Apa itu Communication Diagram? Mengenal Communication Diagram

Apa itu Communication Diagram? Mengenal Communication Diagram

Communication Diagram merupakan diagram yang digunakan untuk menampilkan atau menunjukkan pengorganisasian hubungan yang saling terkait pada objek.

Diagram ini seperti halnya Sequence Diagram namun perbedaannya adalah Communication Diagram lebih berfokus pada peran dari setiap objek dan bukan berfokus pada waktu dalam menyampaikan pesan.

Dengan adanya Communication Diagram, maka Anda bisa menggunakannya untuk:

  • Membuat pandangan mengenai perilaku dari sebuah sistem. Anda nanti akan berfokus pada link-link yang ada di antara objek
  • Communication Diagram memberikan gambaran tentang suatu diagram yang use-case
  • Communication Diagram digunakan untuk menyatakan objek apa saja yang dibutuhkan di dalam merealisasikan sebuah layanan
  • Diagram ini digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap jalur-jalur akses

Notasi Communication Diagram

Notasi Communication Diagram

Di dalam Communication Diagram terdapat 3 notasi yang harus Anda ketahui dan kuasai. Apa saja notasi tersebut?

  • Class Roles: notasi ini digunakan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana perilaku dari sebuah benda. Anda harus menggunakan simbol objek UML ketika ingin menggambar Class Roles. Akan tetapi, Class Roles tersebut tidak bisa Anda temukan di objek atribut karena tidak terdaftar di dalamnya
  • Association Roles: notasi yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sebuah asosiasi berperilaku ketika menghadapi atau berada di dalam kondisi tertentu. Anda bisa menggambar Association Roles dengan memakai garis sederhana yang nanti akan diberi label stereotip
  • Messages: berbeda dengan Sequence Diagram, Communication Diagram tidak menghadirkan sebuah cara yang secara eksplisit menunjukkan waktu dan bukan pesan dari nomor urutan yang akan dieksekusi. Untuk urutan penomorannya biasanya menggunakan decimal Dewey.

Model yang terdapat pada Communication Diagram dimanfaatkan untuk berinteraksi antara bagian atau bagian dalam hal mengurutkan. Diagram ini adalah berbagai informasi yang berasal dari Class, urutan, maupun use case diagram yang akan menggambarkan struktur statis dan juga perilaku dinamis dari sebuah sistem. Akan tetapi, Communication Diagram atau diagram komunikasi ini menerapkan pengaturan yang lebih bebas.

Hal ini bisa Anda lihat pada objek serta link seperti yang Anda temukan pada Object Diagram. Di dalam upaya agar urutan pesan tersebut tetap bertahan, maka pesan akan diberi label dengan nomor. Selanjutnya, pesan tersebut akan ditempatkan di dekat link yang akan dikirim. Untuk bisa membaca Communication Diagram, maka Anda harus memulainya dari angka 0, selanjutnya Anda bisa mengikuti pesan dari objek yang satu ke objek yang lain.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait Communication Diagram. Perlu dipahami bahwa diagram komunikasi memberikan banyak informasi seperti yang Anda lihat pada Sequence Diagram.

Hanya saja perbedaannya adalah bagaimana informasi tersebut akan disajikan. Diagram komunikasi akan memberikan gambaran dari setiap elemen yang berinteraksi dengan baik. Sementara itu Sequence Diagram digunakan untuk memberikan gambaran tentang urutan di mana interaksi tersebut berlangsung.

Leave a Reply

Send this to a friend