Adobe Character Animator: Membuat Animasi Secara Real-Time

Adobe Character Animator adalah software animasi yang menggabungkan motion capture dengan sistem rekaman multi track untuk mengendalikan karakter boneka (gambar animasi) yang dibuat di Photoshop atau Illustrator.

Software ini secara otomatis terinstall dalam paket instalasi Adobe After Effect CC 2015 sampai 2017, walaupun tersedia juga sebagai aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat diunduh secara terpisah sebagai bagian dari berlangganan Crealtive Cloud. Character Animator digunakan untuk membuat animasi langsung dan tidak langsung.

Fitur fitur Adobe Character Animator

Adobe Character Animator

Membuat hasil karya multilayered (berlapis) untuk suatu karakter

Menggunakan panel layer (lapisan) Dalam software Photoshop, setiap komponen dari karakter ditempatkan dalam layer yang terpisah. Jika pengguna memberi nama pada setiap layer untuk mengindikasikan kepada bagian tubuh mana mereka disambungkan (kepala, dada, mata, mulut) maka pengguna dapat langsung mengendalikan gerakan karakter dalam Character Animator.

Memberi Tag pada Layer kapan saja

Seperti yang dijelaskan di atas, lebih baik memberi nama pada setiap layer dalam Photoshop agar mudah dikenali dan dikendalikan dalam Character Animator tetapi pengguna juga dapat melakukannya kapan saja ketika melakukan editing dalam software Character Animator agar mudah untuk melakukan penyempurnaan nanti.

Membuat karakter animasi (boneka) dari gambar yang dibuat oleh pengguna

Dengan fitur ini maka pengguna dapat dengan mudah mengimpor gambar yang telah dibuat sendiri dan langsung dapat dikendalikan dalam software Character Animator secara otomatis seperti mengendalikan karakter yang telah disediakan dalam software Photoshop.

Membuat Karakter bergerak

Character Animator merekam ekspresi wajah pengguna dari webcam dan menganimasi karakter (boneka) berdasarkan format ekspresi pengguna tersebut.

Dengan menempatkan wajah pengguna di dalam lingkaran di panel Camera and Microphone, maka software akan memprosesnya menjadi ekspresi karakter animasi serta bisa ditambahkan suara pengguna dan gerakan badan atau tangan menggunakan mouse.

Preview dan penyempurnaan

Setelah melakukan review gerakan karakter maka pengguna dapat merekam ulang gerakan dan suara karakter sampai didapatkan hasil yang ideal dengan mudah menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam Character Animator serta mengubah setting karakter agar lebih sempurna sampai dengan menambahkan satu atau lebih karakter baru langsung di software Character Animator.

Integrasi dengan Adobe After Effect

Hasil karya animasi karakter yang telah selesai dikerjakan kemudian dapat digabungkan dengan software Adobe After Effect sebagai opsi untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik lagi.

Integrasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur Dynamic Link dimana setelah integrasi maka perubahan yang dilakukan menggunakan Character Animator akan secara otomatis mengubah karakter di After Effect.

Sebaliknya jika pengguna ingin memisahkan fungsi dari kedua software tersebut, misalnya hanya ingin menambahkan efek sederhana tanpa mengubah karakter yang sudah dibuat di Character Animator, maka pengguna cukup melakukan impor file dari Character Animator ke After Effect.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend