaknya memiliki dua klausa. Masing-masing klausa akan dihubungkan dengan kata hubung (konjungsi). Karena merupakan gabungan dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk campuran setidaknya memiliki tiga klausa dan dua konjungsi.

Setelah memahami penjelasan di atas, kamu akan lebih mudah  memahami apa itu kalimat majemuk campuran. Kalimat majemuk campuran memiliki dua macam pola, yaitu sebagai berikut:

  1. Kalimat majemuk campuran yang terdiri dari satu induk kalimat dan dua anak kalimat
    Sebagai contoh : Aku akan rajin belajar apabila Ibu memberiku hadiah dan ayah memberiku uang. Aku akan rajin belajar (induk kalimat), Ibu memberiku hadiah (anak kalimat), ayah memberiku uang (anak kalimat).
  2. Kalimat majemuk campuran yang terdiri dari dua induk kalimat dan satu anak kalimat

Sebagai contoh : Ibuku memasak sarapan dan aku membantunya agar masakan cepat matang. Ibuku memasak untuk sarapan (induk kalimat), aku membantunya (induk kalimat), masakan cepat matang (anak kalimat).

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan apa saja ciri-ciri kalimat majemuk campuran, yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki minimal tiga klausa
  2. Terdapat induk kalimat dan anak kalimat
  3. Memiliki minimal dua konjungsi

25 Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Contoh Kalimat Majemuk campuran

  1. Ibu Guru akan memberikan soal ulangan ketika nilai-nilai PR jelek atau ketika siswa ramai di kelas
  2. Aku rajin bermain sepak bola agar aku bisa lebih terlatih dan bisa menjadi pemain sepak bola profesional suatu hari nanti.
  3. Ketika aku pulang sekolah, ayahku sedang membersihkan mobil dan Ibuku sedang mencuci pakaian
  4. Kakakku berhenti kuliah dan ia langsung mencari pekerjaan agar dapat meringankan beban ibuku
  5. Karena adiknya sedang berulang tahun, Joni mengambil uang di ATM dan ia langsung menggunakan uangnya untuk membelikan boneka yang disukai adiknya.
  6. Karena aku sangat kelelahan tadi malam, aku tidur sangat lelap dan bangun terlambat pagi ini.
  7. Demi memberikan penghidupan yang layak untuk anak-anaknya, Ayahku sering bekerja sampai larut malam dan Ibuku berjualan martabak setiap malam.
  8. Pemain basket itu bermain curang dan sang wasit jelas melihatnya, tetapi dia tidak berbuat apapun.
  9. Aku menyukai sekolahku yang sekarang karena guru matematikaku selalu memudahkanku memahami materi di sekolah dan guru bahasa Indonesiaku selalu mengajariku keterampilan-keterampilan baru.
  10. Meskipun sedang sakit, Rima tetap mengerjakan ulangan dan dia mendapatkan nilai yang sempurna.
  11. Meskipun teman-temannya tahu keadaan ekonominya yang kurang, Roni tidak pernah minder dan bahkan menjadi siswa yang berprestasi di sekolah.
  12. Demi mencapai cita-cita untuk bersekolah di luar negeri, Dika selalu rajin belajar di sekolah dan mengikuti les bahasa Inggris di luar sekolah.
  13. Pak Bambang tidak pernah absen bekerja dan dia selalu berusaha memberikan yang terbaik saat mengerjakan sesuatu, oleh karena itulah bosnya memberikan promosi jabatan.
  14. Kemarin Ibuku marah karena Kakak pulang terlambat dan tidak memberi kabar apapun.
  15. Teman-teman selalu menyebutku multi talenta karena aku bisa menyanyi dan aku bisa memainkan berbagi instrumen musik
  16. Ibu guru selalu memintaku mengikuti berbagai olimpiade karena aku pandai dalam matematika dan aku selalu suka tantangan baru.
  17. Keluargaku adalah keluarga yang harmonis karena Ayahku adalah orang yang lemah lembut dan Ibuku adalah orang yang penyayang
  18. Aku sayang sekali dengan kakakku karena dia selalu membantuku jika ada masalah dan sering sekali memberikanku hadiah
  19. Meskipun tidak naik kelas tahun ini, Hilmi tidak menyesalinya dan tetap menjadi anak yang pemalas.
  20. Riki akan berangkat kursus sore ini jika ibunya memberikan uang jajan dan kakaknya mengantarnya ke tempat kursus.
  21. Aku sangat terkejut dan langsung ijin meninggalkan kegiatan belajar ketika mendengar berita bahwa mobil sepupuku kecelakaan.
  22. Roni adalah anak yang rendah hati dan tidak pernah merasa iri hati meskipun dia berasal dari orang kaya.
  23. Mawar terlihat selalu ceria meskipun bisnis keluarganya bangkrut dan dia pindah ke rumah yang sangat sederhana.
  24. Gina selalu disukai oleh teman-temannya karena ia adalah anak yang baik hati dan juga tidak sombong
  25. Kakekku selalu terlihat segar bugar karena sedari muda dia selalu rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat.

Nah, mungkin sekian artikel kali ini mengenai contoh kalimat majemuk campuran. Semoga penjelasan di atas dapat membantu ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend