• Our Partners:

Lisensi Microsoft Windows 10

Amankah Membeli Lisensi Windows Dengan Harga Murah Di Marketplace?

lisensi OEMNESABAMEDIA.COMPenjualan perangkat PC atau Laptop yang terpisah dengan lisensi sistem operasi Windows, memang bukanlah hal yang aneh di pasar Indonesia. Namun pada dasarnya jika dirunut secara komersial, hal ini bisa dibilang sangat rancu dan ambigu. Tidak seperti perangkat ponsel yang selalu hadir dengan sistem operasi masing-masing seperti Android dan iOs.

Sementara itu, Microsoft yang selama ini bukan merupakan produsen hardware, menggantungkan pendapatan terbesar melalui lisensi Windows. Sehingga tak heran jika Microsoft mematok harga yang cukup tinggi untuk setiap lisensi Windows yang mereka jual. 

Bagi para pengguna, harga lisensi Windows ini malah bersaing dengan komponen PC atau Laptop seperti VGA, Monitor, dan komponen lainnya. Tentu, harga lisensi tersebut dianggap mahal bagi para pengguna di Indonesia. 

Tak bisa ditampik pula jika masalah ini kemudian memunculkan banyaknya pengguna yang memilih menggunakan lisensi Windows bajakan. 

"<yoastmark

Namun di sejumlah marketplace ada juga beberapa pedagang yang menjual lisensi Windows dengan harga murah sekitar ratusan ribu, bahkan puluhan ribu dan kemudian mengklaim bahwa produk itu adalah legal dan aman. 

Lantas seberapa aman lisensi murah tersebut?

Biasanya para penjual melabeli lisensi murah itu dengan sebutan OEM. Seperti namanya, Original Equipment Manufacturer, artinya merupakan sebuah barang atau produk yang diolah dan dijual kembali oleh sebuah perusahaan atau brand tersendiri. 

Terkait dengan lisensi Windows OEM, Microsoft memberikan penjelasan sesuai dengan pandangan mereka. Lisensi jenis OEM, adalah lisensi yang dirilis secara khusus oleh Microsoft kepada instansi, lembaga, atau perusahaan lain dan biasanya dirilis secara kolektif atau jumlah banyak dengan harga khusus yang jauh lebih murah dari aslinya. 

Biasanya lisensi OEM akan terikat dengan komponen perangkat, dalam hal ini biasanya adalah menempel pada Motherboard. Sehingga lisensi itu tidak akan bisa digunakan pada motherboard di perangkat lain. 

Jadi bisa disimpulkan, lisensi OEM ini adalah benar-benar asli dan legal, namun peruntukannya yang disalahgunakan. Seharusnya untuk instansi, lembaga atau perusahaan, namun dijual kepada end-user. 

Hingga saat ini masalah ini masih menjadi berada dalam koridor abu-abu antara ilegal dan legal. Anda bisa saja membeli lisensi OEM dengan harga murah, namun tidak bisa dipastikan ke depan akan ada perubahan peraturan dari Microsoft, yang membuat lisensi tersebut menjadi ilegal dan tak bisa lagi digunakan dengan syarat tertentu.

Leave a Reply

Send this to a friend