Google Resmi Rilis Android 12 ke AOSP

Google Resmi Rilis Android 12 ke AOSP

NESABAMEDIA.COMGoogle akhirnya meluncurkan sistem operasi Android 12 ke Android Open Source Project (AOSP). Namun perlu dicatat bahwa peluncuran ini tidak serta merta menghadirkan Android 12 ke perangkat apa pun, termasuk smartphone Google Pixel.

“Hari ini kami telah kode sumber ke AOSP dan secara resmi merilis versi terbaru Android. Tunggu kedatangan Android 12 di perangkat yang anda miliki, mulai dengan Pixel dalam beberapa minggu ke depan dan perangkat Samsung Galaxy, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akhir tahun ini,” kata Google.

Secara tradisional, biasanya peluncuran AOSP versi Android terbaru akan bertepatan dengan ketersediaan smartphone Google terbaru. Namun rupanya hal itu tidak terjadi tahun ini, dengan Google hanya mengungkapkan bahwa ponsel Pixel dapat mengharapkan pembaruan dalam “beberapa minggu ke depan.”

Ini muncul saat Android 12 Beta 5 release Candidate (RC) diluncurkan pada 8 September sebagai pratinjau akhir, dengan Google memberitahu pengembang untuk terus menggunakan image Beta 5 untuk pengujian.

Google mengatakan lebih dari 225.000 orang telah menguji Android 12 selama versi pratinjau pengembang dan beta.

“Lebih dari 225.000 dari anda menguji rilis awal kami di Pixel dan perangkat dari mitra kami, dan anda mengirimkan hampir 50.000 laporan masalah kepada kami untuk membantu meningkatkan kualitas rilis. Kami juga menghargai banyak artikel, diskusi, survei, dan pertemuan langsung di mana anda menyuarakan pemikiran anda, serta upaya yang telah anda lakukan untuk membuat aplikasi anda kompatibel tepat waktu untuk rilis hari ini. Dukungan dan kontribusi anda membuat Android menjadi platform yang hebat bagi semua orang,” tambah Google.

Google secara resmi menyoroti empat tentpole Android 12 untuk pengembang sebagai bagian dari ketersediaan AOSP. Dimulai dengan “UI baru untuk Android” yang menggabungkan Material You (yang juga disebut sebagai “Desain Material 3”), widget yang didesain ulang, pembaruan UI Pemberitahuan, dan layar pembuka peluncuran Aplikasi.

Dalam hal kinerja, Google mengatakan telah mengurangi waktu CPU yang digunakan oleh layanan sistem inti sebesar 22% dan penggunaan inti besar sebesar 15%.

“Kami juga telah meningkatkan waktu mulai aplikasi dan mengoptimalkan I/O untuk pemuatan aplikasi yang lebih cepat, dan untuk kueri basis data, kami telah meningkatkan CursorWindow sebanyak 49x untuk jendela besar,” kata Google.

“Notifikasi yang lebih responsif, dicapai dengan membatasi lompatan notifikasi, dengan Google Foto mampu diluncurkan 34% lebih cepat setelah perubahan ini. Perubahan lainnya termasuk layanan latar depan yang dioptimalkan, kelas kinerja untuk perangkat, dan pembelajaran mesin yang lebih cepat,” tambah Google.

Masalah Privasi akan bisa ditangani oleh Dasbor Pengaturan baru, kemampuan untuk hanya memberikan aplikasi Perkiraan lokasi, dan izin perangkat Terdekat baru untuk menyiapkan perangkat yang dapat dikenakan dan aksesori rumah pintar lainnya tanpa memberikan akses lokasi. Ada juga indikator/toggle mikrofon dan kamera.

Pengembang dapat memanfaatkan “Alat pengalaman pengguna yang lebih baik” seperti API baru untuk mendukung sudut layar yang lebih bulat, penyisipan rich content, gambar AVIF, haptics yang disempurnakan, dan efek kamera/sensor baru. Ada juga transcoding media yang kompatibel, debugging yang lebih baik, dan push Android 12 for Games.

Leave a Reply

Send this to a friend