Google Chrome Autofill

Google: Chrome Kini Tersedia dengan Keamanan Ekstra Autofill

NESABAMEDIA.COM – Kemarin, Google baru saja merilis versi Chrome Canary versi terbaru mereka. Melalui fitur terbaru mereka, Google menambahkan fitur Autofill yang dapat meningkatkan keamanan browser dengan autentikasi keamanan kata sandi, Senin (19/09).

Setelah memberikan fitur terbaru melalui Chrome Canary, Autofill memberikan akses keamanan yang lebih baik. Di mana akan disesuaikan dengan kata sandi dari pengguna yang masuk menggunakan akun tertentu, nantinya layanan Chrome akan memberikan izin masuk menggunakan kata sandi yang telah diatur sebelumnya.

Keamanan yang diberikan oleh Google ialah akses kata sandi yang disesuaikan dengan kata sandi perangkat, jadi ketika seseorang menggunakan perangkat komputer dan masuk menggunakan Chrome, maka browser akan meminta kata sandi sebelum menggunakan layanannya.

Chrome memang telah memiliki banyak fitur yang ditingkatkan, di mana kemarin Google baru saja merilis Chrome dengan akses akun tertentu. Jadi, setiap akun Google akan memiliki data penjelajahan dan menyimpan data yang sesuai dengan akun yang dipilih. Jadi, privasi setiap akun dapat disimpan dengan sangat baik. Sayangnya, sangat minim keamanan.

Melalui fitur Autofill ini, tentu keamanan ekstra diberikan oleh Google untuk Chrome. Di mana tidak sembarangan orang bisa menggunakan browser Chrome Anda, namun fitur Autofill ini harus diaktifkan secara manual.

Autofill di Chrome

Autofill di Chrome

Untuk dapat mengaktifkan fitur Autofill ini, maka Anda bisa langsung ke menu Settings > Autofill > Password/Kata Sandi > kemudian pilih Use Windows Hello when Filling Password.

Autofill tentu akan memberikan peningkatan keamanan pada perangkat Anda, fitur ini sangat bermanfaat untuk mereka yang menggunakan layanan Chrome pada perangkat yang sering diakses oleh lebih dari satu pengguna. Jadi, tidak sembarangan orang bisa menggunakan Chrome dan masuk menggunakan akun Google pribadi Anda.

Menariknya, fitur ini bukan hanya diperuntukkan untuk pengguna di Windows dan MacOS saja. Google memperluas fiturnya agar dapat digunakan pada semua perangkat yang telah menggunakan Chrome, termasuk ponsel pintar.

Maka dari itu, keamanannya juga diperluas agar dapat bekerja dengan baik di ponsel. Keamanan Autofill di ponsel dapat diatur dengan menggunakan kata sandi, kode PIN, dan sidik jari (bagi ponsel yang telah mendukung sidik jari).

Bagaimana menurut Anda? Keamanan Chrome kembali ditingkatkan untuk memberikan privasi kepada penggunanya, menarik bukan? Bagikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend