Cara Membuat Video Pembelajaran

5 Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android (+Gambar)

Di masa pandemi ini Membuat video pembelajaran tentu menjadi salah satu hal yang penting bagi para pengajar untuk menyampaikan materi untuk pembelajaran jarak jauh atau daring.

Video pembelajaran berisi tentang serangkaian materi bahan ajar yang terstruktur dan sistematis, dikemas dalam bentuk gambar bergerak disertai dengan audio atau suara, alur materi, dan pesan-pesan pembelajaran.

Selain itu juga para pengajar juga harus menyajikan materi bahan ajar dengan semenarik mungkin agar murid atau mahasiswa tidak merasakan bosan, baik berupa penjelasan materi dan juga soal – soal.

Mengajar dari jarak jauh atau daring memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar, apalagi harus membuat video. Sebelum membuat video pembelajaran, ada beberapa hal penting yang  harus  anda persiapkan untuk membuat video yang menarik. Apa saja itu?

1. Menetukan Materi

Menentukan materi pembelajaran bisa berasal dari perencanaan pembelajaran atau silabus yang sebelumnya sudah disusun para pengajar. Dari silabus tersebut, pegajar menyusun ulang kembali materi dan indikator pencapaian dengan terstruktur. Materi dan indikator pencapaian tersebut tentunya disesuaikan dengan adaptasi pembelajaran  daring.

2. Ilustrasi

Setelah materi dan indikator pembelajaran sudah tersusun, langkah selanjutnya anda bisa mencari ilustrasi dan membuat konsep. Anda bisa melihat beberapa referensi video pembelajaran untuk ide video pembelajaran  anda agar videonya menarik yang menyenangkan.

3. Menulis Skenario

Sama seperti dengan membuat film, membuat video pembelajaran juga membutuhkan skenario. Fungsinya sebagai pemandu arah pembicaraan anda ketika direkam nanti. Tulis ringkasan materi bahan ajar yang nantinya bisa dibacakan di depan kamera.

4. Mengumpulkan Aset Audio dan Visual

Mengumpulkan aset audio dan visual bisa berupa video pendek, gambar, diagram, tabel, animasi, atau data lain. Audio atau visual yang dikumpulkan bisa juga merupakan karya sendiri.

Misalnya, ada merekam diri anda sendiri saat menjelaskan suatu materi. Atau jika anda menggunakan audio dan visual materi yang anda ambil dari situs-situs yang ada di internet, pastikan materi tersebut berasal dari situs yang kredibel. Dan yang paling penting jangan lupa untuk mencantumkan sumber anda mendapatkan materi saat memasukkan ilustrasi ke dalam video, agar tidak terkena copyright.

5. Proses Editing

Ketika materi, ilustras, skenario, serta aset audio dan video sudah terkumpul, saatnya meng-edit video pembelajaran. Ada banyak aplikasi editing yang anda gunakan. Apalagi sekarang sangat mudah untuh mengedit video, mengedit video bisa juga menggunakan smartphone. Anda bisa menedit video pembelajaran dengan aplikasi Viva Video, Kinemaster, dan lain-lain.

Cara Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Viva Video

  1. Buka apliasi Viva Video di Smartphone anda. buka viva video di smartphone
  2. Kemudian buat Proyek Baru untuk membuat video baru. Cara Membuat Video Pembelajaran
  3. Kemudian masukkan semua materi, media, serta ilustrasi yang anda butuhkan untuk membuat video pembelajaran.  Seperti  contoh  pada  gambar.masukkan semua materi pembeljaran
  4. Kemudian anda bisa mengedit video anda dengan menarik, karna aplisai editing Viva Video menyiapkan berbagai fitur editing, seperti Tema, Musik, Edit Klip, Teks & Efek, dan juga Filter.  Seperti  contoh  pada  gambar.edit video pembelajaran
  5. Setelah selesai mengedit video, anda bisa menyimpan video dengan tab Simpan. Seperti contoh pada gambar. Cara Membuat Video Pembelajaran
  6. Kemudian pilih ukuran ekspor video anda.Lihat  pada  gambar.ukuran ekspor video
  7. Lalu tunggu hingga proses ekspor selesai, maka video anda akan sekaligus tersimpan. simpan video

Bagaimana? tidak terlalu sulit kan membuat video pembelajaran? Apalagi jika sudah terbiasa, pasti membuat video belajar adalah langkah mudah.

Membuat video pembelajaran untuk materi belajar online sangatlah membantu para siswa atau mahasiswa selama masa belajar dari rumah atau daring. Sekarang anda sudah bisa membuat video pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan tidak membosankan.

Leave a Reply

Send this to a friend