Chipset Qualcomm Snapdragon 7c Generasi 2, Akan Bawa Laptop Windows 10 Bersaing Dengan Apple M1

Qualcomm Snapdragon 7c Generasi 2, Bawa Laptop Windows 10 Bersaing Dengan Apple M1

NESABAMEDIA.COMQualcomm telah mengumumkan bahwa chipset Snapdragon 7c Generasi 2, yang seperti namanya, merupakan versi penyegaran dari Snapdragon 7c yang dirilis tahun lalu dan difokuskan untuk meningkatkan Windows 10 ‘Always Connected’ yang terjangkau di perangkat laptop ARM. 

Idenya adalah, seperti pada umumnya dengan perangkat portabel, yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon (yang biasanya ada di perangkat smartphone) untuk menyediakan dukungan layanan LTE saat bepergian, fungsionalitas instan seperti melakukan panggilan telepon dan masa pakai baterai yang lebih lama. 

Seri terbaru dari Snapdragon 7c ini mendorong kemampua yang sudah ada lebih jauh, dan bisa menjadi target yang sangat dibutuhkan di perangkat ARM Windows 10, yang bertujuan untuk membantu mereka agar bisa bersaing dengan Apple. Tentu saja, Apple telah memiliki silikon M1 berbasis ARM, yang telah mendapatkan sambutan hangat di pasaran, dan sekarang digunakan untuk mentenagai beberapa perangkat MacBook mereka.

Jadi dengan diluncurkannya Snapdragon 7c Generasi 2, apa yang sebenarnya hendak ditawarkan Qualcomm kepada pengguna?

Yang ditawarkan adalah sebuah SoC Octa-Core dengan clock speed mencapai 2,55 GHz yang menjanjikan adanya peningkatan kinerja sistem sebesar 10 persen daripada kompetitor. Selain itu, chipset tersebut bisa memperpanjang masa penggunaan baterai sampai dengan 19 jam lebih dalam pemakaian terus menerus. Sementara layanan internet ditunjang oleh modem Snapdragon X15 4G LTE. 

Ada banyak sekali fitur-fitur tambahan yang dibundel dengan semua ini, termasuk mesin AI yang bisa membantu mempercepat tugas tertentu, seperti fungsi keamanan dan pengenalan suara. Kemudian ada juga prosesor sinyal gambar Qualcomm Spectra yang mampu meningkatkan kualitas gambar dan teknologi peningkatan audio untuk memberikan lebih banyak saat menggunakan kamera pengguna untuk melakukan panggilan video atau menonton film.

Qualcomm mengatakan, “Dengan suara surround virtual, echo cancellation, dan juga peredam bising, Snapdragon 7 Generasi 2 akan mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan jarak jauh dan juga pengalaman dalam menggunakan layanan hiburan”. 

Dengan dunia yang masih bergantung pada work from home untuk banyak orang, dan juga konferensi video menjadi kebutuhan utama dalam pekerjaan, fitur pemroses gambar dan suara ini akan mendapatkan sambutan hangat dari pengguna.

Pihak Qualcomm menambahkan bahwa perangkat laptop pertama yang akan menggunakan Snapdragon 7c Generasi 2 ini akan diluncurkan pada beberapa bulan mendatang. 

Leave a Reply

Send this to a friend