Alasan Utama Google Akan Pakai Kamera 50MP di Pixel 6

Alasan Utama Google Akan Pakai Kamera 50MP di Pixel 6

NESABAMEDIA.COMJika ada bagian dari smartphone Google Pixel yang sangat membutuhkan peningkatan adalah bagian perangkat keras kamera. Sensor gambar utama yang digunakan di Google Pixel 5 keluaran tahun 2020, secara virtual identik dengan yang digunakan di Pixel 2 keluaran 2017. Itu adalah sebuah kamera 12.2MP dengan stabilisasi optik. Jika ingin membandingkan dengan perangkat yang lebih lama, sensor gambar itu setara dengan yang dimiliki Nexus 6P yang dikeluarkan tahun 2015 silam. 

Hampir empat tahun lamanya, meskipun sensor yang digunakan di smartphone Google Pixel tidak terlalu buruk, peningkatan pada sisi kamera benar-benar telah ketinggalan. Selama ini, strategi Google dalam sektor fotografi smartphone, dan perangkat keras produk yang lebih luas, adalah tentang bagaimana membandingkan dirinya lewat perangkat lunak, bukan mendorong komponen perangkat keras paling mutakhir. 

Itulah sebabnya mengapa, bahkan dengan kecacatan pada perangkat kerasnya yang serius, Google Pixel 5 tetap bisa bersaing dengan kebanyakan smartphone Android terbaik. 

Akan tetapi, setelah hampir setengah dekade usia perangkat keras di balik pengalaman yang diterima pengguna itu mulai terlihat. Jadi sudah waktunya bagi Google untuk melakukan peningkatan.

Kemungkinan hal tersebut akan dilakukan Google pada kamera Pixel 6 yang disebut-sebut akan menggunakan kamera utama 50MP. Kabar ini santer diberitakan dalam beberapa bulan terakhir, dan bahkan dikonfirmasi oleh sumber internal Google. 

Raksasa smartphone lainnya seperti Samsung dan Apple telah mampu melibas Google dalam hal fotografi komputasi, benar-benar jauh meninggalkan jajaran Pixel dalam hal perangkat keras kamera. Rata-rata smartphone Android yang ada saat ini sudah memiliki mode malam yang sangat baik, dan pengambilan dengan piksel gambar yang sempurna. 

Trik yang digunakan Google dengan mengandalkan perangkat lunak kamera, tidak lagi eksklusif, karena merek lain bisa mengandalkan kekuatan dari teknologi sensor kamera dan lensa yang lebih besar serta lebih baik. 

Dengan asumsi Google akan menggunakan komponen pihak ketiga di smartphone mereka berikutnya, ada dua kandidat utama untuk sensor utama Pixel 6. Itu adalah Sony IMX766 dan Samsung GN2. 

Alasan lain untuk bisa optimis bahwa Google akan melakukan peningkatan adalah fakta bahwa mereka kini telah mendesain sebuah silikon baru, yakni chipset Google GS101 a.k.a Whitechapel. Chipset ini memiliki tenaga jauh lebih besar dibandingkan Snapdragon 765G yang ada di Pixel 5. 

Itu artinya, tidak hanya kamera di Google Pixel 6 yang akan memiliki lebih banyak data, tetapi juga akan lebih cepat dalam memproses data, dan memiliki kapasitas lebih besar dalam menyimpan data.

Leave a Reply

Send this to a friend