Apple Resmi Umumkan iPhone SE 2022 Dengan Chipset A15 Bionic

Apple Resmi Umumkan iPhone SE 2022 Dengan Chipset A15 Bionic

NESABAMEDIA.COMKemarin, hari Selasa tanggal 8 Maret 2022, Apple meluncurkan sebuah iPhone SE baru dalam acara Peek Performance mereka, yang merupakan event pertama perusahaan untuk tahun ini.

iPhone SE 2022 yang baru itu hadir dengan gaya yang mirip dengan iPhone 8 dan juga iPhone SE 2020, namun mengemas prosesor baru, dukungan 5G dan banderol harga Rp6,2 jutaan.

iPhone SE baru itu pada dasarnya menggunakan body yang sama dengan model tahun 2020, namun ini menggunakan chipset A15 Bionic yang ada di iPhone 13. Chipset A15 itu membawa kecepatan pemrosesan yang lebih cepat. Apple mengklaim bahwa CPU baru tersebut 1,8x lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 8 dan GPU yang juga lebih cepat 2,2x. 

Meskipun tidak semua aspek dari smartphone baru itu akan menggunakan seluruh kekuatan CPU dan GPU yang ada, namun ini bisa digunakan untuk memastikan keberlangsungan dukungan untuk versi-versi baru iOS di masa mendatang. 

Smartphone iPhone SE 2022 memiliki kamera belakang tunggal 12MP dan kamera depan 7MP. Chipset A15 itu juga membawa sejumlah peningkatan penting ke kamera, termasuk fitur tingkat lanjut Smart HDR 4, Photographic Styles dan Deep Fusion. 

Meski selama ini dukungan jaringan 5G diketahui sangat boros pada baterai, pihak Apple mengklaim bahwa smartphone baru itu memiliki masa pakai baterai yang lebih baik dari model 2020. Beberapa peningkatan itu mungkin berasal dari chipset A15 dan iOS 15, namun ada dugaan bahwa Apple juga menerapkan baterai yang lebih besar juga. 

Selain peningkatan yang disebutkan di atas, lainnya tetap tidak berubah. Smartphone itu masih memiliki sebuah tombol beranda dengan Touch ID dan tidak adanya dukungan Face ID. Layar LCD berukuran 4,7 inci masih sama seperti yang digunakan pada model iPhone SE 2020 dan iPhone 8 yang diluncurkan tahun 2017 silam. 

Panel bagian belakang masih terbuat dari material kaca, namun dalam event tersebut Apple mengatakan bahwa itu adalah kaca yang paling kuat untuk smartphone yang ada saat ini. Meski demikian, tidak ada lapisan keramik seperti yang ada di iPhone 12 dan 13.

iPhone SE 2022 hadir dalam tiga varian warna, yakni Midnight (hitam), Starlight (putih) dan Product Red, yang akan mulai tersedia di pasaran pada tanggal 18 Maret 2022, dan pre-order dimulai pada hari Jumat besok, tanggal 11 Maret. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend