Akhirnya Jaringan 5G Hadir di Indonesia

Akhirnya Jaringan 5G Hadir di Indonesia

NESABAMEDIA.COMSetelah cukup lama ditunggu-tunggu, akhirnya jaringan 5G hadir di Indonesia. Adapun operator pertama yang akan menjadi penyedia layanan 5G ini adalah Telkomsel. Perusahaan BUMN itu telah mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) jaringan 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pekan ini. 

Jaringan 5G akan mulai bisa dinikmati mulai tanggal 27 Mei 2021 oleh masyarakat Indonesia. Namun perlu dicatat, nantinya jaringan ini akan hadir secara terbatas. Pihak Telkomsel mengatakan bahwa mereka akan mulai menghadirkan jaringan 5G di enam lokasi di wilayah Jabodetabek terlebih dahulu. Di antaranya di daerah Pondok Indah, Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra dan Kelapa Gading. Selanjutnya, akan dirilis bertahap ke kota lain di Batam, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. 

Meski demikian, sejauh ini pihak Telkomsel masih belum mengungkapkan seperti apa nantinya mekanisme yang akan dilakukan untuk menyelenggarakan migrasi jaringan kepada para pelanggan. Mereka juga belum menjelaskan jenis-jenis paket data yang akan disediakan untuk jaringan 5G itu. 

Telkomsel hanya menginformasikan bahwa pilihan paket untuk jaringan 5G, masih dalam tahap pembahasan, dan akan diumumkan setelah jaringan itu mulai tersedia ke publik. 

Lebih lanjut, Telkomsel menjelaskan bahwa mereka memakai pita frekuensi 2,3 Ghz untuk data plane, sementara untuk control plane mereka memakai spektrum 1,8 GHz. Mereka pun sebelumnya telah dinyatakan lulus Uji Layak Operasional (ULO) yang dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 21 Mei kemarin. 

Sebagai informasi, ULO adalah sebuah persyaratan yang wajib dipenuhi penyelenggara jaringan seluler di Indonesia, sebelum diizinkan untuk menyediakan layanan 5G secara komersial. Tujuannya agar perusahaan yang bersangkutan bisa memberikan kepastian layanan sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Nantinya para pengguna yang telah menjadi pelanggan Telkomsel, tidak perlu melakukan penggantian Sim Card. Namun cukup menyediakan perangkat yang telah mendukung teknologi 5G saja. 

Hadirnya jaringan 5G ini akan membuka era baru telekomunikasi di Indonesia. Pasalnya, teknologi 5G mampu menawarkan kecepatan transfer data sampai 100 kali lipat dibandingkan jaringan 4G yang ada sekarang ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend