Alternatif Aplikasi Pengganti WinRAR

10 Alternatif Aplikasi Pengganti WinRAR (+Link Download)

WinRAR merupakan sebuah aplikasi untuk mengompresi file yang paling populer saat ini. Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi dan penggunaannya pun sangat mudah.

Cara kerjanya yang simpel dan tampilannya yang sederhana membuat aplikasi WinRAR melekat kuat di hati para penggunanya. Padahal ada banyak sekali aplikasi pengompresi file selain WinRAR.

Alternatif Aplikasi Pengganti WinRAR

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi alternatif pengganti WinRAR yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Pada artikel kali ini kita akan membahas 10 alternatif aplikasi WinRAR yang bisa Anda gunakan. Langsung saja, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. 7-Zip

7-Zip

Aplikasi alternatif pertama pengganti WinRAR adalah 7-ZIP. Aplikasi ini termasuk perangkat lunak yang bersifat open source dan dapat Anda unduh secara gratis di PC ataupun laptop, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial tanpa harus membayar sepeserpun.

Aplikasi 7-Zip ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows XP, Linux, dan macOS. Tidak perlu khawatir dengan penggunaannya yang ribet karena aplikasi 7-Zip ini pemasangan serta penggunaannya sangat cepat dan sederhana. Aplikasi 7-Zip ini mendukung berbagai format file seperti .ZIP, .TAR, .XZ, .WIM Y, .7zdan lain sebagainya.

2. PeaZip

Peazip

Aplikasi alternatif gratis selanjutnya adalah aplikasi PeaZip. Aplikasi alternatif yang satu ini menduduki peringkat tinggi dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi PeaZip bersifat open source dan juga tentunya gratis. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di sistem operasi Microsoft Windows, BSD, GNU/Linux5.

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi ini, Anda dapat menggunakan versi portable yaitu boot dari media penyimpanan eksternal seperti stik memori USB.

Aplikasi PeaZip ini memungkinkan Anda untuk mengompres serta mendekompresi berbagai jenis file, seperti .7z, .arc, .bz2, .gz, .paq, .pea, .quad, .split, .tar, .upx, .zip dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki sistem keamanan otentikasi ganda dan juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

3. WinZip

WinZip

Aplikasi berikutnya sebagai alternatif dari WinRAR adalah WinZIP. Aplikasi WinZIP merupakan aplikasi kompresi file dengan berbagai format apapun yang menjadikannya lebih aman. Hampir seluruh format file didukung oleh aplikasi yang satu ini.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi WinZip ini adalah dapat digunakan untuk mengamankan file yang sangat penting, misalnya adalah sebuah file text yang berisi data perbankan.

Dengan menggunakan aplikasi WinZip, Anda dapat melakukan penambahan proteksi kemanan untuk membuka file tersebut. Aplikasi ini juga dapat terhubung dengan berbagai jenis penyimpanan awan seperti Google Drive, One Drive, dan lain sebagainya.

4. Bandizip

Bandizip

Aplikasi selanjutnya adalah Bandizip. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tampilan antarmuka yang dapat dikatakan lebih modern dan mengikuti zaman. Bahkan banyak yang menyebutkan tampilannya lebih cantik dibandingkan WinRAR. Tenang saja, aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa ada biaya tambahan apapun.

Keunggulan lainnya yang dimiliki aplikasi Bandizip ini adalah aplikasi ini dapat memindai file dari virus sebelum dibuka dan mendukung kompresi multi-core. Hal ini sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki PC ataupun laptop kelas atas. Bahkan Anda juga dapat menambahkan enkripsi yang kuat seperti AES 256 dan ZipCrypto untuk perlindungan ekstra dan optimal.

5. The Unarchiver

The Unarchiver

Aplikasi alternatif selanjutnya adalah The Unarchiver. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil yang mampu membuka berbagai jenis file arsip. Beberapa format file yang dapat dibuka seperti Zip, RAR (termasuk v5), 7-zip, Tar, Gzip dan Bzip2.

Bahkan aplikasi ini mampu membuka banyak format lama, seperti StuffIt, DiskDoubler, LZH, ARJ dan ARC hingga file gambar disk ISO dan BIN dan beberapa penginstal Windows .EXE.

Aplikasi The Unarchiver ini dapat Anda gunakan di sistem operasi MacOS, Windows, hingga Linux. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis.

6. IZArc

IZArc

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda jadikan alternatif adalah IZArc. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis meskipun belum bersifat open source.

Aplikasi IZArc mendukung berbagai format file yang hampir tidak terhitung jumlahnya, mulai dari .7z, .arc, .arj, B64, .bh, .bin, .bz2, .c2d, .cab, .cdi, .cpio, .deb, .enc, .gca, .gz, .gza, .img, ISO, .jar, .tha, .lib, .lzh, .mdf, .mbf, .mim, .nrg, .pak, .pdi, .pk3, .rar, .rpm, .tar, .taz, .tbz, .tgz, .tz, .uue, .war, .xpi, .xxe, .yz1, .zip, hingga .zoo.

Selain itu, Anda juga dapat mengonversi file dan gambar CD, memperbaiki file yang rusak, melakukan pemindaian malware, dan enkripsi yang kompatibel dengan WinZip. Tampilan antarmuka dari aplikasi ini juga sudah modern sehingga mudah untuk digunakan. Namun, satu hal yang sangat disayangkan, aplikasi IZArc ini hanya dapat bekerja pada sistem operasi Windows saja.

7. Universal Extractor

Universal-Extractor

Aplikasi berikutnya adalah Universal Extractor. Aplikasi ini mampu mengekstrak hampir semua format file arsip di sistem operasi Windows.  Bahkan format file yang mungkin sama sekali belum pernah Anda jumpai pun, aplikasi ini mampu melakukannya dengan baik.

Aplikasi Universal Extractor ini juga dapat mengekstrak file MHTML yang merupakan file arsip berisi halaman web. Bahkan aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengekstrak file installer.

Keuntungannya, ada beberapa aplikasi yang bisa dijalankan tanpa harus diinstall sehingga Anda bisa menghindari adware yang mungkin muncul selama proses instalasi berlangsung.

8. FreeARC

FreeARC

Aplikasi selanjutnya adalah FreeArc. Sama seperti aplikasi WinRAR, aplikai FreeArc ini juga dapat digunakan untuk memperkecil ukuran sebuah file. Misalnya saja Anda ingin mengecilkan sebuah file dengan ukuran yang sangat besar yaitu 10 GB. Saat Anda mengecilkannya menggunakan FreeArc maka bisa jadi ukurannya menjadi hanya 3 GB saja.

Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Selain mudah, FreeArc juga mampu melakukan prosesnya dengan sangat cepat. Sehingga Anda hanya perlu menunggu dalam waktu singkat saja. Aplikasi ini juga mendukung berbagai macam format file. Bahkan Anda dapat mengubah format file ke format lain seperti SFX.

9. HaoZip

HaoZip

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal China. Aplikasi ini disebut dengan HaoZip. Aplikasi alternatif WinRAR ini mendukung banyak file hingga 50 file. Tampilan antarmukanya yang cantik dapat memudahkan para penggunanya untuk menggunakannya.

Aplikasi HaoZip ini juga dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Namun, sangat disayangkan aplikasi HaoZip ini memiliki kelemahan dalam hal pengembangan. Sehingga aplikasi ini dihentikan dan aplikasi ini sampai sekarang belum mendukung file RAR5 dalam kompresinya.

10. ExtractNow

ExtractNow

Aplikasi alternatif terakhir yang dapat Anda gunakan selain WinRAR adalah ExtractNow. Sama seperti aplikasi alternatif lainnya, aplikasi ExtractNow ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis dengan tampilan antarmuka yang cukup sederhana. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya dalam mengekstrak banyak file dengan mudah.

Anda cukup melakukan drag and drop saja untuk mengkompresi ataupun mengekstrak beberapa file sekaligus. Sehingga Anda tidak perlu mengekstrak satu persatu file, Anda dapat mengekstrak banyak file sekaligus hanya dengan satu klik saja. Aplikasi ExtractNow ini juga mendukung berbagai format file yang populer, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi alternatif pengganti WinRAR di PC ataupun laptop Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend