Andy Rubin Android

Andy Rubin dan Android Yang Awalnya Untuk Kamera Digital

NESABAMEDIA.COMSmartphone dengan sistem operasi Android kini telah menguasai sekitar 80 persen pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Namun ternyata penggunaan Android untuk smartphone ini rupanya bukanlah tujuan awal sistem operasi itu dibuat. Penciptanya, Andy Rubin mengatakan bahwa Android pada awalnya dibuat untuk sistem operasi kamera digital. 

Pengungkapan fakta unik tersebut, disampaikan Andy Rubin saat digelarnya event Economic Summit di Tokyo pada tahun 2013 silam. 

“Rencana kami adalah menghadirkan platform kamera yang bisa terintegrasi dengan layanan cloud, untuk gambar dan video sehingga pengguna tidak lagi membutuhkan adanya SD Card atau memori internal. Dengan demikian pengguna bisa mengakses file mereka itu di mana saja dan kapan saja,” kata Rubin waktu itu.

Untuk mewujudkan rencananya itu, dia pun menawarkan konsep Android untuk kamera digital itu kepada sejumlah investor. Peristiwa ini terjadi pada awal tahun 2004. Namun, semua tidak seperti apa yang dia bayangkan. Sebab, seluruh investor yang dia tawari, menolak konsep teknologi kamera digital dengan Android tersebut. 

Padahal konsep yang dia tawarkan, sudah bisa dibilang sebagai sesuatu yang canggih dan memudahkan kala itu. Dia mempresentasikan di hadapan para investor jika kamera digital yang sudah dipasang oleh sistem operasi Android, bisa terhubung di komputer pengguna secara nirkabel atau wireless, dan juga terkoneksi dengan data center milik Android.

Konsep demikian ini, dianggap tidak memuaskan di mata para investor. Salah satu alasan utama para investor saat itu adalah bisnis kamera digital yang tidak memiliki potensi bagus, dan ke depannya tidak ada tanda-tanda peningkatan pasar yang signifikan. 

Namun konsep teknologi tersebut, rupanya membuat hati Google kepincut. Konsep Android buatan Andy Rubin itu akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2005. Baik Google, Andy Rubin dan pihak dekat yang terlibat atau mengetahui peristiwa itu, tidak mau menginformasikan besaran dana yang diberikan Google ke Andy Rubin. Namun diprediksi, jumlahnya mencapai angka sekitar USD50 juta. 

Tak hanya dengan nilai transaksi yang cukup fantastis pada masa itu, Andy Rubin pun mendapatkan jabatan cukup mentereng di Google. Dia didapuk sebagai Senior Vice President dalam hal layanan mobile dan juga konten digital. 

Sayangnya, keterlibatan Andy Rubin dengan Android yang sudah dimiliki Google, harus berakhir pada tahun 2013 lalu. Andy memutuskan untuk keluar dari Google dan kemudian mendirikan perusahaan smartphone yang bernama Essentials. Kali ini, nasib mujur berpaling dari Andy Rubin, sebab bisnis barunya itu tidak berjalan dengan baik. 

Sementara Android kini telah semakin menunjukkan kedigdayaannya di pasar sistem operasi perangkat mobile, dan terus merambah ke berbagai lini bisnis.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend