Apa Itu Data Engineer? Mengenal Pengertian Data Engineer

Apa Itu Data Engineer? Mengenal Pengertian Data Engineer

Tenaga kerja IT sedang laris manis berkat pertumbuhan bisnis berbasis teknologi yang sangat pesat. Developer diburu, programmer dicari, dan sepertinya data engineer juga sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Di era big data, data dianggap sebagai komoditas yang tak kalah menggiurkan dari minyak.

Data bisa membantu perusahaan dalam mengambil keputusan-keputusan bisnis yang efektif, bisa membantu mengenali keunggulan dan kelemahan dalam sebuah lini produk, bisa diolah menjadi informasi yang dijual kepada pihak-pihak yang berminat atau bahkan dijual secara adanya, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa diperoleh dari data.

Banyaknya keuntungan yang bisa didapat dari data membuat perusahaan membutuhkan sosok yang memiliki keahlian dalam mengolah data sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari kebutuhan inilah muncul lowongan-lowongan pekerjaan untuk data engineer.

Mengenal Apa Itu Data Engineer

Mengenal Apa Itu Data Engineer

Seorang data engineer adalah seorang profesional yang mampu merancang dan memelihara infrastruktur data dalam sebuah perusahaan.

Infrastruktur tersebut harus bisa menerima input dalam jumlah besar dari berbagai sumber dan mengolahnya sedemikian rupa sehingga semua data yang masuk siap untuk dianalisis lebih lanjut.

Setiap harinya data engineer terlibat dalam aktivitas-aktivitas pengumpulan data, persiapan dan evaluasi data, membangun pipeline data, dan sebagainya.

Oleh karena itulah, untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik, data engineer dituntut untuk memiliki kemampuan teknis seputar database dan pemrograman, memiliki pengetahuan yang cukup tentang arsitektur sistem, dan memiliki kemampuan nalar untuk mengaplikasikan semua kemampuan dan pengetahuan tersebut dengan baik.

Meskipun demikian, data engineer tidak harus memiliki pendidikan formal di bidang IT. Yang terpenting, harus mampu membuktikan bahwa dirinya memiliki keahlian-keahlian yang dibutuhkan dari seorang data engineer. Salah satu cara untuk membuktikannya adalah dengan memiliki sertifikat.

Mengenal Apa Itu Data Engineer

Terkait dengan sertifikat, seorang data engineer bernama Jesse Anderson memberi saran untuk tidak sembarangan dalam memilih lembaga pendidikan karena tidak semuanya memiliki kompetensi yang cukup. Pilihlah tempat yang mampu memberikan sertifikat-sertifikat data engineer yang sudah diakui dunia internasional seperti:

  • IBM Certified Data Engineer
  • Data Science Council of America (DASCA) Senior Big Data Engineer
  • Cloudera Certified Professional (CCP) Data Engineer
  • Google Professional Data Engineer

Dalam sebuah perusahaan, selain data engineer, masih ada para profesional lain yang menjabat sebagai data analyst dan data scientist. Salah satu tanggung jawab seorang data engineer adalah mempersiapkan data untuk ditindak lebih lanjut oleh keduanya. Tanggung jawab ini merupakan perbedaan yang mendasar antara data engineer dengan data analyst dan data scientist.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Meskipun kemampuan teknis yang memadai merupakan faktor yang sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang data engineer, kemampuan berkomunikasi juga tidak kalah pentingnya agar data engineer bisa bekerjasama dengan pihak lain demi kepentingan perusahaan.

Leave a Reply

Send this to a friend