• Our Partners:

Meski Lambat, Microsoft Terus Berupaya Tingkatkan Fitur Tab di File Explorer

Meski Lambat, Microsoft Terus Berupaya Tingkatkan Fitur Tab di File Explorer

NESABAMEDIA.COMSebelumnya ditemukan bahwa Microsoft sedang berupaya mengerjakan antarmuka Tab untuk File Explorer, namun implementasi pertama tersebut sepertinya masih jauh dari kata sempurna.

Setelah diamati lebih seksama, Tab di File Explorer terungkap memiliki banyak sekali kekurangan fitur dan secara keseluruhan masih membutuhkan banyak penyempurnaan. 

Kabar baiknya adalah Microsoft tampaknya terus berupaya meningkatkan Tab di File Explorer tersebut. Build pratinjau teranyar untuk Windows 11 mengembalikan lagi kemampuan untuk mengaktifkan tab, dan membawa peningkatan yang dibutuhkan. 

Yang menjadi sorotan utama adalah pengguna kini bisa menyusun Tab yang terbuka, sesuatu yang biasanya kita lakukan dengan mudah di browser modern. Tekan dan tahan sebuah Tab, kemudian seret ke bagian bilah manapun yang diinginkan.

Memindahkan Tab di luar jendela yang sedang aktif digunakan, akan meluncurkan sebuah File Explorer baru, namun anda tidak bisa memindahkan Tab dari jendela satu ke jendela File Explorer lainnya. Itu adalah satu dari sekian banyak peningkatan yang masih harus dilakukan oleh Microsoft. 

Memindahkan Tab File Explorer 3

Memindahkan Tab File Explorer 3

Seperti halnya browser Microsoft Edge, File Explorer di Windows 11 memungkinkan anda untuk beralih Tab menggunakan pintasan keyboard. Tekan Ctrl+Tab untuk memindahkan Tab berikutnya dan Ctrl+Shift+Tab untuk beralih ke Tab sebelumnya.

Area ini juga membutuhkan peningkatan lagi, karena File Explorer tidak menggulir ke semua Tab yang ada. Anda tidak bisa tetap menahan tombol Ctrl+Tab untuk beralih dari Tab terakhir ke Tab pertama. 

Semua ketidak sempurnaan dan kekurangan serta hilangnya fitur yang dibutuhkan kemungkinan menjadi alasan kenapa Microsoft kemudian menyembunyikan fitur ini dari publik sekarang, namun jika anda penasaran dengan kemampuan baru ini, anda bisa melakukan langkah-langkah untuk mengaktifkannya. 

  1. Pertama adalah pastikan anda menggunakan Windows 11 Build 22572 di saluran Pengembang.
  2. Unduh ViveTool dari Github di halaman berikut ini.
  3. Navigasi ke direktori di mana anda memasang ViveTool dan jalankan perintah: vivetool addconfig 34370472 2.
  4. Restart PC. 

Namun perlu diingat bahwa pengguna sebaiknya tidak berharap banyak, karena tidak ada jaminan jika Microsoft akan mengirimkan fitur Tab di File Explorer ini ke saluran stabil. Para pengembang Windows telah menjelaskan bahwa build Pengembang akan berisi fitur eksperimental dan beberapa kemampuan itu bisa jadi tidak akan pernah dirilis ke publik. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend