Apple iPhone 12 vs Smartphone Android

Tiga Smartphone Android Ini, Diklaim Lebih Gahar Dari Apple iPhone 12

NESABAMEDIA.COMSmartphone terbaru dari Apple, iPhone 12 yang baru saja dirilis rupanya tidak cukup memuaskan hati sejumlah pengguna. Pasalnya, kemampuan iPhone 12 itu dianggap masih kalah dengan performa sejumlah smartphone Android di kelas yang sama. 

Seperti yang ada pada laporan performa GSM Arena, iPhone 12 yang didukung RAM sebesar 4GB dan juga prosesor baru buatan Apple, A14 Bionic, hanya mendapatkan skor performa sebesar 564.899 poin. Sementara untuk iPhone 12 Pro dengan RAM 6GB mendapatkan skor sedikit lebih banyak yakni, 572.133 poin. 

Dalam sejumlah kesempatan, Apple begitu mendewakan seri iPhone 12 yang mereka sebut sebagai smartphone terbaik dalam sejarah Apple. Namun jika merujuk pada skor Antutu Benchmark di atas, poin yang dikumpulkan kedua seri iPhone tersebut masih kalah dengan Asus ROG Phone 3, Oppo Find X2 Pro dan juga Xiaomi Mi 10 Ultra. Ketiga ponsel Android yang menggunakan chipset Snapdragon 865 plus dan Snapdragon 865 itu, mampu menembus angka 600 ribu poin. 

Pun dari sisi performa GPU atau pengolahan grafisnya, iPhone 12 masih berada di bawah ketiga smartphone Android tersebut. Mi 10 Ultra, Oppo Find X2 Pro dan Asus ROG Phone, mampu mengoleksi 220 ribu hingga 258 ribu poin. Mengalahkan iPhone 12 yang hanya mampu mengoleksi 200 ribu poin. 

Meski demikian, skor performa bukan menjadi faktor utama membuat iPhone 12 dianggap kalah oleh ketiga smartphone di atas. Mungkin faktor performa lebih bisa dijadikan rujukan untuk masalah kecepatan dan kemampuan pengolahan data semata. Pasalnya, iPhone 12 juga hadir dengan sejumlah fitur yang memiliki teknologi lebih canggih dari smartphone Android tersebut. 

Misalnya adanya fitur Magsafe, yakni fitur yang memungkinkan pengguna melakukan pengisian ulang baterai secara nirkabel atau wireless charging. Pengguna hanya tinggal menempelkan perangkat iPhone 12 di Magsafe. Teknisnya, Magsafe menghubungkan kabel pengisi daya baterai dengan dengan perangkat.

Dari sisi kegunaan di bidang fotografi, iPhone 12 juga cukup membuat gebrakan dengan menyematkan teknologi LiDAR (Light Detection and Range). Fungsinya untuk mengukur kedalaman bidang dan jarak objek foto yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality (AR). Meski sebenarnya fitur ini sudah ada di iPad Pro 2020 namun dengan sejumlah peningkatan.

Leave a Reply

Send this to a friend