• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti Snipping Tool

5 Alternatif Aplikasi Pengganti Snipping Tool (+Link Download)

Secara default, penangkapan layar di Microsoft Windows baik windows 7, 8, ataupun 10 dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur Snipping Tool. Fitur ini memang sudah bawaan Windows yang tidak perlu Anda unduh dan instal lagi.

Namun, ada kalanya aplikasi Snipping Tool ini menjadi tidak efisien, contohnya ketika kita memerlukan fitur pengeditan screenshot bawaan atau fitur berbagi terintegrasi.

Alternatif Aplikasi Pengganti Snipping Tool

Selain kekurangan tersebut, aplikasi Snipping Tool ini belum tersedia di MacOS ataupun Linux. Nah, jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi tangkapan layar selain Snipping Tool, maka artikel ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

Ini dia 5 alternatif aplikasi pengganti Snipping Tool yang wajib Anda coba. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. PicPick

PicPick

Alternatif aplikasi pertama sebagai pengganti Snipping Tool adalah PicPick. Aplikasi tangkapan layar ini dapat Anda unduh dan gunakan sepenuhnya secara gratis di sistem operasi Windows. Karena saya pribadi menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi PickPick memungkinkan Anda untuk menangkap beragam metode ekstrem, seperti layar penuh, jendela aktif, atau jendela gulir, dan lain sebagainya.

Selain dapat digunakan untuk menangkap layar, aplikasi PicPick ini memberikan beberapa fitur lainnya seprti Magnifier, Pixel Ruler, CrossHair dan juga WhiteBoard yang dapat memudahkan berbagai hal Anda. Fitur editornya juga mencakup semua elemen yang Anda perlukan untuk membuat tangkapan layar yang efektif.

Kelebihan lainnya, aplikasi PicPick memungkinkan Anda untuk mengekspor tangkapan layar dalam berbagai format seperti file gambar & PDF bersama dengan integrasi berbasis web.

2. ShareX

Alternatif Aplikasi Pengganti Snipping Tool

Aplikasi alternatif berikutnya adalah ShareX. Aplikasi ini termasuk aplikasi tangkapan layar PC atau komputer yang cukup powerful. Sudah beredar selama lebih dari 8 tahun, sehingga tidak dipungkiri bahwa aplikasi ShareX ini memberikan berbagai macam fitur.

Aplikasi ShareX ini memungkinkan Anda untuk membuat screenshot layar fullscreen, halaman website, monitor yang aktif (kalau menggunakan banyak monitor), area tertentu, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa tindakan setelah menangkap layar. Apakah copy ke clipboard, melihat di Explorer, print, membuat catatan, image editor, langsung upload, dan lain sebagainya.

3. Greenshot

Greenshot

Greenshot merupakan aplikasi tangkapan layar PC atau komputer yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Walaupun hanya tersedia di Windows saja, aplikasi Greenshot ini open-source dan di-host oleh SourceForge.

Dengan menggunakan Greenshot ini Anda dapat mengambil banyak tangkapan layar menggunakan metode yang berbeda, sedangkan fitur editor gambar memungkinkan Anda menambahkan anotasi dan sorotan ke tangkapan layar tertentu untuk menjadikannya lebih informatif dan efektif.

Aplikasi ini juga memiliki shortkey atau tombol cepat untuk mode penangkapan tertentu.

4. Flameshot

Flameshot

Aplikasi selanjutnya adalah Flameshot. Aplikasi tangkapan layar Flameshot memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan intuitif. Antarmuka ini dirancang tentunya ada tujuannya yaitu memudahkan para penggunanya baik yang belum berpengalaman ataupun sudah banyak pengalaman. Aplikasi ini bayar gak sih? Eits… tentu saja gratis.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya yang hanya mampu digunakan di satu sistem operasi saja, aplikasi Flameshot ini dapat Anda gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Ada berbagai macam output file yang Anda pilih.

Anda juga dapat langsung mengcopy atau mengirim hasil tangkapan layar Anda ke WhatsApp tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Sangat praktis bukan?

5. LightShot

Alternatif Aplikasi Pengganti Snipping Tool

Alternatif aplikasi pengganti Snipping Tool yang terakhir adalah LightShot. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis di PC ataupun laptop Anda. Proses instalasi dan tampilan antarmukanya yang sederhana dapat menggantikan Snipping Tool.  Setelah Anda men-screenshot Anda dapat mengeditnya terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat mengunggahnya hanya dengan satu klik saja.

Aplikasi LightShot sebenarnya berfungsi ketika Anda menekan tombol Prt Scrn di keyboard, tetapi Anda dapat mengatur hotkey spesifik sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Ada juga beberapa opsi untuk mengkustomisasi output dari LightShot, seperti format file output, kursor yang disertakan dalam bidikan, dan lain sebagainya. Lightshot dapat digunakan di berbagai sistem operasi dan berbagai ekstensi browser (Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer).

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 5 alternatif aplikasi pengganti Snipping Tool yang wajib Anda coba. Aplikasi mana nih yang pengen banget kamu coba?

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend