• Our Partners:

Game Konsol Terpopuler Tahun 90-an

5 Game Konsol Terpopuler Tahun 90-an, di Jamin kamu Bakal Kangen Masa Kecil

Banyak beredar game-game konsol andalan dari perusahaan game terbesar di dunia saat ini. Seperti Nintendo, Sega, Sony dan lain-lain. Banyaknya permintaan gadget game dari konsumen membuat perusahaan game terbesar tersebut lebih inovatif untuk menonjolkan produk mereka agar laku keras di pasaran.

Tidak dipungkiri, saat ini game menjadi hal yang paling diminati setiap orang terutama kaum adam. Bahkan game juga sering dipertandingkan di cabang olahraga dengan nama cabang e-sport. Dan game juga termasuk dalam daftar perlombaan di Asian games kemarin.

Omong-omong soal konsol game, kita dulunya juga sering memainkan video game baik itu di rental PS maupun dirumah. Ya, dulu harga konsol game termasuk mahal. Jadi, sedikit orang yang mampu untuk membelinya terlebih di tahun 90-an, dimana konsol game sedang marak-maraknya.

Lalu konsol game apa yang sering di gunakan di tahun 90-an ? 5 game konsol dibawah ini akan membawa kamu mengenang masa kecilmu.

1. Game boy atau game bot

Game boy

Image : ClassyNemesis

Sebelum game boy atau game bot ini di rilis, ada salah satu game yang menjadi pemicunya produk ini keluar yaitu game & watch pada tahun 1980. Serupa seperti game & watch, video game ini dikembangkan oleh perusahaan Nintendo.

Perancangnya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research & Development 1, yang juga merupakan perancang Game & Watch. Jika dijumlahkan, Game Boy dan Game Boy Color  telah terjual sebanyak 118,69 juta unit di seluruh dunia. Dan game andalan dari game boy ini adalah Tetris.

Tujuan game tersebut adalah untuk mengatur balok yang jatuh sehingga mereka bisa mengepaskan diri satu sama lain dalam baris horizontal. Dan ketika sebuah baris tersebut sempurna dan tanpa ada jarak sama sekali, maka baris tersebut akan hilang dan pengguna akan mendapatkan poin.

Game yang terlihat sederhana tetapi mampu membuat orang-orang penasaran untuk memainkannya lagi. Tidak ada seorangpun yang tidak mengenal game yang satu ini, karena game ini pernah menjadi game terfavorit di zamannya.

Kamu juga salah satu yang memfavoritkan game ini, kan ?

2. Tamagochi

tamagochi

Image : madeinjapan.com.br

Jika ditanya game apa yang paling membuat kamu kangen pada masa kecil ? Pasti kamu akan menyebutkan nama game ini. Tamagochi. Game asal jepang ini juga pernah menjadi konsol game terfavorit pada zamannya.

Bagaimana tidak, karena game ini pernah menduduki 10 permainan terlaris di dunia. Konsol game yang mirip seperti gantungan kunci ini merupakan game untuk para pecinta hewan. Karena dengan game ini kamu bertindak seperti majikan yang memiliki peliharaan yang harus diberi makan dan diurus setiap waktu.

Bentuk game konsol ini juga berukuran kecil, jadi cocok untuk di bawa kemana-mana. Bahkan karena terlihat seperti gantungan kunci, banyak anak-anak yang dulunya menggantung mainan ini di tas mereka. Pasti kamu pernah melakukannya kan ?

Tidak seperti game pada umumnya,game ini dibuat seolah nyata layaknya hewan peliharaan. Contohnya peliharaan akan mati jika tidak diberi makanan.

Penjualanan Tamagochi mencapai 40 juta unit pada tahun 1997, dan itu termasuk puncak kejayaan dari Tamagochi. Harga satuan dari Tamagochi adalah 40 ribuan pada masa itu. Tergolong mahal sih kalo dibandingkan pada era tahun 1997, tapi tergantikan dengan asyiknya ketika kita memainkan permainan ini.

Untuk kamu yang ingin bernostalgia memainkan game ini kamu bisa mendownloadnya do Google Play Store maupun IOS.

3. Nintendo Entertainment System

NES

Image ; Wikipedia

Nintendo Entertainment System biasa disebut juga NES. Awalnya game konsol ini hanya menggunakan 8 bit. NES juga pernah menjadi game konsol paling populer pada tahun 90-an di Asia dan Amerika Utara.

Game yang paling diingat kalau mendengar kata NES adalah Mario Bross. Siapa yang tidak tahu dengan game yang satu ini, game yang karakternya bertubuh tambun dan memiliki kumis tebal yang harus mengumpulkan coin dan menghindar dari musuh.

Dan jika sudah mencapai garis finish, karakter tersebut harus menggapai puncak tertinggi dari tiang bendera. Dengan begitu pemain akan mendapatkan tambahan koin yang banyak (sesuai dengan seberapa tinggi tiang bendera yang di capai oleh karakter tersebut ketika melompat).

4. Sega Mega Drive

Sega mega drive

Image : RetroGameSupply

Sega Mega Drive ini dirilis pada tanggal 29 Oktober 1988 di Jepang dan telah di hentikan pada tahun 1995. Game konsol ini hadir dengan 16 bit pada perilisannya di Amerika Utara pada tahun 1989 dengan menggunakan nama Sega Genesis.

Pasti kamu bertanya-tanya, mengapa Sega Mega Drive ini memakai nama Sega Genesis di Amerika Utara ? karena Sega Mega Drive ini gagal mendapatkan lisensi ketika menggunakan nama tersebut, maka di gantilah nama Sega Mega Drive dengan nama Sega Genesis untuk wilayah Amerika Utara.

Konsol game ini juga saingan terberat Nintendo. Karena dari segi penjualan Sega terjual mencapai 40,8 juta unit. Adapun permainan video yang paling banyak terjual adalah Sonic the Hedgehog.

Sonic the Hedgehog sangat terkenal di eranya.  Dimana game ini dikarakterkan seekor landak yang gesit dan cepat. Landak ini juga merupakan landak antropomorfik biru dengan mata hijau, menggunakan sarung tangan putih dan sepatu berwarna merah putih. Misinya yaitu untuk membela planet Mobius terhadap musuhnya.

Kemampuan terbesarnya adalah untuk berjalan pada kecepatan supersonic Namun, ia juga cenderung membuat keputusan ruam dan tidak suka berada di dekat air karena dia tidak bisa berenang.

Kalau memainkan game ini pasti kamu merasa seperti balik ke masa kecil lagi deh.

5. PlayStation 1

Playstation 1

Image ; Brilio.net

Kamu pasti pernah memainkan Playstation 1 ini di rental PS terdekat. Ya, PlayStation 1 merupakan konsol game yang sangat menarik karena telah menggunakan CD-ROM sebagai sarana gamenya. Menariknya lagi game ini dapat dimainkan dengan multiplayer.

Selain itu PlayStation 1 yang diproduksi oleh Sony ini memiliki Gameplay yang beragam. Jadi kamu dapat mengganti game dengan cara mengganti CD sesuai dengan game yang kamu inginkan.

Dari sekian banyak game PlayStation 1, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid.

Seiring dengan menaiknya peminat PS 1, game ini terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia pada 18 Mei 2004. Sepertinya era ini adalah masa emas pertama perusahaan konsol game Sony.

Dari kelima konsol game di atas, yang mana yang paling kamu favoritkan ?

Leave a Reply

Send this to a friend