Podcast Amazon Music Wondery

Amazon Music Siap Akuisisi Wondery Untuk Layanan Podcast Mereka

NESABAMEDIA.COMAmazon dengan lini bisnis Amazon Music-nya akhirnya menambahkan layanan streaming podcast di platform tersebut pada bulan September lalu.

Mereka bahkan bekerja sama untuk menayangkan podcast dari tokoh terkenal DJ Khaled dan juga Will Smith. Untuk bisa semakin bersaing dengan rivalnya seperti Spotify, Amazon dikabarkan tengah melakukan negosiasi untuk akuisisi sebuah startup podcast bernama Wondery.

Pada bulan Juni tahun lalu, startup Wondery dikabarkan berhasil mengumpulkan dana hingga USD100 juta (Rp1,4 triliun), dan memiliki nilai valuasi sebesar USD300 juta (Rp4,2 triliun).

Wondery sendiri saat ini menjadi startup layanan streaming podcast independen terbesar di Amerika Serikat berdasarkan data yang dilansir oleh Podtrac. Wondery masuk dalam enam publisher podcast terbesar di Amerika Serikat pada bulan September lalu, dengan lebih dari 60 juta unduhan dan streaming di setiap acara podcast yang ditayangkan.

Wondery diperkirakan mencatatkan pendapatan mencapai USD40 juta pada tahun ini, di mana 75 persen-nya berasal dari iklan. Sementara lainnya berasal dari lisensi TV, layanan pelanggan seperti Audible dan Stitcher, dan juga layanan langganan premium mereka. 

Beberapa acara podcast Wondery yang terkenal diantaranya seperti Dirty John, Doctor Death, Over My Dead Body dan juga Blood Ties. 

Sementara itu Amazon Music sendiri menjadi layanan streaming musik terbesar ketiga berdasarkan jumlah pelanggan, berada di bawah Spotify dan Apple Music. Dengan mengakuisisi Wondery, diprediksi Amazon akan bisa mendapatkan peningkatan posisi di pasar podcast. 

Sebagai informasi, pada tahun lalu layanan Amazon Music mendapatkan peningkatan pendapatan hingga 48 persen menjadi USD708.1 juta di Amerika, dan diprediksi bisa meraih lebih dari USD1 miliar di tahun 2021 mendatang.

Layanan podcast yang menjadi bagian dari Amazon Music, sebenarnya baru saja diluncurkan pada bulan September lalu dengan merilis lebih dari 70 ribu judul konten podcast. 

Di sisi lain, Spotify juga tidak tinggal diam dan tengah melakukan peningkatan fitur guna memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Salah satu fitur yang sedang mereka kembangkan dan akan segera dirilis adalah fitur Stories, seperti yang ada di Instagram dan Snapchat.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend