Apa itu Source Code? Mengenal Pengertian Source Code

Apa itu Source Code? Mengenal Pengertian Source Code

Di dalam bahasa pemrograman pasti Anda pernah mendengar istilah Source Code. Di dalam ilmu komputer, Source Code adalah sebuah kumpulan pernyataan bahasa komputer yang dapat ditulis dan dibaca manusia.

Dengan adanya Source Code, memungkinkan manusia berkomunikasi dengan komputer menggunakan perintah-perintah tertentu. Biasanya, Source Code dibuat dalam satu atau beberapa file teks dan juga terkadang disimpan sebagai prosedur yang selanjutnya akan muncul dalam potongan kode yang dicetak dalam buku atau media yang lain.

Macam-Macam Source Code

Macam-Macam Source Code

Terdapat beberapa macam Source Code yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya pasti Anda sudah familiar dan mungkin juga Anda menggunakan salah satunya.

1. Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer. Bahasa pemrograman yang satu ini bisa dijalankan di berbagai platform mulai dari perangkat komputer sampai dengan mobile.

Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystem pada The Green Project pada tahun 1991 yang selanjutnya dilepas oleh Oracle. Sekadar informasi bahwa asal nama “Java” sendiri karena salah seorang pendiri dari bahasa pemrograman tersebut yaitu Jave Gosling sangat menyukai kopi yang langsung digiling dari mesin penggiling atau yang kita kenal dengan kopi tubruk.

Jenis kopi tubruk ini berasal dari Jawa. Dengan kata lain, nama “Java” tersebut berasal dari Pulau Jawa di Indonesia. Berbicara tentang kelebihan, Java termasuk bahasa pemrograman yang menghadirkan banyak kelebihan. Salah satunya adalah dapat digunakan di sistem operasi yang berbeda. Selain itu, Java juga termasuk ke dalam OOP atau pemrograman orientasi objek sehingga lebih mudah digunakan dalam menyusun program.

2. Bahasa C

Jenis Source Code yang kedua adalah Bahasa C. Bahasa pemrograman yang satu ini termasuk yang paling tua yang dikembangkan sekitar tahun 1970-an. Seseorang yang berjasa membuat Bahasa C adalah Dennis Ritchie.

Salah satu alasan mengapa bahasa ini sangat populer karena dikarenakan mayoritas perguruan tinggi jurusan IT maupun berbagai kursus pemrograman menggunakan Bahasa C sebagai bahasa pemrograman yang dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya. Selain itu, Bahasa C bisa dikatakan sebagai “Bapak” dari berbagai bahasa pemrograman selanjutnya seperti Java, C++, dan lain-lain.

3. PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Pre-processor yang merupakan bahasa pemrograman paling banyak digunakan di Indonesia. Salah satu alasannya karena PHP dapat digunakan secara gratis.

Selain itu, PHP juga termasuk server side scripting yang memang dibuat untuk membangun sebuah website yang dinamis. Tidak sedikit website-website yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya. Beberapa contohnya seperti WordPress, Facebook, dan Digg. Seseorang yang berhasil mengembangkan PHP adalah Rasmus Lerdrorf.

Selain ketiga macam-macam Source ode yang sudah kami sebutkan, sebenarnya masih banyak Source Code atau bahasa pemrograman lainnya yang juga tidak kalah terkenal di antaranya:

  • ActionScript
  • Python
  • HTML

Leave a Reply

Send this to a friend