Apa Itu Desktop? Mengenal Pengertian Desktop

Apa Itu Desktop? Mengenal Pengertian Desktop

Desktop mungkin termasuk istilah yang cukup ambigu di dunia komputer bagi orang awam. Pasalnya, kadang istilah ini digunakan untuk mengulas mengenai salah satu jenis komputer, sedangkan di lain waktu digunakan untuk mengulas tentang GUI sistem operasi Windows.

Untuk menghindari kebingungan, sebaiknya gunakan “komputer desktop” untuk mengacu pada komputer, dan gunakan “desktop” untuk merujuk pada user interface.

Apa Itu Desktop?

Mengenal Apa Itu Desktop

Di dalam sistem operasi Windows, desktop adalah tampilan utama yang berfungsi tidak ubahnya seperti sebuah meja kerja.

Pada desktop, anda bisa meletakkan beragam shortcut untuk membuka folder dan berbagai jenis file, serta untuk menjalankan software yang sangat sering anda gunakan. Shortcut-shortcut tersebut bisa diibaratkan seperti berbagai benda yang sering dijumpai di atas meja (dokumen, smartphone, bolpen, buku, dan sebagainya).

Anda bisa meletakkan shortcut untuk file apa saja pada desktop. Sedangkan untuk software, banyak software yang secara otomatis menempatkan shortcut pada desktop, tapi anda juga bisa membuat shortcut sendiri dan menghapus shortcut yang tidak anda perlukan.

Wallpaper untuk Desktop

Pada umumnya desktop dihias dengan sebuah wallpaper, tapi ada juga sebagian pengguna yang mengosongkan desktop tanpa wallpaper apa pun. Wallpaper itu sendiri adalah gambar yang dipasang pada desktop.

Wallpaper bisa ditampilkan secara utuh sesuai dengan lebar desktop, bisa pula ditampilkan dalam mode tertentu seperti fill, fit, center, stretch, span, atau tile. Mode-mode pemasangan ini tersedia di Windows 10. Wallpaper juga bisa dipasang dalam mode lain dengan menggunakan bantuan software pihak ketiga.

Cara Menampilkan Desktop

Pada awalnya, desktop selalu terlihat pada layar, namun desktop ini secara otomatis akan ditempatkan di bagian belakang setiap kali anda membuka File Explorer, menjalankan Microsoft Office, menggunakan browser, atau menjalankan software lain. Untuk kembali menampilkan desktop, semua jendela software yang terbuka tidak perlu ditutup. Gunakan saja salah satu dari kedua cara berikut ini.

Cara pertama, tekan Win+D. Jika keyboard sedang bermasalah atau anda sekedar ingin menggunakan mouse, maka cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan tombol “Show Desktop” yang terletak di ujung kanan taskbar.

Mengenal Apa Itu Desktop

Jika anda klik tombol tersebut, desktop akan kembali muncul. Jika anda klik lagi tombol tersebut, jendela software yang anda jalankan akan kembali terlihat, sedangkan desktop akan dipindah ke bagian paling belakang.

Anda juga bisa menampilkan desktop hanya dengan menempatkan kursor mouse di atas tombol “Show Desktop” tanpa melakukan klik. Begitu anda pindahkan kursor mouse, desktop pun akan kembali tertindih oleh jendela software yang sedang anda gunakan. Cara yang kedua ini menggunakan fitur yang disebut “Aero Peek”.

Apabila desktop tidak muncul pada saat kursor mouse ditempatkan di atas tombol “Show Desktop”, berarti fitur “Aero Peek” harus diaktifkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Send this to a friend