Cara Upload File di Google Drive Melalui PC dan HP Android

Pernah mendengar atau melihat aplikasi Google Drive di smartphone maupun di Google? Sudahkah Anda mengetahui apa sebenarnya kegunaan dari Google Drive? Nah, sesuai dengan namanya, Google Drive ini merupakan layanan penyimpanan milik perusahaan Google yang dirilis pada 24 April 2012. Dan kabar baiknya, layanan penyimpanan ini memberikan penyimpanan gratis hingga berkapasitas 15GB. Namun, jika Anda ingin untuk menambah kapasitas penyimpanan, Anda harus bersedia membayar.

Layanan penyimpanan Google Drive yang berbasis cloud ini dapat digunakan melalui PC atau laptop maupun smartphone dalam beberapa platform seperti Windows, Mac, iOs, Android dan iPhone. Layanan online Google ini dapat menyimpan berbagai dokumen berupa file, foto, video dan banyak lagi. Dengan adanya Google Drive ini, Anda dapat mengakses dan membuka file di mana saja. Anda juga dapat berbagi file atau dokumen kepada teman Anda dengan menggunakan fitur share link pada Google Drive ini.

Google Drive ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan backup terhadap data-data yang berukuran kecil hingga data yang berukuran cukup besar. Untuk melakukan backup data atau menyimpan file atau dokumen di Google Drive, Anda harus mengupload file atau dokumen terlebih dahulu ke layanan penyimpanan berbasis cloud ini. Bagaimana cara mengupload file ke Google Drive? Nah, pada kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara upload file di Google Drive melalui PC / Laptop dan HP Android. Yuk simak langkah-langkah di bawah ini!

2 Cara Upload File di Google Drive

Sebelum mengupload file ke Google Drive, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memiliki akun Google dan memiliki koneksi internet.

#1 Upload File di Google Drive Melalui PC / Laptop

1. Buka browser pada PC atau laptop Anda > ketikkan alamat pada kotak link yang tersedia: www.google.com/drive/

2. Pilih Go to Google Drive.

cara upload file di google drive

3. Kemudian masuk menggunakan akun google Anda. Masukkan alamat email atau nomor telepon Anda > Klik Next atau Selanjutnya.

Langkah 3 - isi email lalu next

4. Isi password akun Google Anda > Klik tombol Sign InĀ atau masuk.

cara upload file di google drive lewat laptop

5. Pilih NEW > Lalu pilih File upload.

Langkah 5 - pilih new, file upload

6. Selanjutnya cari dan pilih file yang ingin Anda upload ke Google Drive > Pilih Open.

Langkah 6 - pilih file

7. Tunggu hingga proses upload selesai.

cara upload file di google drive di android

8. File berhasil di upload ke Google Drive Anda.

Langkah 8 - selesai

#2 Upload File di Google Drive Melalui HP Android

1. Buka aplikasi Google Drive pada smartphone Android Anda.

Langkah 1 - buka drive

2. Selanjutnya pilih ikon menu.

cara upload file di google drive agar bisa didownload orang lain

3. Pilih atau masuk ke akun google Anda. Jika akun Google Anda belum sinkronisasi atau belum login, silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda.

Langkah 3 - pilih gmail

4. Setelah akun Anda berhasil masuk, pilih ikon tanda tambah seperti gambar yang ditunjuk oleh tanda panah warna merah di bawah ini.

Langkah 4 - pilih ikon add atau tambah

5. Lalu pilih upload.

Langkah 5 - pilih upload

6. Selanjutnya cari dan pilih file yang ingin Anda upload ke Google Drive.

Langkah 6 - pilih file

7. Tunggu hingga proses upload selesai.

Langkah 7 - tunggu hingga selesai diupload

8. Anda telah berhasil melakukan upload file di Google Drive

Langkah 8 - berhasil

Mudah bukan cara upload file di Google Drive? Layanan penyimpanan berbasis internet ini dapat diakses dalam berbagai macam format file atau dokumen. Dengan hadirnya Google Drive ini, persoalan penyimpanan, pengaksesan, sharing maupun membuat dan mengedit file atau dokumen dapat dilakukan dengan mudah. Pada Google Drive ini juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna. Beberapa fitur dapat Anda nikmati secara gratis dan ada pula yang berbayar. Semua tergantung kebutuhan Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend