Figma vs Adobe

Sepakat! Adobe Akuisisi Figma senilai 299 Triliun Rupiah!

NESABAMEDIA.COM – Figma telah mencetak namanya sebagai salah satu platform yang menawarkan fitur desain grafis yang tidak kalah dengan produk Adobe. Menjadikan Figma sebagai kompetitor yang patut untuk diperhatikan, Adobe selaku perusahaan yang telah lama menggeluti perangkat lunak desain grafis akhirnya mengumumkan akan mengakuisisi Figma, Senin (19/09).

Adobe terkenal sebagai perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang pengembangan program dan desain grafis, produk Adobe memang telah terkenal berkualitas dalam memberikan fitur dan hasil yang maksimal. Photoshop menjadi produk Adobe yang paling berhasil dan telah digunakan oleh tenaga profesional.

Di tengah kekhawatiran, Figma hadir sebagai salah satu layanan desain grafis yang memberikan penawaran sebagai platform gratis dengan UI dan UX terbaik saat ini. Maka dari itu, tidak heran ketika ada banyak pengembang dan perancang yang merekomendasikan Figma sebagai platform pilihan, karena fiturnya yang bahkan sama dengan fitur dari produk Adobe.

Namun, agaknya kompetisi antara Adobe dan Figma akan berakhir hari ini. Adobe telah mengumumkan bahwa mereka akan segera mengakuisisi Figma, sebagai bagian dari produk Adobe yang kemungkinan besar akan berubah nama menjadi Adobe Figma.

Sesuai dengan kesepakatan yang telah kedua belah pihak setujui, bahwa Figma telah diakuisisi senilai $20 Billion USD, atau setara dengan 299 Triliun Rupiah. Akuisisi ini memberikan akses kepada Adobe, untuk dapat menggunakan semua tools yang ada di Figma, beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, kemungkinan besar kita akan melihat bahwa Figma akan menjadi bagian dari Adobe Creative Cloud untuk ke depannya. Keputusan yang diambil oleh Adobe ini nampaknya untuk menghindari adanya kompetitor yang meresahkan perusahaan, karena Figma telah populer dan menjadi platform pilihan banyak perancang karena fiturnya yang bisa dikatakan setara dengan Adobe Photoshop dan Ilustrator.

Jika dilihat dari sejarah Adobe, perusahaan ini memang telah membeli beberapa jenis perusahaan lainnya yang sekarang berada dalam naungan mereka. Sebut saja seperti perusahaan Frame.io yang bergerak dalam bidang produksi video, hingga Behance yang memberikan akses kepada perancang dari seluruh dunia untuk membagikan karya mereka.

Tentu, kemungkinan besar nantinya Figma akan mulai memberikan fitur dan akses mereka dalam mode berbayar. Karena selama ini, penggunanya didominasi oleh pengguna gratis yang mendapatkan banyak fitur unggulan dan unik.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend