Android 12L Jalani Debut di Perangkat Lenovo Tab P12 Pro

Android 12L Jalani Debut di Perangkat Lenovo Tab P12 Pro

NESABAMEDIA.COMGoogle menghadirkan Android 12L sebagai varian untuk sistem operasi seluler mereka yang secara khusus ditujukan untuk perangkat dengan layar yang lebih besar atau format baru seperti layar ganda atau lipat dan tentu saja perangkat tablet.

Menurut kalender Google, versi berta pertama dari Android 12L akan tersedia mulai bulan ini, namun sepertinya Lenovo mendahuluinya dengan menghadirkan versi pratinjau untuk pengembang di perangkat tablet Tab P12 Pro mereka. 

Pengumuman mengenai keberadaan Android 12L adalah sebuah hal yang mengejutkan dan menarik. Penarikan diri Google dari bisnis tabletnya sendiri, fokus yang jelas dari pengembangan Android ke smartphone dan minat untuk mempromosikan Chrome OS, membuat mereka kehilangan sebagian besar pengguna yang mungkin akan membeli lebih banyak tablet Android.

Saat ini sudah banyak model tablet Android di pasaran, namun hanya Samsung satu-satunya yang memproduksi tablet Android yang mampu bersaing dengan iPad di pangsa kelas atas. Sementara untuk kelas bawah, Android hampir mendominasi seluruhnya, namun minatnya tidak bisa melampaui perangkat tanpa fungsi komunikasi yang baik. 

Apple seharusnya disebut di sini, dengan strategi mereka dalam menciptakan sistem operasi khusus tablet, yakni iPad OS. Tentu saja, ini didasarkan pada pengembangan iOS, tetapi lebih dioptimalkan untuk perangkat yang lebih besar dan kebutuhan spesifik dari perangkat tablet dan memiliki karakteristik khusus. Android 12L bertujuan untuk menjadi pengembangan yang diperlukan Google untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Lenovo menawarkan sekilas dari apa yang diharapkan banyak orang dari Tab P12 Pro dengan Android 12L. Ini pada dasarnya ditujukan untuk para pengembang atau pengguna tingkat lanjut yang berani mengambil resiko untuk mencoba hal-hal baru, meskipun sebelumnya telah dijelaskan bahwa sangat tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. 

Pada kasus tertentu, ini adalah sebuah model yang sangat baik untuk pengembangan dengan layar OLED 12,6 incinya, Snapdragon 870 SoC, RAM 8GB dan dukungan untuk Lenovo Precision Pen 3. Sayangnya, ketersediaannya masih sangat terbatas di pasar tertentu saja. 

Diyakini, bahwa untuk pengembangan Android 12L, Google akan menawarkan sebuah alat semacam emulator untuk pengujian di perangkat dengan Android yang ingin mencobanya. Di sisi lain, ini juga menjadi tanda bahwa Google memang sedang kembali ke pasar perangkat tablet, dan bersaing dengan iPad.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend