Android 12 Kini Bisa Matikan Jaringan 2G, Demi Keamanan Perangkat

Android 12 Kini Bisa Matikan Jaringan 2G, Demi Keamanan Perangkat

NESABAMEDIA.COMAndroid 12 secara resmi diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2021 lalu dan beberapa OEM telah mendorong ketersediaan sistem operasi seluler baru ini ke sejumlah perangkat smartphone dan tablet mereka yang memenuhi syarat.

Di saat fitur seperti Material You dan peningkatan widget telah menarik perhatian banyak orang, penambahan fitur lainnya baru-baru ini sepertinya tidak disadari publik. Fitur ini adalah kemampuan Android 12 untuk mematikan jaringan 2G di smartphone, dan baru terungkap beberapa hari kemarin. 

Sebuah cuitan dari akun Twitter Mishaal Rahman mengatakan bahwa sebuah perubahan ditemukan di Android 12 dalam bentuk sebuah opsi untuk mematikan jaringan 2G di smartphone. Google rupanya secara diam-diam meluncurkan fitur itu pada akhir tahun lalu, yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan keamanan perangkat mereka dengan menyentuh sebuah tombol. Fitur ini pun mendapatkan sambutan hangat. 

Di beberapa negara, sudah banyak provider telekomunikasi yang telah mematikan ketersediaan jaringan 2G (menyusul 3G berikutnya), namun kebanyakan smartphone masih memiliki modem 2G dan terus mencoba terhubung dengan sinyal 2G terdekat, dan inilah menjadi sumber permasalahan. 

Diluncurkan pada tahun 1991 silam, layanan yang telah ketinggalan zaman ini memiliki banyak sekali celah kerentanan, dan keamanannya pun sudah usang. Misalnya, kemampuan enkripsi antara tower 2G dan perangkat sangat lemah, dan ini menghasilkan sebuah jaringan yang bisa dibobol dengan mudah, untuk menyadap pesan teks maupun panggilan. Masalah lainnya adalah kurangnya otentikasi dari tower ke perangkat, yang memungkinkan adanya tower 2G palsu, simulasi situs seluler, di mana juga bisa menjadi sumber penyadapan. 

Meskipun saat ini rata-rata smartphone sudah menggunakan jaringan 4G yang lebih aman, namun dalam kondisi tertentu, jaringan smartphone bisa berubah menjadi 2G, utamanya ketika jaringan 4G sangat lemah, sehingga smartphone pun memiliki kerentanan yang dibawa oleh jaringan 2G tadi. 

Jadi, jika ingin melindungi smartphone dan data anda, cara terbaik adalah dengan mematikan jaringan 2G, yang fitur ini tersedia dalam Android 12 versi terbaru, seperti yang disarankan oleh pihak Google

Meski demikian, tidak semua perangkat dengan versi Android 12 terbaru pun bisa menggunakan fitur ini. Setidaknya, perangkat membutuhkan pembaruan pada Radio HAL ke versi 1.6 atau lebih baru, yang banyak perangkat Android (khususnya yang dirilis masih dengan Android 11 atau lebih lama) tidak menyediakannya, karena masalah persyaratan dengan Google Requirement Freeze (GRF). Jika perangkat anda termasuk salah satunya, maka anda tidak bisa mematikan jaringan 2G dengan fitur baru itu. 

Akan tetapi, perangkat smartphone terbaru yang dikirimkan dengan Android 12, termasuk smartphone Pixel dan Samsung terbaru, akan bisa memanfaatkan fitur ini. Untuk mematikan jaringan 2G, buka halaman Settings → Network and Internet → SIMs → Allow 2G dan geser tombol yang tersedia. 

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
iwan
8 months ago

defrag bagus

Send this to a friend