2 Cara Menerjemahkan Halaman Web yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga!

Selama anda menjelajahi internet dengan menggunakan komputer atau PC, apa saja yang biasanya anda lakukan? Streaming video di youtube? Atau berselancar di sosial media? Ya, memang dua kegiatan tersebut adalah dua hal yang baru baru ini booming dan banyak dilakukan oleh para penghuni internet di berbagai belahan dunia.

Namun tak dapat pula kita pungkiri bahwa kekuatan utama dari internet adalah browsing. Dengan internet kita dapat menyelami berbagai informasi dari berbagai belahan dunia tanpa ada sekat bangsa maupun Bahasa. Ya, Bahasa. Anda pun kini bisa mengerti informasi yang disampaikan oleh announcer dengan tulisan yang menggunakan Bahasa asing macam Bahasa Jepang atau Bahasa Spanyol hanya dengan sedikit perubahan setting.

Ya, kami mengerti anda penasaran. Oleh karena itu lah kami di sini akan menjabarkan sedikit tips dan tutorial mengenai bagaimana cara menerjemahkan halaman web yang menggunakan Bahasa asing.

1. Cara Menerjemahkan Halaman Web di PC / Laptop

1 Pertama tama sambungkan komputer anda dengan internet, lalu buka browser Google Chrome anda.

cara menerjemahkan halaman web

2 Pada bagian kanan atas, lebih tepatnya pada bagian menu, silakan klik icon titik tiga vertikal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini lalu silakan pilih Settings.

002ouk

3 Selanjutnya anda akan dihadapkan pada halaman Settings. Silakan scroll ke bawah sampai anda melihat Sub Menu Languages. Silakan anda klik tulisan Language.

cara menerjemahkan halaman web

4 Setelah anda klik tulisan Language, anda akan melihat beberapa Bahasa yang pernah anda gunakan. Lalu anda akan melihat satu kalimat “Offer to translate pages that aren’t in a language you read”. Silakan klik untuk mengaktifkan menu bantuan tersebut.

004ouk

5 Selanjutnya anda dapat mencoba membuka situs atau website dengan Bahasa asing seperti Bahasa Spanyol, maka browser Google Chrome anda akan memberikan semacam pop up notifikasi yang menawarkan anda apakah ingin mengubah tulisan tulisan berbahasa asing tersebut ke Bahasa yang anda kenali.

2. Cara Menerjemahkan Halaman Web di HP Android

1 Pertama tama silakan pastikan smartphone anda telah tersambung dengan internet pastinya. Kemudian silakan buka aplikasi Google Chrome yang telah anda pasang pada smartphone anda.

cara menerjemahkan halaman web

2 Selanjutnya pada bagian kanan atas layar, anda dapat melihat icon titik tiga vertikal. Silakan klik icon tersebut kemudian klik atau pilih Settings.

003fsa

3 Anda akan diarahkan pada halaman settings dari Google Chrome. Pada halaman ini silakan klik menu Languages.

cara menerjemahkan halaman web di HP android

4 Kemudian anda pun akan dihadapkan pada halaman Languages. Pada halaman ini, anda dapat mengatur Bahasa mana yang anda inginkan sebagai Bahasa utama. Pada bagian bawah halaman Languages ini anda akan menemukan satu sub menu yang berbunyi “Offer to translate pages in other languages.” Silakan anda klik menu ini lalu klik tanda Back di bagian kiri atas layar.

005fsa

5 Anda akan diarahkan kembali ke halaman browsing dari Chrome. Silakan buka halaman situs atau website yang menggunakan Bahasa asing. Pada bagian bawah halaman akan ada menu baru yang memungkinkan anda untuk menerjemahkan atau mentranslate halaman situs ini dari Bahasa asing ke Bahasa default yang anda pasang di halaman setting language tadi. Silakan pilih Bahasa yang ingin anda terjemahkan, setelah anda pilih atau klik Bahasa tujuan, maka seluruh halaman situs akan diterjemahkan menjadi Bahasa tersebut.

006fsa

Fitur ini pada dasarnya adalah fitur basic atau dasar yang dimiliki oleh Google. Sehingga anda hanya bisa melakukannya pada browser Google Chrome. Bagaimana, cukup mudah bukan caranya? Silakan dicoba tutorial cara menerjemahkan halaman web diatas dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Send this to a friend