Lupa Password Email Anda? Begini Cara Mengatasinya, Ternyata Mudah!

Di era teknologi ini, hampir seluruh aktivitas manusia menggunakan fitur yang disediakan internet. Dengan adanya internet, kita dapat memperoleh berbagai jenis informasi dengan mudah dan cepat. Selain itu, internet juga membantu kita untuk dapat berhubungan dengan banyak orang dengan saling berkirim surat tanpa harus pergi ke kantor pos. Ya, itu semua dapat dilakukan dengan menggunakan email. Dengan menggunakan email, kita dapat saling bertukar pesan dengan orang lain dalam hitungan detik saja. Jadi, dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan jika mengirim surat secara manual.

Anda dapat menikmati fasilitas email melalui Gmail ataupun Yahoo. Keduanya, sama-sama membutuhkan email sebagai username dan password yang telah Anda daftarkan untuk melakukan proses login. Namun, bisa saja Anda lupa password dari akun tersebut. Sebab, kini alamat email juga menjadi syarat utama untuk mendaftar berbagai sosial media yang berkembang saat ini. Maka sangatlah wajar apabila Anda lupa password email karena sudah terlalu banyak memiliki atau membuat email dengan kata sandi atau password yang berbeda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila Anda lupa password email baik Gmail ataupun Yahoo. Sebab, keduanya sudah mengantisipasi apabila penggunanya melupakan akun sebagai akses masuknya. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami kelupaan password email. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengatasi Lupa Password Email

Lupa password email Anda ? Jangan khawatir karena ada cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan akun Anda kembali. Langsung saja ke pembahasan pertama dibawah ini, yaitu mengenai panduan untuk mengatasi lupa password di akun Gmail.

Mengatasi Lupa Password Gmail

Cara yang paling ampuh dapat Anda lakukan ketika lupa password akun Gmail, yaitu menyetel ulang password Anda melalui nomor ponsel. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Anda harus login ke akun Gmail terlebih dahulu. Masukkan alamat email atau nomor ponsel yang telah Anda  daftarkan sebelumnya pada kolom isian Email or phone. Kemudian klik Next.

lupa password email

2. Apabila Anda lupa password akun Gmail tersebut, maka Anda pilih Forgot Password ?.

3. Kemudian muncul halaman dimana Anda harus memasukkan password akun Gmail yang terakhir Anda ingat. Yang jadi permasalahan disini, Anda tidak mengingat sama sekali password akun tersebut, maka klik Try another way.

lupa password email gmail

4. Masukkan nomor ponsel yang Anda kaitkan saat mendaftar akun Gmail pada Phone Number, kemudian pilih Send. Gmail akan mengirimkan SMS berupa kode ke nomor ponsel tersebut.

lupa password email gmail

5. Periksa SMS berupa kode verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor tersebut dan masukkan kode tersebut kedalam kolom Enter the code.

6. Apabila kode yang Anda masukkan sudah sesuai, maka Anda dihadapkan pada halaman untuk reset password, dimana ada kolom Create password  dan Confirm password  yang harus Anda isi dengan password yang Anda inginkan. Selanjutnya, klik Change Password.

lupa password emailJika password yang Anda masukkan telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka password akun Gmail Anda telah terganti. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan kembali akun itu seperti biasanya. Selain itu, Anda juga dapat mengganti password melalui nomor ponsel yang telah dikaitkan dengan akun Gmail tersebut.

Mengatasi Lupa Password Yahoo

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika lupa password akun Yahoo sebagai berikut :

1. Masukkan alamat email Yahoo yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Selanjutnya, klik Next.

2. Jika Anda tidak ingat password email, maka pilih I forgot my password.

lupa password email yahoo

3. Setelah itu, Anda dihadapkan pada halaman verifikasi melalui nomor ponsel yang Anda kaitkan dengan akun tersebut. Namun, berbeda dengan Gmail, Yahoo meminta Anda untuk melengkapi nomor ponsel Anda. Kemudian klik Submit.

4. Pada halaman selanjutnya, Yahoo memastikan apakah nomor ponsel Anda telah dikaitkan dengan akun tersebut atau tidak. Yahoo menawarkan Anda untuk mengirimkan SMS berupa kode ke nomor ponsel itu. Untuk mendapatkan kode itu, pilih Yes, text me an Account Key.

5. Kemudian, masukkan kode yang telah dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Dan klik Verify.

6. Dan akhirnya, Anda telah selesai untuk melakukan verifikasi akun Anda walaupun Anda lupa password akun Yahoo. Dengan begitu, Anda dapat melanjutkan kembali penggunaan  akun Yahoo tersebut. Untuk melanjutkannya, Anda pilih Lanjutkan. Apabila Anda ingin mengganti  password baru maka pilih Buat kata sandi baru.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika Anda lupa password akun email, baik Gmail ataupun Yahoo. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat akun baru lagi untuk menggunakan email. Untuk alasan keamanan, Anda dapat mengganti password email tersebut berkali-kali dengan menyesuaikan nomor ponsel dalam akun tersebut. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda untuk mengatasi lupa password email.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend