• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti Winamp

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Winamp (+Link Download)

Saat ini, mendengarkan musik bisa dari mana saja salah satunya dari PC ataupun laptop. Untuk mendengarkan musik tentunya kita membutuhkan sebuah aplikasi pemutar musik. Salah satu aplikasi pemutar musik yang sangat populer adalah WINAMP.

Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi WINAMP? Aplikasi ini merupakan salah satu program pemutar musik tertua yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Namun, jika kita lihat aplikasi Winamp kini mungkin agak tertinggal zaman. Sedangkan para pengembangnya tidak berminat untuk melakukan pembaruan.

Alternatif Aplikasi Pengganti Winamp

Nah, jika Anda bosan dengan aplikasi Winamp, mungkin Anda dapat mencoba aplikasi alternatif yang akan dijelaskan pada artikel ini. Ini dia 10 rekomendasi alternatif aplikasi pengganti Winamp yang dapat Anda coba secara gratis. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. AIMP

AIMP

Alternatif aplikasi pengganti Winamp yang pertama adalah AIMP. Aplikasi AIMP merupakan sebuah aplikasi pemutar musik yang bertipe music toolbox yang hampir selalu diperbarui setiap bulannya.

Pembaruan yang diberikan pun tidak setengah-setengah karena setiap versi terbaru yang dihadirkan oleh aplikasi AIMP ini, para penggunanya akan selalu disuguhi berbagai perbaikan serta fitur-fitur baru yang memanjakan.

Aplikasi AIMP mendukung berbagai sistem operasi sehingga Anda akan sangat mudah memutar berbagai file mltimedia di aplikasi AIMP ini.

Ukuran dari aplikasi AIMP ini sangat ringan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan yang penuh. AIMP juga memberikan fitur pergantian skin yang dapat diatur suka-suka oleh para penggunanya.

2. foobar2000

Alternatif Aplikasi Pengganti Winamp

Aplikasi alternatif selanjutnya adalah Foobar2000. Aplikasi pemutar musik yang satu ini meskipun mempunyai banyak fitur tetapi masih cukup ringan untuk dijalankan. Salah satu aplikasi pemutar musik yang mempunyai fitur yang sangat lengkap adalah Foobar2000.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Anda juga dapat mengubah tampilan menggunakan berbagai pilihan skin yang sudah disediakan. Aplikasi Foobar2000 ini mendukung berbagai format file audio seperti MP3, MP4, AAC, CD, Vorbis, WMA, dan berbagai format audio lainnya. Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi mulai dari Windows XP hingga Windows 10.

3. MusicBee

musicbee

Alternatif aplikasi selanjutnya adalah MusicBee. Aplikasi pemutar musik yang satu ini bukan hanya dapat digunakan untuk mengatur musik saja, namun juga dapat mendeteksi musik yang sedang Anda dengarkan.

MusicBee menyediakan berbagai macam fitur, diantaranya seperti mengelola tag, art cover, file audiobook, mendengarkan radio online, menata podcast, dan masih banyak lagi.

Jika Anda bosan dengan tampilan default, Anda dapat mengubahnya dengan cara mengunduh skin yang sudah disediakan di situs web resmi MusicBee. Anda dapat memilih skin sesuai dengan keinginan. Sangat recomemended bukan?

4. Clementine

clementine

Clementine merupakan salah satu alternatif aplikasi pengganti WINAMP yang memiliki peringkat teratas dan terbaik yang patut Anda pertimbangkan.

Salah satu fitur yang dapat dibanggakan oleh aplikasi ini adalah dukungan untuk berbagai layanan penyimpanan awan seperti Dropbox, Spotify, Google Drive, OneDrive, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda tidak perlu mengunduh musik terlebih dahulu ke dalam PC ataupun laptop Anda karena aplikasi Clementine ini dapat memutar file musik yang sudah Anda simpan di platform penyimpanan awan tersebut. Selain itu, aplikasi Clementine juga memiliki fitur podcast dan streaming musik yang dapat Anda nikmati dengan mudah.

5. Audacious

Audacious

Selanjutnya ada aplikasi Audacious. Aplikasi pemutar musik yang satu ini sama seperti Winamp yang mendukung berbagai format file audio seperti WAV, FLAC, AAC, MP3, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi Audacious juga mempunyai dukungan untuk plug-in.

Dengan adanya dukungan plug-in ini, fitur-fitur Audacious dapat Anda modifikasi untuk membuatnya lebih baik. Jadi, aplikasi Audacious ini dapat Anda pertimbangkan kembali dengan fitur-fitur yang telah disediakannya.

6. MediaMonkey

Daftar Aplikasi Pengganti Winamp

Alternatif aplikasi pengganti WINAMP selanjutnya adalah MediaMonkey. Aplikasi pemutar musik MediaMonkey ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki banyak koleksi lagu.

MediaMonkey menjadi salah satu pemutar musik terbaik untuk PC ataupun laptop. Untuk format file musik yang didukungnya pun lumayan banyak, seperti OGG, WMA, FLAC, MP3, AAC, dan lain sebagainya.

Apabila Anda memiliki judul lagu yang sama, aplikasi MediaMonkey ini dapat menemukannya dengan sangat mudah. Sehingga Anda dapat menghapus lagu tersebut dengan mudah.

Adapun fitur-fitur menarik lainnya yang dapat Anda nikmati diantaranya adalah Identify Track, Manage Your Musik, Tag, Update Library, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

7. Quod Libet

Quod-Libet

Quod Libet merupakan aplikasi pemutar musik yang bersifat open source yang artinya dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi Quod Libet dapat Anda gunakan di sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

Dengan fitur pencarian ekstensif  pada aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menandai dan mencari file audio untuk menciptakan pengalaman mendengarkan yang Anda inginkan. Meskipun aplikasi ini agak sedikit rumit, namun hal tersebut sepadan dengan fitur yang disediakan.

8. DeaDBeeF

DeadBeeF

DeadBeeF merupakan salah satu aplikasi pemutar musik yang diperuntukkan untuk sistem operasi GNU/Linux. Aplikasi DeadBeeF ini diciptakan oleh seorang programmer handal bernama Alexey Yakovenko. Ukuran file dari aplikasi DeadBeeF ini cukup kecil namun tetap memiliki kinerja yang cepat dan juga ringan.

Meskipun awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan di Linux saja, saat ini aplikasi DeadBeeF sudah dapat dinikmati untuk kalangan pengguna Andorid. Aplikasi DeadBeef ini mendukung 13 format file audio.

Anda juga dapat melakukan online streaming dengan dilengkapi fitur equializer 10-band. Selain itu, DeadBeeF juga mempunyai track dan per album yang dapat diputar ulang, daftar putar  manajer, last .fm scrobbling, dan lain sebagainya.

9. Amarok

Amarok

Alternatif aplikasi selanjutnya adalah Amarok. Aplikasi Amarok ini menyediakan koleksi lagu dengan jumlah yang cukup banyak. Jika aplikasi sebelumnya hanya dapat mendukung 2 sistem operasi saja, berbeda dengan aplikasi Amarok yang mendukung berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, MacOS, Linux, hingga Unix.

Tampilan antarmukanya yang intuitif menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini. Aplikasi Amarok ini hadir dengan komponen dasar yang berasal dari KDE Dekstop Environtment.

Salah satu keunggulan lainnya dari aplikasi Amarok adalah dapat terhubung ke layanan web. Dengan begitu, aplikasi Amarok memiliki potensi untuk menambah koleksi lagunya dengan mudah sehingga Anda akan mendapatkan musik-musik terbaru.

10. XMPlay

Alternatif Aplikasi Pengganti Winamp

Aplikasi alternatif penggati WINAMP yang terakhir yang dapat Anda coba adalah XMPlay. Aplikasi ini mempunyai tampilan antarmuka yang mirip seperti Winamp dengan beberapa fungsi dan fitur yang juga sama menarik.

XMPlay memiliki ukuran yang cukup kecil dan tidak wajib untuk diinstal di PC ataupun laptop Anda karena ia merupakan portable software.

XMPlay juga memungkinkan Anda untuk mengganti skin dengan 100 skin yang sudah disediakan oleh aplikasi ini. Fitur Loop Track dan Loop List yang ada di aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengulang pemutaran track dan album. Bahkan ada juga fitur Crossfade dan fade out yang dapat Anda atur menggunakan tombol slider yang disediakan.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi alternatif aplikasi pengganti Winamp untuk PC ataupun laptop Anda. Silakan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend