Android Adaptive Battery

Android ‘Adaptive Battery’. Mampu Perpanjang Umur Baterai?

NESABAMEDIA.COM – Baterai menjadi salah satu komponen terpenting pada ponsel, semakin berkembangnya teknologi yang kini semakin memaksimalkan penggunaan baterai ponsel agar lebih panjang umurnya. Melalui Adaptive Battery’, sistem Android menghadirkan fitur yang memaksimalkan baterai agar tidak digunakan secara berlebihan, Senin (19/09).

Ketika kita menggunakan ponsel untuk menjalankan berbagai macam aplikasi, maka tentu akan menggunakan daya baterai. Semua aplikasi yang berjalan secara langsung maupun dilatar belakang membutuhkan daya baterai untuk dapat menunjang kinerja, dari sini kita bisa membayangkan mengapa baterai menjadi komponen yang penting.

Seiring dengan berkembangnya prosesor yang lebih canggih, komponen baterai juga dimaksimalkan agar dapat bekerja dengan lebih Powerful. Sistem Android kini telah mengembangkan teknologi yang memaksimalkan penggunaan daya baterai, mulai dari mengonsumsi lebih sedikit untuk aplikasi yang berjalan dilatar belakang, hingga fitur handal yang memaksimalkan GPS ponsel.

GPS menjadi fitur yang paling banyak menggunakan daya baterai, karena selalu aktif untuk melacak keberadaan titik penggunanya. Meskipun bisa dinonaktifkan, namun fitur ini sangat penting untuk mereka yang bekerja di luar rumah.

Android Adaptive Battery

Fitur Adaptive Battery di Samsung

Adaptive Battery menjadi fitur terbaru dan telah banyak digunakan oleh merek ponsel terbaru saat ini, sebut saja melalui Samsung, Pixel, dan Xiaomi yang kemungkinan besar akan mendapatkan akses perangkat yang lebih luas.

Teknologi dari pengembangan Adaptive Battery sendiri akan mempelajari penggunaan ponsel sehari-hari, sebut saja mempelajari aplikasi apa saja yang paling sering diakses, berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam sehari, hingga mempelajari waktu pengisian baterai yang maksimal.

Setelah mempelajari penggunaan ponsel, maka sistem Android akan memberikan informasi mengenai habitat pengguna selama menggunakan ponsel. Misalnya dengan memberikan informasi waktu pengisian daya, hingga menutup aplikasi yang jarang diakses.

Kini, Adaptive Battery telah hadir di seri Pixel dan Samsung. Melalui Adaptive Battery, pengguna bisa langsung melihat habitat mereka serta melihat kesehatan baterai Android mereka saat itu juga. Fitur ini akan memaksimalkan penggunaan baterai agar tidak terlalu bekerja berlebihan, melalui fitur ini juga sistem Android akan bekerja maksimal agar baterai dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun tanpa perlu menggantinya.

Fitur Adaptive Battery tidak bekerja secara otomatis, begitu mengaktifkan perangkat ponsel maka Anda harus mengaktifkannya secara manual. Perangkat Samsung dan Pixel telah memberikan akses ini melalui pengaturan baterai ponsel.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend