Chipset A15 Bionic Untuk iPhone 13 Mulai Diproduksi TSMC

Chipset A15 Bionic Untuk iPhone 13 Mulai Diproduksi TSMC

NESABAMEDIA.COMKelangkaan pasokan chipset yang saat ini tengah menyerang industri elektronik global sepertinya tidak memberikan dampak kepada Apple. Produksi Prosesor Bionic baru A15 untuk iPhone 13 pun telah dimulai, dan mereka akan memproduksinya dalam jumlah sangat besar. 

Laporan juga mengatakan bahwa pemasok chipset Apple, TSMC juga telah mulai memproduksi lapisan silikon untuk A15 Bionic. Dikatakan dalam laporan itu bahwa TSMC berkeinginan untuk meningkatkan jumlah produksi dengan cepat, memproduksi A15 dalam jumlah yang lebih besar ketimbang A14 yang ada di iPhone 12 saat ini.

Prosesor A15 itu akan menggunakan pemrosesan 5 nanometer, yang sama seperti pada A14, karena pihak Apple sendiri tidak berkeinginan untuk membuat prosesor yang lebih padat lagi. Sementara untuk prosesor berukuran 4 nanometer yang akan datang, sepertinya baru akan diungkap pada tahun 2022 mendatang. 

Jika Apple Silicon generasi sebelumnya merupakan sebuah indikasi, hal itu berarti bahwa peningkatan di A150 kemungkinan merupakan peningkatan efisiensi dan kinerja yang lebih baik. Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya peningkatan yang diharapkan hadir di iPhone 13.

Sejumlah rumor mengatakan jika iPhone 13 akan memiliki beberapa peningkatan penting dan sangat berguna. Salah satu yang paling menarik adalah adopsi sensor stabilisator gambar yang ada di semua model iPhone 13 nantinya. Untuk sekarang ini, pengguna hanya bisa mendapatkan sensor tersebut di iPhone 12 Pro Max saja.

Sensor stabilisator gambar itu jauh lebih akurat dan efektif dibandingkan dengan sensor stabilisator yang umum digunakan pada sistem optikal smartphone kebanyakan. Dan karena stabilisator itu berada pada sensor ketimbang lensa, maka itu akan bekerja dengan jenis lensa apapun yang digunakan.

Selain itu, dikabarkan juga bahwa iPhone 13 juga akan memiliki layar dengan refresh rate mencapai 120Hz yang lebih halus, dan teknologi ini telah lama dinantikan dalam setiap produk-produk baru iPhone. 

iPhone sendiri memilih menggunakan layar OLED sejak iPhone X, dan Apple tidak mengikuti langkah Samsung, di mana Apple lebih memilih menggunakan kemampuan selalu aktif dengan hemat energi. 

Notch terkenal yang selama ini ada di perangkat iPhone pun diharapkan juga akan mengalami perubahan ukuran menjadi lebih kecil, serta pengguna berharap nantinya akan ada lebih banyak pilihan warna untuk menyesuaikan dengan produk terbaru Apple lainnya seperti iMac 24 inci dan Macbook Air. 

Leave a Reply

Send this to a friend