• Our Partners:

Android 12L Dirilis, Bersamaan Dengan Feature Drop Update Untuk Pixel

Android 12L Dirilis, Bersamaan Dengan Feature Drop Update Untuk Pixel

NESABAMEDIA.COMAndroid 12L, versi yang diperbarui dari Android 12 untuk perangkat yang memiliki layar besar kini telah dirilis, setelah menjalani pengujian selama beberapa bulan.

Android 12L mendarat sebagai bagian dari Feature Drop Update untuk smartphone Google Pixel, dan akan segera hadir ke perangkat tablet dan lipat lainnya dari sejumlah perusahaan seperti Samsung, Lenovo dan Microsoft.

Sebagian besar perubahan yang ada di Android 12L dimaksudkan untuk mengatasi masalah yang selama ini dihadapi oleh perangkat dengan layar yang lebih besar saat menjalankan sistem operasi Android. Ini termasuk perubahan pada antarmuka mulai dari tampilan notifikasi, grid pada launcher, multitasking dan juga Taskbar baru yang akan memiliki perilaku lebih mirip Chrome OS.

Google mengkonfirmasi bahwa Feature Drop Update untuk Pixel bulan Maret 2022, dibangun di atas Android 12L, jadi Pixel menjadi smartphone pertama yang akan mendapatkan pembaruan ini, seperti halnya perilisan versi-versi Android lainnya. Namun tetap saja, pengguna Pixel tidak akan banyak mendapatkan manfaat dari pembaruan ini, karena pada dasarnya ditujukan untuk perangkat dengan layar yang lebih besar. 

Sebagai informasi, Feature Drop Update sendiri membawa fungsionalitas Live Caption ke fitur panggilan suara, kemudian Live Translate untuk bahasa Spanyol, memperluas notifikasi dinamis yang ditampilkan oleh widget At a Glance, dan menambahkan widget baterai yang telah lama dinantikan oleh para pengguna untuk perangkat yang terhubung.

Pembaruan itu juga membawa banyak perbaikan bug untuk perangkat Pixel, yang mayoritas baru bisa dinikmati pengguna Pixel 6 pada akhir bulan. Pasalnya, pihak Google mengaku masih membutuhkan beberapa waktu lagi untuk melakukan pengujian dan memvalidasi sejumlah bug yang ada. 

Sejauh ini, tidak ada jadwal yang pasti kapan perangkat Android yang ada di pasaran akan bisa menggunakan perubahan di Android 12L. Pihak Google hanya mengatakan bahwa Samsung, Lenovo, dan Microsoft berencana untuk membawa OS ini ke perangkat mereka pada akhir tahun. Ini berarti bahwa perangkat tablet dan lipat dari perusahaan-perusahaan itu akan mendapatkannya, namun tidak ada tanggal yang spesifik.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend