5 Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Buram, Dijamin Berhasil!

Lensa pada kamera adalah hal yang sangat penting dari sebuah kamera, seperti contohnya pada kamera smartphone maupun kamera DSLR. Lensa yang bagus akan membuat hasil jepretannya terlihat sangat natural dan berkualitas.

Maka dari itu, lensa kamera merupakan barang yang sangat sensitive dari sebuah kamera. Jangan sampai debu maupun kotoran hinggap di lensa kameramu, karena hal tersebut dapat mengganggu dan membuat hasil jepretanmu menjadi kurang bagus.

Cara Membersihkan Lensa Kamera

Dan kamu juga perlu hati-hati ketika memegang lensa kamera, jangan sampai jarimu memegang kaca lensanya, hal itu akan membuat lensa menjadi ber-cap jarimu sendiri bahkan lebih parah jika jarimu kotor lensa akan bisa berminyak.

Nah, untuk itu kamu harus menggunakan beberapa cara membersihkan lensa kamera dibawah ini untuk membersihkan lensa kamera :

1. Bersihkan Debu menggunakan blower

cara membersihkan lensa kamera

Image: Hello-PET

Kotoran dan debu yang menempel pada lensa kamera memang sungguh mengganggu aktifitas dikala ingin memotret. Kotoran dan debu tersebut tidak boleh untuk dibersihkan secara sembarangan atau dengan menggunakan jari secara langsung. Karena akan dapat merusak lensa pada kamera.

Kotoran dan debu juga dapat menggores kaca pada lensa. Maka dari itu, kamu harus menggunakan cara yang lebih efektif untuk mengatasi masalah ini. Tenang saja, ada satu cara untuk kamu bisa membersihkan lensa kamera secara baik dan benar dan dijamin tidak akan membuat kamera kamu menjadi rusak.

Yaitu kamu bisa membersihkan lensa kamera dengan menggunakan blower khusus yang dijual di pasaran untuk membersihkan kamera. Dan untuk menjaga lensa kamera terhindar dari debu, kamu harus menggunakan lens cap pada lensa kameramu.

2. Membersihkan lensa menggunakan cairan lensa

cairan lensa

Image : tokopedia

Seperti yang dibilang sejak awal, lensa kamera jangan sampai terkena debu atau kotoran, karena akan dapat membuat lensamu menjadi tidak berkualitas. Maka dari itu untuk membuat lensamu semakin bersih dan kinclong, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk lensa kamera.

Kamu bisa meneteskan dan menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke kaca lensamu. Kamu juga dapat membersihkan permukaan kaca lensanya dengan gerakan memutar.

3. Sediakan tempat yang bersih atau tidak kotor saat membersihkan kamera

cara membersihkan lensa kamera

Image : Digital Trends

Cara yang ketiga ini kamu wajib melakukannya, karena untuk membersihkan lensa kamera kamu juga harus menyediakan tempat yang bersih atau tidak kotor. Lebih tepatnya harus terhindar dari debu yang menumpuk. Karena hal tersebut akan menambah masalah pada kamera kamu.

Maka dari itu, disarankan untuk kamu ketika membersihkan lensa kamera harus berada di dalam ruangan yang memiliki cahaya yang terang dan sebuah meja kerja yang bersih untuk menaruh perlengkapan perang kamu ketika membersihkan lensa kamera.

Biasanya perlengkapan pembersih untuk lensa kamera yaitu seperti blower, swab, lens tissue, cotton bud, lens pen, dan cairan pembersih optic.

4. Menggunakan Kain Microfiber

kain microfiber

Image : plazakamera

Bersihkan kembali lensa kamera menggunakan kain microfiber ketika sudah diblower dan dibersihkan menggunakan kuas. Kain microfiber memang sengaja didesain untuk mengambil debu dan minyak yang ada pada lensa kamera.

Tetapi perlu kamu ingat harus bersihkan bagian kaca terlebih dahulu, ya. Lalu kemudian kamu bisa membersihkan bodi pada lensa kamera. Dan gunakan dua kain lap yang berbeda untuk bagian kaca dan bagian bodi pada kamera.

Agar kotoran atau debu yang dibersihkan tidak menempel pada bodi kamera seteah membersihkan bagian kaca pada lensa kamera. Maka dari itu gunakan 2 kain lap khusus agar menghindari kotoran atau debu yang terbawa dapat menggores kaca lensa.

Tetapi perlu didiperhatikan juga ketika menggunakan kain microfiber, kamu harus mencucinya secara rutin atau membeli kain microfiber baru untuk menjaga kebersihan pada kain tersebut.

5. Tisu pembersih lensa kamera

cara membersihkan lensa kamera untuk pemula

Image : Shashinki

Cara terakhir untuk membersihkan kamera lensa yaitu dengan menggunakan tissue pembersih khusus untuk lensa kamera. Cara ini juga merupakan salah satu alternative jika kamu tidak ingin menggunakan kain microfiber, atau kamu malas untuk mencucinya secara rutin. Karena tissue pembersih ini hanya digunakan sekali pemakaian saja.

Tissue ini juga dirancang secara khusus dan lembut untuk membersihkan optic lensa dari noda-noda dan sidik jari. Sedikit tips untuk kamu ketika menggunakan tissue pembersih ini yaitu kamu harus melakukan pembersihan dengan cara searah jarum jam dari luar ke dalam dan jangan sekali-kali kamu menekan lensa terlalu keras, karena dapat membuat lapisan lensa tergores

Kamu dapat mendapatkan tissue pembersih ini dengan mudah di toko-toko kamera atau online shope. Harga dari tissue ini juga beragam, mulai dari harga 7 ribu-an sampai dengan puluhan ribu, tergantung dari merk tissue pembersih tersebut.

Dan perlu diingatkan, jangan kamu menggunakan tissue biasa untuk wajah, karena tissue tersebut bertekstur kasar dan dikhawatirkan dapat menggores lensa kamera kamu.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan lensa kamera agar lensa kameramu menjadi tetap bersih dan jernih. Sehingga ketika menggunakan lensa, hasil jepretan yang kamu dapatkan semakin keren dan berkualitas.

Dan yang paling terpenting, sebaiknya kamu simpan kamera dan lensa kamera ditempat yang bersih dan tertutup. Jadi, kamera dan lensa kamera tersebut tidak gampang terkena debu maupun kotoran.

Disarankan kamu juga harus menggunakan peralatan pembersih secara baik dan benar, agar kotoran dan debu yang menempel dapat disingkirkan secara cepat dn tepat.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk membersihkan lensa pada kamera kamu, dan semoga hasil yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Jika kamu memiliki cara membersihkan lensa kamera yang lain, kamu boleh menambahkannya di kolom komentar.

Leave a Reply

Send this to a friend