Apa itu Searching? Mengenal Pengertian Searching

Apa itu Searching? Mengenal Pengertian Searching

Di era yang serba maju seperti sekarang ini semua orang pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Google. Google merupakan mesin pencari atau search engine yang sangat populer.

Google mungkin menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia hingga sekarang. Setiap pengguna internet berusaha mendapatkan berbagai informasi yang mereka inginkan melalui Google.

Google memang mampu menyediakan berbagai macam informasi dalam waktu yang sangat singkat. Di dalam proses mencari infomasi tersebut, terdapat sebuah istilah bernama searching. Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda secara lebih lengkap mengenai istilah tersebut. Jadi, silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Pengertian Searching

Pengertian Searching

Apa itu searching? Searching merupakan proses pencarian informasi atau data di dalam mesin pencari. Mesin pencari memiliki milyaran data dengan berbagai macam kategori.

Proses Anda mencari informasi atau data yang sesuai dengan yang Anda inginkan itu lah yang dinamakan searching. Setiap hari, aktivitas searching ini memang tidak bisa dihindari. Ketika Anda ingin mengetahui informasi tertentu, pastinya Anda berusaha mencari informasi tersebut.

Selain itu, istilah searching ini sebenarnya hampir sama dengan browsing. Kedua istilah ini pada dasarnya merupakan proses pencarian data atau informasi yang kita perlukan. Selain itu, ada juga istilah lain yang tidak kalah populer. Istilah tersebut bernama surfing. Ketiga istilah ini memiliki pengertian yang hampir sama meskipun sebenarnya ada perbedaan di antara ketiganya.

Perbedaan Searching, Browsing, Surfing

Lalu apa yang membedakan antara searching, browsing, dan surfing? Perlu Anda ketahui bahwa searching merupakan proses mencari informasi di halaman web yang belum pernah dikunjungi oleh para pengguna internet.

Sementara itu, browsing merupakan sebuah proses mencari informasi dengan memanfaatkan sistem informasi yang berbasis hypertext dengan memanfaatkan software khusus.  Kemudian surfing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menjelajahi internet atau dunia maya.

Macam-macam Searching

Terdapat dua macam searching yaitu Sequential Searching dan Binary Searching. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang keduanya.

1. Sequential Searching

Sequential searching atau sequential search merupakan proses pencarian secara linier dengan menggunakan prinsip seperti berikut. Data akan dibandingkan secara satu per satu secara berurutan dengan data yang dicari.

Sebenarnya, pencarian ini bekerja dengan hanya melakukan pengulangan terhadap 1 sampai jumlah kata. Pada setiap pengulangannya, data tersebut akan dibandingkan dengan data yang dicari. Jika ternyata sama, maka data telah ditemukan. Sebaliknya, meskipun dilakukan pengulangan namun belum ada data yang cocok, maka data tersebut belum ditemukan.

2. Binary Searching

Binary searching atau binary search merupakan sebuah proses pencarian ketika data sudah dalam posisi berurutan. Dengan kata lain, ketika data berada dalam posisi yang belum berurutan maka pencarian data secara biner belum bisa dilakukan. Pencarian ini sebenarnya kerap kita lakukan tanpa kita sadari. Salah satu contohnya adalah mencari sebuah kata dalam kamus.

Leave a Reply

Send this to a friend