Cara Memotong Video di Movie Maker untuk Pemula, Ternyata Mudah!

Video merupakan salah satu teknologi dengan pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Dengan adanya teknologi ini, video setidaknya mampu menjadi sistem yang dapat memberikan pesan yang terkandung di dalamnya secara tersirat maupun tersurat. Adapun prosesnya yaitu menangkap gambar, kemudian merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.

Pada generasi millenial ini, orang-orang semakin memahami terkait teknik pengambilan video maupun cerita yang dihasilkan baik secara otodidak maupun belajar khusus. Banyak yang mengatakan bahwa video merupakan bahasa baru dalam kehidupan. Bagaimana tidak, video mampu memberikan kepada kita pemahaman terhadap isi dari video tersebut.

Belakangan, selain fotografer, kini videografer kerap digemari oleh kalangan anak muda. Mulai dari produksi bahan video menggunakan kamera handphone hingga kamera canggih sekalipun. Salah satu yang paling memanfaatkan trend ini yaitu selebgram. Mereka berlomba-lomba membuat video dengan hanya mengandalkan kamera smartphone yang ada. Hasil yang ditampilkan juga tidak kalah menarik dengan para profesional. Karena media pengambilan video tidak tergantung pada medianya, melainkan pada kemampuan seseorang dalam melakukan teknik pengambilan video tersebut serta trik-triknya.

Seiring perkembangan zaman, kini semuanya dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Dengan adanya kemudahan yang ada, membuat setiap orang mampu melakukan apa saja dengan kemampuan sendiri. Semuanya tergantung bagaimana setiap pribadi mampu menggali potensi dalam diri untuk memanfaatkan teknologi serta media yang disediakan.

Video itu sendiri sejatinya harus layak dinikmati dan enak dipandang. Oleh karena itu, video yang direkam harus melalui tahap editing agar hasil yang ditampilkan kemudian menjadi bagus. Bagian-bagian yang jelek atau bahkan tidak diperlukan, sebaiknya dibuang untuk meningkatkan kualitas video yang diambil. Karena data video mentah biasanya harus melewati tahap penyuntingan atau seleksi untuk dapat memperlihatkan tampilan yang baik. Walaupun begitu, terdapat data-data video mentah yang tidak harus melalui tahap penyuntingan.

Oleh karena itu, pentingnya pemotongan video menjadi salah satu proses editing yang biasa dilakukan. Lalu bagaimana cara memotong video? Pada artikel ini, saya akan memberitahu Anda bagaimana cara memotong video di Movie Maker. Yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memotong Video di Movie Maker

Pada kesempatan ini, saya menggunakan aplikasi Movie Maker untuk memotong video. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan proses pengeditan yang ribet atau rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi ini saja karena aplikasi ini tidak terlalu berat dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Untuk dapat memotong video di Movie Maker, langkah awalnya yaitu komputer Anda harus sudah terinstall aplikasi Movie Maker. Aplikasi Windows Movie Maker dapat anda download melalui link ini. Langsung saja ikuti cara-cara berikut.

1. Buka aplikasi Movie Maker.

2. Pilih menu Home lalu pilih Add videos and photos.

cara memotong video di movie maker

3. Selanjutnya cari dan pilih video yang ingin dipotong kemudian klik Open.

3 - pilih video

4. Setelah video terbuka, maka setiap frame dari video tersebut akan tampil. Langkah selanjutnya yaitu masuk ke tahap pemotongan.

a. Memotong video bagian awal

Geser garis ke kanan atau kiri sesuai video yang ingin dipotong > pilih menu Edit > pilih Split

cara memotong video di movie maker

– Lalu klik kanan pada bagian yang sudah dilakukan Split > pilih Remove.

4 a - klik kanan remove

b. Memotong video bagian tengah

Geser garis pertama ke arah kanan atau kiri > pilih menu Edit > pilih Split

cara memotong video di movie maker

– Lalu geser kembali garis kedua ke arah kanan atau kiri > pilih Split

4 b2 - geser garis kedua lalu split

Klik kanan > pilih Remove

4 b3 - klik kanan remove

c. Memotong video bagian akhir

Geser garis ke kanan atau kiri sebelum bagian akhir video sesuai bagian video yang ingin dipotong > pilih menu Edit > pilih Split

4 c1 - geser garis lalu split

– Lalu klik kanan pada bagian yang sudah dilakukan Split > kemudian pilih Remove

cara memotong video di movie maker dengan mudah

5. Setelah video telah berhasil terpotong jangan lupa untuk menyimpan video tersebut dengan cara pilih menu File > pilih Save movie > lalu silakan pilih ukuran video sesuai keinginan.

5 - simpan

6. Pilih direktori penyimpanan > isi nama file video > lalu pilih Save atau Simpan.

6 - save

7. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai dilakukan.

7 - tunggu proses

8. Maka file video telah berhasil disimpan.

8 - berhasil

Mudah bukan cara memotong video di Movie Maker? Sebenarnya banyak aplikasi yang dapat memotong video, namun jika video yang harus diedit tidaklah terlalu rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi Movie Maker sebagai pilihan karena aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend