Google YouTube Icon

Google, akan Berikan Akses Blokir Konten di YouTube?

NESABAMEDIA.COM – Google sekarang akan memberikan pengguna fitur terbaru untuk platform YouTube, kini pengguna bisa langsung memblokir kanal YouTube spesifik agar kemudian tidak akan muncul kembali di laman utama YouTube, Senin (19/09).

Selama bertahun-tahun, Google menghadirkan ekosistem mereka tersendiri melalui berbagai macam platform yang mereka buat. Misalnya, pengguna yang menyukai konten YouTube dari kanal siaran tertentu memiliki kemungkinan besar mendapatkan rekomendasi video YouTube dari Chrome, Google Search, hingga iklan yang muncul.

Layanan Google Adsense juga sering kali menampilkan konten video dari kanal YouTube, bahkan sering menampilkan iklan dari kanal YouTube yang kita pernah tonton sekalipun, Google memang menggunakan algoritma tertentu, untuk menampilkan konten dan iklan yang sesuai dengan minat pengguna.

Namun, agaknya fitur ini kurang begitu dinikmati oleh sebagian orang. Tidak semua konten di kanal YouTube disukai oleh semua orang, bahkan ada juga yang tidak ingin melihat sama sekali beberapa jenis konten dan kanal kreator di YouTube.

Kini, Google memberikan pilihan kepada pengguna untuk memblokir konten tertentu sesuai dengan kata kunci di Google Search. Karena layanan tersebut menjadi pusat dari Google untuk memberikan rekomendasi konten yang sesuai dengan ketertarikan penggunanya.

Eksperimen terbaru dari Google Seacrh memberikan akses kepada pengguna untuk langsung memilih sejumlah pengaturan, salah satunya dengan memblokir konten. Menariknya, layanan Google Search ini juga memberikan pilihan untuk memblokir konten dari kanal YouTube.

Misalnya, ketika pengguna ingin mencari konten mengenai ASMR karena tidak menyukai konten tersebut, maka dalam pilihan ini Google memberikan tawaran untuk memblokir konten apa pun yang berkaitan dengan ASMR.

Google Search Block Content

Google Search dengan fitur blokir konten YouTube

Bagi Anda yang ingin memblokir jenis konten tersebut, maka bisa langsung memilih pilihan “Dont Show Content from (nama kanal) on YouTube”, nantinya ketika Anda mengakses YouTube maka semua konten yang ada di kanal YouTube tadi tidak akan ditampilkan.

Kemampuan blokir konten YouTube ini sebenarnya telah diminta oleh pengguna Google selama berbulan-bulan, bisa jadi semakin tingginya permintaan inilah yang membuat Google akhirnya merilis fitur baru mereka.

Belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan dirilis, namun untuk saat ini Google tengah mengembangkan eksperimen mereka sebelum akhirnya dirilis secara merata untuk pengguna Android, kemungkinan juga iOS.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend