2 Cara Mengubah Ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas, Sudah Tahu Belum?

Adakalanya, ketika ukuran (size) foto terlalu besar atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, kita perlu mengompres ukurannya agar menjadi lebih kecil dan ringan. Misalnya,  ukuran foto Anda sebesar 5 MB tetapi Anda hanya boleh mengupload foto max: 2MB maka Anda perlu memperkecil ukurannya dengan alat-alat kompresi.

Apa itu kompresi? Dalam ilmu komputer, kompresi data merupakan sebuah cara untuk memadatkan data dengan begitu ruangan penyimpanan yang dibutukan lebih kecil dan lebih efisien serta juga bisa mempersingkat waktu pertukaran data tersebut.

Ada banyak alat kompresi yang dapat Anda gunakan baik secara online ataupun offline. Nah, pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda cara mengompresi ukuran foto dengan menggunakan 2 alat kompresi online yaitu TinyPNG dan Kraken IO (Image Optimizer). Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak penjelasan cara mengubah ukuran foto dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran Foto

A. TinyPNG

TinyPNG merupakan salah satu aplikasi kompresi gambar populer yang menggunakan teknik kompresi smart lossy. Banyak pengguna memilih menggunakan aplikasi ini karena sangat mudah dan hasilnya pun memuaskan dan berkualitas. Berikut dibawah ini langkah-langkah mengompres foto dengan TinyPNG.

1. Buka website TinyPNG disini.

2. Klik untuk mengunggah gambar atau drag and drop gambar yang akan di kompresi pada Drop your .png or .jpg files here! seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar dibawah ini.

Kompresi Foto

3. Jika Anda mengklik Drop your .png or .jpg files here!, pilih foto yang akan Anda masukkan (maksimal 20 foto) lalu klik Open.

Kompresi Foto4. Tunggu sampai proses kompresi selesai.

5. Setelah kompresi selesai, klik link download pada masing-masing foto untuk mengunduh foto/gambar hasil kompresi seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar dibawah ini.

Kompresi Foto

B. Kraken IO (Image Optimizer)

Kraken IO merupakan alat untuk optimasi dan kompresi  gambar berplatform SaaS dengan kemampuan manipulasi tambahan seperti mengubah ukuran gambar. Aplikasi ini secara otomatis mengecilkan ukuran byte gambar sebanyak/sebaik mungkin dengan tetap menjaga informasi visual tetap utuh dan berkualitas tinggi. Berikut dibawah ini langkah-langkah mengompres foto dengan Kraken IO.

1. Buka website Kraken IO disini.

2. Klik pada Try Free Web Interface seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar dibawah ini.

Kompresi Foto

3. Sebelum, Anda memasukkan gambar/foto yang akan dikompresi. Perhatikan, bagian-bagian yang ditandai pada gambar dibawah ini.

Kompresi Foto

  • Select source of images – Pilih jenis sumber dari gambar Anda apakah File Uploader, URL Paster, atau Page Cruncher. Opsi URL Paster atau Page Cruncher hanya berlaku untuk versi Pro.
  • Select optimization mode – Pilih jenis kompresi yang Anda inginkan.
  • Resize your images – Mengatur ulang ukuran gambar Anda yaitu lebar (width) dan panjangnya (height). Opsi ini hanya berlaku untuk versi Pro.
  • Click to upload or drag and drop your images here – Klik bagian ini untuk mengunggah gambar yang akan dikompresi atau drag and drop gambar tersebut ke bagian ini.

4. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan gambar dengan cara mengimpornya dari dropbox, google drive, atau box serta mengupload file ZIP yang berisi gambar-gambar Anda.

Kompresi Foto

5. Jika Anda memilih click to upload maka pilih gambar yang akan Anda masukkan (minimal ukuran gambar 1 MB) lalu klik Open.

Kompresi Foto

6. Tunggu sampai proses kompresi selesai.

7. Setelah kompresi selesai, klik tombol Download File pada masing-masing gambar untuk mengunduh foto/gambar hasil kompresi. Jika gambar yang diunduh banyak maka Anda bisa mengklik tombol Download All Kraked Files untuk mengunduh semua gambar sekaligus dalam format ZIP seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar dibawah ini.

Kompresi Foto

Sekian pembahasan tentang cara mengubah ukuran foto dengan TinyPNG dan Kraken IO. Baiklah, semoga pembahasan mengenai cara mengubah ukuran foto yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend