iPhone SE 2022 Dibandingkan Dengan Smartphone Android

iPhone SE 2022 Dibandingkan Dengan Smartphone Android

NESABAMEDIA.COMiPhone SE 2022 yang baru mungkin terlihat begitu familiar bagi mereka yang telah melihat keberadaan perangkat iPhone selama delapan tahun terakhir. Namun karena itu adalah langkah Apple dalam menghadirkan seri smartphone anggaran, apa yang ada di dalamnya adalah yang patut diperhitungkan. 

Smartphone ini dijadwalkan meluncur pada tanggal 18 Maret mendatang, dengan pre-order telah berlangsung sejak tanggal 11 Maret lalu. Ini mengemas prosesor A15 Bionic dan harga mulai Rp6 jutaan untuk varian 64GB. Prosesor itu adalah yang sama yang ada di iPhone 13, menjadikannya memiliki kemampuan hampir setara dengan iPhone teranyar. 

Lalu bagaimana jadinya jika iPhone SE 2022 ini dibandingkan dengan smartphone Android, untuk kelas yang setara?

Kekuatan iPhone SE 2022

Smartphone ini mungkin menggunakan desain kuno dengan bezel besar, tetapi hal baiknya adalah mampu menawarkan ruang untuk kinerja besar pada titik harga yang relatif terjangkau. Anda tidak bisa mendapatkan smartphone lain dengan harga kurang dari Rp7 jutaan dengan prosesor secanggih itu. 

Tahun ini Apple menjanjikan peningkatan kinerja dengan prosesor A15, termasuk juga baterai yang lebih besar untuk bisa mengakomodasi modem 5G yang lapar akan daya. Semuanya itu bisa didapatkan dengan harga Rp400 ribu lebih mahal dari model yang keluar pada tahun 2020, walaupun dengan desain yang sama dan juga layar Retina 4,7 inci. 

Dibandingkan Smartphone Android

Desain itu mungkin terasa hangat dan nyaman bagi pemilik iPhone lama yang belum memutakhirkan smartphone mereka selama bertahun-tahun, tetapi apabila dibandingkan dengan smartphone Android, itu seperti desain lawas dari masa lalu yang sudah lama terlupakan. 

Untuk harga, iPhone SE mungkin setara dengan semua jenis smartphone Android dengan layar yang lebih besar, baterai lebih besar, RAM lebih besar dan kamera ekstra. iPhone SE mungkin menawarkan kinerja yang lebih tinggi berkat keberadaan prosesornya, tetapi smartphone seperti Samsung Galaxy A52 5G, Google Pixel 5A, dan Motorola Moto Edge 5G UW mengemas fitur yang lebih modern.

Samsung diketahui hampir memiliki produk di setiap titik harga, dan Galaxy A52 serta A42 menawarkan daya tahan baterai yang cukup kuat. Memang belum diketahui berapa kapasitas baterai dari iPhone SE yang baru, namun aman untuk diasumsikan bahwa meski itu lebih besar dari SE 2020, masih akan lebih kecil dari kompetitor Androidnya. 

Galaxy A52 dan Moto Edge juga menawarkan layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi, masing-masing adalah 120Hz dan 144Hz. Harganya mungkin sedikit lebih mahal daripada iPhone SE 2022, namun kecepatan refresh itu membuat pengguliran dan animasi terlihat jauh lebih mulus dari 60Hz yang diunggulkan oleh iPhone SE.

Produk paling kompetitif dan paling mendekati iPhone SE itu mungkin Google Pixel 5A. Sedikit lebih mahal Rp300 ribuan, anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar, layar OLED yang lebih besar, kualitas kamera yang menawan dan adanya pilihan lensa ultrawide. Meski itu tidak memiliki pengisian ulang nirkabel, Pixel 5A menjadi pilihan yang layak sebagai pesaing SE. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend