Apa itu Apache? Mengenal Pengertian Apache

Apa itu Apache? Mengenal Pengertian Apache

Anda tahu Apache? Mungkin bagi orang awam, nama Apache masih terdengar asing. Apache adalah web server bersifat open source yang bisa digunakan secara gratis. Server yang satu ini sudah menjadi platform kurang lebih 46% website yang ada di seluruh dunia. Sebenarnya, Apache memiliki nama resmi yaitu Apache HTTP Server yang merupakan software yang dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation.

Salah satu fungsi dari Apache adalah memudahkan para penggunanya di dalam membuat konten di web. Maka dari itu, biasanya nama Apache selalu diikuti oleh kata “web server”. Apache juga menjadi salah satu web server tertua yang sekarang masih tetap digunakan karena kemampuannya tidak kalah dibandingkan dengan berbagai web server lainnya. Untuk versi pertamanya sudah rilis sekitar 20 tahun yang lalu, tepatnya pada 1995.

Bagaimana Cara Kerja Apache?

Apa itu Apache?

Lalu bagaimana cara kerja Apache? Meskipun Apache dinamakan sebagai web server, namun kenyataannya sotware ini tidak berupa server fisik. Akan tetapi merupakan sebuah perangkat lunak yang menjalankan fungsi sebagai server. Fungsi Apache adalah untuk membuat koneksi atau menghubungkan antara server dengan browser milik pengunjung website seperti Google Chrome, Firefox, Opera, dan berbagai browser lainnya.

Apache akan mengirimkan file bolak-balik antara klien dengan server. Selain itu, web server Apache juga merupakan software yang bersifat lintas platform. Maka dari itu, Apache dapat digunakan oleh pengguna di server Windows maupun Unix. Ketika pengunjung loading halaman tertentu pada website, browser akan mengirim permintaan ke server. Kemudian Apache akan mengirim jawaban sesuai dengan permintaan yang diminta, bisa berupa gambar, teks, dan lain-lain.

Server dan juga klien berkomunikasi menggunakan protokol HTTP. Sementara itu, Apache memiliki tanggung jawab mengenai kelancaran dan keamanan komunikasi yang dilakukan antara klien dengan server.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Apache?

Pengertian Apache

Setiap web server sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan Apache yang diketahui memiliki beberapa kelebihan seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini.

  • Apache bersifat open source dan gratis bahkan meskipun Anda menggunakannya untuk tujuan komersil
  • Patch keamanan pada Apache terus diperbarui sehingga memiliki tingkat keamanan yang bagus
  • Apache termasuk software yang handal dan stabil
  • Apache merupakan web server yang fleksibel karena mempunyai struktur yang berbasis modul
  • Apache memberikan kemudahan di dalam melakukan konfigurasi dan juga bisa digunakan oleh pemula
  • Apache termasuk web server lintas platform sehingga bisa digunakan oleh Windows maupun Unix
  • Apache juga bisa digunakan di situs WordPress
  • Web server yang satu ini memiliki komunitas yang besar sehingga mempermudah pengguna ketika mengalami masalah

Sementara itu, untuk kekurangan yang dimiliki oleh Apache antara lain:

  • Jika website menerima traffic yang tinggi, maka kondisi ini akan mengganggu performa website
  • Apache terlalu menyediakan banyak opsi konfigurasi sehingga berpotensi memiliki keamanan yang rentan

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments