Android 11

Android 11 Jadi Sistem Android Terpopuler di 2022

NESABAMEDIA.COM – Google memang telah merilis versi Android 12 tahun lalu, hingga kini Google tengah disibukkan dengan perilisan berbagai layanan terbaru mereka di Android 13 yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Google telah merilis daftar sistem operasi mereka yang paling banyak digunakan saat ini, di mana Android 12 hanya memegang 13,3 % pengguna saja, Senin (15/08).

Sebelum bulan Agustus, Google telah merilis distribusi penggunaan sistem operasi mereka pada bulan Mei kemarin, tepatnya pada tanggal 9 Mei. Daftar yang diberikan oleh Google tidak menyebutkan sistem operasi versi Android 12, yang mana berarti kurang digunakan dan diminati.

Dilansir dari Android Studio, Android 12 tidak masuk ke dalam daftar pengguna yang paling banyak karena hanya memiliki presentase yang sangat sedikit. Bulan Mei, Android 12 hanya memegang hingga 6% pengguna Android dari seluruh dunia.

Dalam daftar sistem yang mereka rilis, pengguna Android 11 memegang pengguna terbanyak hingga 27%, meningkat hingga 5% dari bulan sebelumnya. Sehingga, dapat dipastikan bahwa pengguna Android 11 adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Diikuti oleh Android 10 yang memegang hingga 22,3% total pengguna.

Dengan ini, Android 12 nampaknya tidak begitu sukses yang hanya naik beberapa persen saja dalam kurung waktu empat bulan ini hingga Agustus. Android 12 meningkat namun hanya mampu sampai 13,3% saja.

Menariknya, sistem operasi yang lebih lawas yaitu Android 10 dan 11 masih tetap eksis digunakan hingga saat ini. Faktor lainnya ialah ketersediaan dukungan dari perangkat Android itu sendiri, sebagian besar perangkat Android yang mendukung versi 12 dan 13 adalah seri ponsel terbaru.

API Level Android Version

API Level Android Version

Menurut data dari API Level, juga menunjukkan hal yang sama di mana Android 11 memegang posisi tertinggi sebanyak 35% total kumulatif yang didapatkan. Sehingga, menjadikan versi Android 11 sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Sejalan dengan pembaruan Google, perusahaan telah merilis berbagai macam fitur terbaru yang akan hadir di Android 13. Perubahan antarmuka layar kunci, layar utama, serta Taskbar yang memiliki tampilan dan emoji baru khas Android 13.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend